Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Tanaman Rambat yang Memiliki Bunga yang Cantik

Bisa membuat halaman makin indah dipandang

11 Februari 2021

7 Tanaman Rambat Memiliki Bunga Cantik
HGTV.com

Sebagian orang senang dengan tanaman yang merambat. Tak hanya daunnya yang cantik, namun ada juga yang mencari dengan bunga. 

Salah satu tanaman yang juga banyak diminati adalah tanaman rambat. Ia bisa menjadi penghias pagar atau tembok halaman. Tak hanya itu, beberapa tanaman rambat bahkan memiliki bunga yang cantik. 

Agar lebih mudah memilih, Popmama.com punya daftar tanaman rambat yang berbunga.

1. Air Mata Pengantin dengan warna pink dan putih

1. Air Mata Pengantin warna pink putih
Tokopedia.com

Tanaman hias dengan nama latin Antigonon Leptopus ini memang sudah jadi favorit. Selain karena kecantikannya, namun juga karena ketahanannya dalam segala musim. 

Air Mata Pengantin tidak perlu dipelihara dengan khusus karena memang termasuk dalam gulma. Ia akan tetap tumbuh subur meski tidak dirawat setiap hari. 

Selain itu, bunganya yang cantik juga sering terlihat. Membuat area taman lebih menarik dan indah. 

2. Mandevilla yang punya bunga cukup besar

2. Mandevilla pu bunga cukup besar
gardentodoorstep.com

Mandevilla merupakan tanaman merambat dengan bunga yang mirip dengan kembang terompet. Warnanya pun beragam, mulai dari putih, pink, dan merah. 

Yang harus diperhatikan adalah, tanaman ini memiliki batang yang tidak terlalu kuat. Sehingga, kamu harus menjalin atau mengikat beberapa batang sekaligus agar ia bisa terus merambat dengan baik. 

Kamu juga harus memerhatikan media tanamnya. Hindari memberikan tanah utuh karena ia rentan dengan cacing tanah. Usahakan untuk mencampur dengan sekam dan arang kelapa. 

Editors' Picks

3. Bunga telang dengan segudang manfaat

3. Bunga telang segudang manfaat
shopee.co.id

Mirip dengan morning glory, ada bunga telang yang juga merambat. Daunnya yang hijau terlihat kontras dengan bunganya yang berwarna ungu terang. 

Jika dirawat dengan baik, ia bisa tumbuh dengan rimbun. Namun jika tidak, maka batangnya bisa merambat ke mana-mana dan membuat pekarangan terlihat berantakan. 

Tak hanya cantik, tanaman merambat ini memiliki bunga dengan segudang manfaat. Mulai dari untuk mewarnai makanan hingga menyembuhkan iritasi mata. 

4. Flame of Irian dengan bunga menjuntai

4. Flame of Irian bunga menjuntai
lazada.co.id
flame of irian

Nama latinnya adalah Mucuna Bennetti dan termasuk tumbuhan berbunga dari keluarga Fabaceae. Tanaman ini memiliki bunga berwarna oranye cerah atau biru, dan menggantung panjang. 

Meski merambat, tanaman ini akan sangat cantik jika ditempatkan di rangka kanopi. Karena bunganya akan menjuntai ke bawah dan memberikan suasana yang berbeda. 

Untuk membuatnya sering berbunga, kamu bisa memberikan pupuk sebanyak 2 kali sebulan. Serta, hindari memangkas terlalu ekstrem karena bisa membuatnya enggan berbunga. 

5. Si bunga mungil Soapwort

5. Si bunga mungil Soapwort
powerfulperennials.com

Mama yang senang dengan pohon yang selalu berbunga bisa memilih soapwort. Tanaman merambat ini memiliki bunga-bunga nan mungil dan sering sekali berbunga. 

Warna bunganya yang merah muda membuat taman terlihat lebih cerah. Selain itu, wanginya juga segar!

6. Dipladenia untuk menghias pagar

6. Dipladenia menghias pagar
thespruce.com

Dipladenia masih satu famili dengan Mandevilla, sehingga perawatannya pun mirip. 

Tanaman merambat ini punya daun yang rimbun dan bunga yang terang. Ia pun tergolong yang mudah diurus, sehingga tak sulit memeliharanya terutama jika Mama masih baru di dunia bercocok tanam.

7. Wisteria dengan bunga yang berkelompok 

7. Wisteria bunga berkelompok 
fredericksburg.com

Yang terakhir adalah tanaman rambat bernama Wisteria. Jika masih kecil, tanaman ini memang tidak banyak berbunga. Namun jika sudah cukup besar dan menjalar ke banyak tempat, maka ia akan lebih konsisten berbunga.

Bunganya pun unik karena berkelompok. Membuatnya seperti semak-semak namun dengan warna yang sangat cantik. Tanaman ini sangat cocok ditempatkan di pagar atau dinding depan rumah. 

Itulah beberapa rekomendasi tanaman rambat yang memiliki bunga cantik. Tertarik dengan yang mana?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk