5 Tips Menata Barang di Rumah agar Rapi dan Enak Dilihat

Yuk, buat suasana rumah lebih nyaman!

1 Desember 2021

5 Tips Menata Barang Rumah agar Rapi Enak Dilihat
Freepik/wayhomestudio

Rumah yang bersih, rapi dan nyaman tentu menjadi impian setiap orang. Terutama jika Mama ingin rumah dengan desain minimalis. Barang-barang harus ditata dengan rapi agar tidak membatasi ruang gerak seluruh anggota keluarga. 

Kesalahan terbesar saat menata ruangan, yakni berusaha menyingkirkan semua barang dan menimbunnya di gudang. Akibatnya, Mama kesulitan saat ingin mencari barang tertentu. Satu-satunya solusi dalam kondisi tersebut harus membongkar gudang kembali. 

Padahal sebaiknya, Mama membagi fungsi ruang agar barang-barang tidak bertumpuk di satu tempat saja. Jika punya tempat penyimpanan yang tetap dan mudah dijangkau, mama bisa dengan mudah menemukannya. 

Nah, Ma ingin tahu bagaimana cara yang efisien untuk menata barang-barang di rumah? Dilansir dari Popsugar, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Disimak yuk, Ma!

1. Keluarkan semua barang-barang 

1. Keluarkan semua barang-barang 
prima.co.uk

Untuk menciptakan gambaran bagaimana letak penataan lemari baju, laci-laci atau kardus berisi barang bekas. Mama perlu tahu seberapa banyak barang yang dimiliki saat ini. 

Mengeluarkan semua barang-barang pada awalnya memang sangat melelahkan  Namun, pada akhirnya hal ini akan membantu Mama untuk memilah-milah barang yang masih diperlukan atau tidak. Kemudian Mama bisa menentukan ingin menyimpannya di mana agar lebih tertata. 

Editors' Picks

2. Barang-barang harus mudah masuk dan mudah keluar 

2. Barang-barang harus mudah masuk mudah keluar 
Pexels/taryn-elliott

Dalam melakukan penataan ruang, penting sekali untuk membuat barang-barang easy in & easy out. Dengan kata lain seharusnya mudah untuk menyimpan dan mengeluarkan barang. 

Misalnya, menyimpan peralatan dapur yang sering digunakan di kabinet yang tinggi atau meletakan piyama di bagian lemari yang paling dalam 

Sebaliknya, buatlah hal-hal menjadi praktis dengan mengatur dan menyimpan barang agar dapat bisa dengan mudah diakses oleh Mama sendiri. 

3. Sediakan ruang untuk item baru 

3. Sediakan ruang item baru 
Pixabay/moritz320

Saat menata barang-barang, Mama mungkin ingin memanfaatkan ruang seefisien mungkin. Misalnya rak atau laci, semuanya diisi barang-barang dengan penuh. 

Namun, sebaiknya Mama tetap menyisakan sedikit ruang di lemari dan laci-laci untuk menyimpan barang-barang tambahan. Apalagi jika Mama senang belanja, setiap bulannya pasti akan ada item baru. 

4. Ukur ruang penyimpanan sebelum membeli barang 

4. Ukur ruang penyimpanan sebelum membeli barang 
Freepik/karlyukav

Sebelum memutuskan untuk membeli furnitur atau perabotan baru, sebaiknya ukur dulu tinggi dan lebar ruang penyimpanannya. Terutama jika Mama membeli furnitur besar seperti springbed atau sofa. Jika salah ukuran, maka Mama harus repot-repot mengembalikan barangnya. 

Selain itu, sebaiknya Mama tidak membeli furnitur yang terlalu banyak menghabiskan ruang. Ini perlu dilakukan, meskipun ruangan yang tersedia masih cukup lega. Sebab, kita tetap harus menyediakan ruang kosong di dalam rumah untuk mengistirahatkan pandangan mata. 

5. Sediakan kotak penyimpanan untuk barang-barang kecil 

5. Sediakan kotak penyimpanan barang-barang kecil 
Freepik/creativeart

Alat tulis kantor milik Papa atau peralatan sekolah anak selalu berserakan di meja. Misalnya, pulpen, pensil, penghapus atau penggaris. Hal ini juga berlaku untuk aksesori yang sering sekali berceceran di meja rias. 

Sebaiknya Mama menyediakan sebuah kotak untuk tempat menyimpannya. Selain bikin meja jadi lebih rapi, barang-barang jadi tidak cepat rusak dan lebih gampang ditemukan saat dicari. 

Nah Ma, itulah beberapa cara untuk menata barang-barang di rumah. Yuk, mulai lakukan dari sekarang!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.