5 Pilihan Window Blinds Paling Dicari untuk Hunian Rumah

Mama wajib tahu mengenai jenis window blinds nih!

15 Maret 2019

5 Pilihan Window Blinds Paling Dicari Hunian Rumah
Unsplash/Jamie Street

Sebagai seorang Mama yang memiliki peran di dalam keluarga tentunya urusan rumah menjadi salah satu tanggung jawab. Tak jarang untuk masalah windows blinds atau tirai di rumah dipercayakan secara langsung kepada Mama. 

Windows blinds adalah teknologi yang dikembangkan sebagai sebuah kebutuhan, sehingga mampu berfungsi sebagai penutup jendela agar cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan tidak berlebihan. Windows blinds dibagi menjadi dua yaitu interior blinds dan exterior blinds. Penggunaan windows blinds terbilang relatif praktis, fungsional dan mudah dibersihkan. 

Perlu disadari bahwa keberadaan jendela di rumah dapat membantu sirkulasi udara dalam ruangan menjadi lebih teratur. Apalagi sebagai cara untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk di setiap ruangan. 

Untuk Mama yang sedang bingung dalam memilih sebuah tirai di rumah, tak perlu khawatir karena Popmama.com akan memberikan referensinya.  

1. Roller blinds

1. Roller blinds
Pinterest.com/Yes Blinds

Ma, sudah tahu jenis roller blinds? Tirai penutup jendela ini berbentuk seperti sebuah gulungan. Roller blinds juga terbilang paling favorit di antara jenis lainnya karena memiliki desain yang sederhana, namun masih terkesan elegan. 

Roller blinds mudah sekali digunakan karena dapat dibuka dan ditutup dari arah atas bawah. Namun, ada juga roller blinds yang dioperasikan menggunakan remote control.  

Roller blinds yang digunakan di dalam sebuah hunian dapat berfungsi untuk mengurangi hawa panas yang masuk ke dalam ruangan dan mampu menghindari risiko warna furnitur memudar akibat sinar matahari. 

2. Roman blinds

2. Roman blinds
Pinterest.com/Jessica York

Roman blinds termasuk salah jenis tirai penutup jendela yang dapat berguna untuk menutupi cahaya matahari. 

Roman blinds juga cukup digemari di Indonesia karena desainnya yang klasik dan sederhana. Walau tampilannya klasik, roman blinds masih tetap memiliki kesan modern sehingga mampu menciptakan sentuhan halus dan suasana hangat di dalam ruangan. 

Selain itu, pengaplikasian roman blinds di bagian indoor dapat menciptakan suasana yang hangat serta setuhan halus di setiap sisi ruangan. 

Editors' Picks

3. Vertical blinds

3. Vertical blinds
Pinterest.com/Luxaflex UK

Vertical blinds memiliki jenis tirai yang berbentuk vertical dalam menghalau cahaya matahari. 

Vertical blinds sebagai tirai penutup dalam mengatur intensitas cahaya yang masuk ke ruangan. Tipe ini termasuk salah satu tirai yang berbahan dasar kain. 

Tidak hanya di perkantoran saja, vertical blinds juga banyak digunakan di dalam rumah. Penggunaan vertical blinds yang mudah dapat membantu keluar masuknya cahaya di dalam ruangan. 

Kemiringan blinds cukup mudah diputar dan disusun dari kedua sisi dengan rapi apalagi saat ingin dibuka atau ditutup. 

4. Venetian blinds

4. Venetian blinds
Pinterest.com/Luxaflex UK

Venetian blinds termasuk tirai yang berbahan dasar alumunium dengan berbentuk horizontal sebagai penutup jendela dari paparan sinar matahari. 

Sebenarnya venetian blinds sama dengan vertical blinds, hanya saja ada perbedaan arah bentuknya saja. Vertical blinds berdiri tegak alias vertikal, sedangkan venetian blinds memiliki bentuk yang mendatar alias horizontal. Walau berbeda arah, venetian blinds masih bisa digunakan dengan mudah sesuai dan dapat menyesuaikan kebutuhan sinar matahari di dalam rumah. 

Selain itu, pengaplikasian venetian blinds di setiap hunian memberikan kesan tampilan yang natural dan hangat pada setiap sisi ruangan. Apalagi bila digunakan di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia. 

5. Wooden blinds

5. Wooden blinds
Pinterest.com/Xander Schouwerwou

Di Jakarta, wooden blinds menjadi salah satu yang paling diminati karena terbuat dari bahan kayu pada bagian slatnya. 

Wooden blinds umumnya memiliki bahan kayu yang tipis serta ringan, namun masih berfungsi mampu menahan besar dan memiliki fisik kayu yang tahan lama dan juga kokoh. 

Wooden blinds bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat dalam menciptakan suasana ruangan yang hangat dan terkesan natural. Pengaplikasian wooden blinds juga terbilang tepat karena bisa cocok denan berbagai jenis desain interior di rumah. 

Itulah beberapa jenis window blinds yang bisa menjadi pilihan untuk menghalau sinar matahari masuk ke dalam rumah. Semoga beberapa informasi mengenai window blinds kali ini membantu Mama dari kebingungan saat memilihnya. 

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!