TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Apakah Kucing Masuk Surga?

Setelah mati, di akhirat kelak ternyata kucing akan pergi ke mana, ya?

2 Juni 2022

Apakah Kucing Masuk Surga
Freepik/freepik

Tentu banyak orang yang menyukai dan memelihara kucing. Selain menggemaskan, kucing juga dikenal sebagai binatang kesayangan Rasulullah SAW. Maka dari itu, banyak orang yang menjadikan kucing sebagai binatang peliharaan di rumah.

Memelihara kucing tentu sangat menyenangkan. Bahkan, bagi sebagian orang, kucing peliharaan layaknya sahabat terdekat mereka. Sehingga, ketika kucing mati, banyak pemilik akan merasakan kesedihan yang mendalam.

Setelah mati dan dikubur, lantas bagaimana nasib kucing nantinya? Apakah akan seperti manusia yang setelah meninggal akan dimintai pertanggungjawaban di akhirat kemudian hidup kekal di surga? 

Berikut Popmama.com telah merangkum deretan informasi mengenai nasib kucing setelah mati. Simak beberapa fakta mengenai apakah kucing masuk surga atau tidak berdasarkan kepercayaan umat Islam!

Editors' Picks

1. Kucing bukan salah satu hewan yang ada di surga

1. Kucing bukan salah satu hewan ada surga
Pexels/Tomas Ryant

Berdasarkan surat maupun hadis, disebutkan beberapa hewan yang keberadaannya akan ada di dalam surga kelak. Sayangnya, kucing tidak termasuk di dalam daftar tersebut.

Berikut deretan hewan yang akan ada di dalam surga:

  • Hewan yang pernah bersinggungan dengan Nabi dan Rasul pilihan Allah SWT, di antaranya ikan paus Nabi Yunus, anak sapi Nabi Ibrahim, domba Nabi Ismail, dan tujuh hewan lainnya.
  • Hewan yang akan menjadi balasan bagi orang-orang beriman seperti yang diungkapkan dalam Alquran dan hadis, di antaranya unggas seperti burung, sapi.
  • Hewan yang disebutkan secara spesifik oleh Rasulullah SAW, diantaranya kambing, unta, dan kuda.

2. Kucing tidak masuk surga maupun neraka

2. Kucing tidak masuk surga maupun neraka
Pexels/Cats Coming

Berdasarkan hadis, diketahui bahwa kucing tidak masuk surga maupun neraka layaknya manusia. Berbeda dengan manusia, di akhirat kelak perbuatan baik dan buruk hewan tidak dihitung dan mendapat balasan.

إن الله يحشر الخلق كلهم، كل دابة وطائر وإنسان، يقول للبهائم والطيركونوا ترابًا

Artinya:

"Sesungguhnya Allah akan mengumpulkan semua makhluk pada hari akhirat kelak. Yaitu setiap hewan, burung-burung, dan juga manusia. Lalu Allah berkata kepada hewan-hewan dan juga burung, "Jadilah kamu tanah." - HR. Abu Hurairah.

Hadis di atas mengungkapkan bahwa di hari akhir nanti, hewan tidak akan dihisab seperti manusia. Akan tetapi, mereka akan dikumpulkan kemudian dikembalikan ke asalnya yaitu menjadi tanah, termasuk kucing. 

3. Bisakah bertemu lagi dengan kucing peliharaan di surga

3. Bisakah bertemu lagi kucing peliharaan surga
Pexels/Artem

Meski dijelaskan bahwa kucing akan kembali menjadi tanah, bukan berarti di surga kelak tidak bisa hidup berdampingan dengan kucing peliharaan. Disebutkan bahwa surga ialah tempat kenikmatan maupun hal yang diinginkan penghuninya terwujud.

Sehingga, bila kelak menjadi penghuni surga, tentu pemilik kucing bisa meminta agar dipertemukan kembali dengan kucing peliharaannya atas izin Allah SWT. Wah, tentu menyenangkan sekali bila bisa hidup di surga bersama kucing kesayangan, ya?

Itulah deretan informasi mengenai nasib kucing setelah mati. Ternyata kucing bukan salah satu hewan yang akan masuk surga ya, Ma. Meski begitu, untungnya masih ada peluang untuk bertemu kembali dengan kucing peliharaan di surga nanti. 

Semoga informasi terkait apakah kucing masuk surga atau tidak ini bisa menjadi pengetahuan baru. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk