5 Cara Mudah Membuat Daun Tanaman Mengkilap, Jadi Makin Menawan!

Dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di rumah, daun tanaman bisa langsung kinclong

26 Juli 2021

5 Cara Mudah Membuat Daun Tanaman Mengkilap, Jadi Makin Menawan
Popmama.com/Putri Syifa N
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Memiliki banyak tanaman di rumah mesti dirawat dengan bijak. Namun, ada satu masalah yang kerap dihadapi oleh pecinta tanaman yakni daun tanaman yang terlihat tidak bagus dan tidak mengkilap. Ternyata ada teknik tersendiri untuk bisa membuat daun tanaman hias mengkilap lho.

Langkah pertama agar daun tanaman hias mengkilap adalah memastikan bahwa tanaman sehat, terawat dan bersih. Sama seperti semua permukaan benda di rumah, daun juga bisa tertutup debu. Tanaman juga menyaring debu dengan proses transpirasi mereka dari udara.

Ketika tumpukan debu ini dihilangkan dari daun tanaman secara teratur, tidak hanya membantu memastikan daun terlihat mengkilap dan cantik tapi juga membantu tanaman meningkatkan transpirasi alami dan proses fotosintesis mereka.

Berikut Popmama.com rangkum beberapa cara merawat tanaman hias daun agar mengkilap.

1. Campuran susu dan air

1. Campuran susu air
Freepik/Fabrikasimf

Dikutip dari Hunker, ada beberapa cara alami untuk membuat daun tanaman hias mengkilap. Cara pertama yakni dengan campuran susu dan air.

Masukkan susu dan air dengan takaran yang sama, misalnya masing-masing 250 ml. Mama bisa gunakan campuran untuk mengelap daun tanaman. Ini sangat efektif dalam meningkatkan kilau alami daun tanaman.

Editors' Picks

2. Gunakan mayonaise

2. Gunakan mayonaise
Pixabay/epicantus

Selanjutnya adalah menggunakan bahan dapur mayonaise. Mama bisa mengelapkan mayonaise dengan menggunakan handuk kertas.

Caranya gosok mayonaise dengan lembut pada daun tanaman hias untuk mendapatkan kilau mengkilap. Meski hanya berbekal mayonaise dan kain lap biasa mama bisa menggunakannya sebagai cara merawat tanaman hias daun agar lebih mengkilap.

3. Andalkan kulit pisang

3. Andalkan kulit pisang
Freepik

Menggunakan kulit pisang jadi cara alami untuk bisa membuat daun tanaman hias mengkilap. Ambil kulit pisang dan gunakan bagian dalam untuk menggosok permukaan daun.

Kandungan alami di kulit pisang ini akan membantu membuat daun tanaman lebih mengkilap dan akan memberikan aroma sedap. Gunakan cara ini setidaknya kulit seminggu sekali atau setiap kali tanaman terlihat tidak kurang menarik.

4. Sabun cuci piring, cuka dan minyak kelapa

4. Sabun cuci piring, cuka minyak kelapa
Pexels/Dana Tentis

Dikutip dari Outside In, cara selanjutnya adalah menggunakan campuran sabun cuci piring, cuka dan minyak kelapa. Caranya yakni Mama bisa mencampurkan bahan-bahan di bawah ini untuk membuat ramuan pengkilap daun tanaman hias.

  • 2 cup air
  • 1/2 sendok makan cuka
  • 2 tetes sabun cuci piring (kalau bisa yang organik)
  • 2 tetes minyak kelapa

mengoleskannya ke daun melalui botol semprot atau dengan mencelupkan kain dan mengelap daun tanaman. Pastikan untuk menggunakan kain lembut (seperti microfiber) agar daun tanaman tidak rusak.

5. Cairan pengkilap daun

5. Cairan pengkilap daun
Pexels.com/mareefe

Kini di e-commerce dan toko-toko terdapat cairan khusus yang dijual untuk mengkilapkan daun tanaman. Namun, sebaiknya mama tidak terlalu sering menggunakan cairan ini pasalnya beberapa merek bisa menyumbat pori-pori daun. Ini membuat tanaman menjadi kurang bisa transpirasi dan melakukan fotosintesis.

Cara menggunakan cairan pengkilap ini mudah sekali yakni hanya dengan lap lembut atau kapas dan langsung dielapkan kepada daun tanaman yang ingin dibuat mengkilap.

Itulah dari sederet cara membuat daun tanaman hias mengkilap yang bisa mama tiru di rumah. Mama bisa memilih cara yang paling tepat dan tidak merepotkan bagi Mama. Karena pada dasarnya memiliki dan merawat tanaman bisa menjadi penghilang stres selama pandemi lho. Jadi jangan dibuat pusing ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.