7 Tips Menyiasati Ruangan Sempit agar Terlihat Lebih Luas

Yuk, dekorasi ruangan agar terlihat lebih lega!

30 Mei 2021

7 Tips Menyiasati Ruangan Sempit agar Terlihat Lebih Luas
Freepik/jcomp

Mendekorasi ruang berukuran kecil sepertinya menjadi tantangan tersendiri. Apalagi jika jumlah anggota keluarga di rumah terbilang banyak, otomatis barang-barang yang ada pun menjadi bertambah. 

Untuk mengatasi hal ini, Mama tentunya harus pintar-pintar memilih furnitur dan mengatur letak penempatannya tanpa membuat ruangan terlihat sesak. 

Nah Ma, penasaran bagaimana cara membuat ruangan sempit agar terlihat lebih luas? Kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Disimak dengan baik tipsnya! 

1. Pasang cermin di sekeliling ruangan 

1. Pasang cermin sekeliling ruangan 
verabana.com

Saat Mama berkunjung ke toko baju atau rumah makan yang berukuran kecil, biasanya para pemilik toko menempatkan cermin untuk membuat ruangan lebih lega. 

Nah, cara ini juga bisa diterapkan di rumah. Mama bisa menempatkan cermin di dinding ruang tamu atau di area pintu lemari kamar. 

Gantung beberapa cermin berukuran sedang bersebelahan. Kreasikan bingkai cermin dengan warna seragam untuk mempercantik dekorasi ruangan. Cara ini dapat membuat rumah terlihat dua kali lebih luas dari ukuran aslinya. 

2. Hilangkan pintu 

2. Hilangkan pintu 
Pexels/Pixabay

Sebaiknya Mama tak perlu memasang pintu untuk memberi sekat antara ruang satu dengan ruang lainnya. Namun yang dimaksud pintu di sini bukanlah pintu utama rumah menuju teras, pintu kamar tidur dan pintu kamar mandi.  

Misalnya jika ruang keluarga dan ruang makan dipisahkan dengan pintu, Mama menggantinya dengan sekat ruangan saja. 

Editors' Picks

3. Gunakan furnitur multifungsi 

3. Gunakan furnitur multifungsi 
Pexels/Vecislavas Popa

Dengan menggunakan furnitur multifungsi, Mama dapat menghemat ruang di rumah. Misalnya di ruang tamu, Mama menempatkan beberapa majalah di lemari kecil. Sebaiknya Mama ganti meja kecil tersebut dengan kabinet TV yang memiliki banyak laci. 

Sementara untuk di kamar tidur, Pilihlah ranjang yang dengan banyak laci untuk menyimpan barang-barang. Selain itu ganti lemari pakaian Mama dengan pintu geser, agar tidak menghabiskan ruang ketika membuka pintu. 

4. Gunakan warna-warna terang 

4. Gunakan warna-warna terang 
Freepik/nuktd

Kombinasi warna yang tepat dapat menciptakan ilusi ruang. Mama mungkin sering mendengar bahwa pemilihan warna cat yang cerah membuat ruangan di rumah kecil terkesan lebih luas dan lapang. 

Gunakanlah warna-warna netral untuk cat dinding dan furnitur di rumah. Misalnya saja, warna putih, krem atau pastel.

5. Pilihlah lantai berpola garis-garis 

5. Pilihlah lantai berpola garis-garis 
pexels/andrea-davis

Seseorang yang memakai baju dengan pola strip atau garis-garis vertikal dapat membuat ia terlihat lebih tinggi. Sebaliknya pola garis horizontal akan membuat mereka terlihat lebar. 

Ilusi mata ini juga berlaku pada tampilan di rumah. Jika ingin ruangan terlihat lebih panjang atau lebih. Aplikasikan lantai kayu atau lantai vinyl berpola vertikal untuk memberikan kesan ruangan lebih panjang dan pola garis horizontal untuk ruangan yang lebar. 

6. Pasang jendela dan tirai besar 

6. Pasang jendela tirai besar 
Freepik

Jendela besar dapat membuat ruangan mendapatkan intensitas cahaya matahari yang cukup banyak. Hal ini bisa memberikan kesan luas, terang dan terbuka di rumah berukuran kecil.

Tambahkan tirai dan gorden yang besar juga dengan begitu plafon akan tampak lebih tinggi. Ini dapat memberikan kesan rumah yang terlihat lebih luas secara vertikal. 

7. Tempelkan TV di dinding 

7. Tempelkan TV dinding 
Pexels/ATBO

Jika ruang keluarga di rumah terbilang sempit, sebaiknya Mama menempelkan barang elektronik seperti TV di dinding. Selain itu, Mama juga bisa memasang floating cabinet untuk meletakkan DVD dan speakernya.

Nah Ma, itulah beberapa tips dan trik untuk menyiasati ruang sempit agar terlihat lega. Semoga bisa menjadi inspirasi!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.