Doa saat Ingin Membangun Rumah, Biar Tambah Berkah

Baca selalu doa ini agar rumah menjadi nyaman dan berkah

22 November 2021

Doa saat Ingin Membangun Rumah, Biar Tambah Berkah
Freepik/jcomp

Setelah menikah mungkin akan tinggal jauh dari keluarga dan menetap di lingkungan baru bersama pasangan.

Nah, ketika sudah menentukan lokasi yang tepat, biasanya ada yang lebih memilih membangun rumah atau membeli rumah yang memang sudah langsung jadi. Pilihan tersebut tergantung kebutuhan dan kesempatan bersama pasangan. 

Ketika memilih ingin membangun rumah sendiri, maka ada doa yang perlu dibacakan sesuai ajaran agama Islam. Tujuannya agar rumah yang ditinggali nantinya bersama keluarga menjadi berkah dan nyaman.

Berikut sudah Popmama.com telah rangkum doa yang dibaca ketika ingin membangun rumah sendiri. Cocok bagi Mama dan Papa yang sedang membangun rumah di kediaman baru, nih!

Editors' Picks

1. Kriteria rumah daman yang berkah menurut Islam

1. Kriteria rumah daman berkah menurut Islam
www.kahanelaw.com
Rumah

Bagi Mama yang sedang membangun rumah, penting untuk mempersiapkan segalanya sesuai dengan ketentuan agama Islam agar semakin berkah.

Dalam Islam sendiri, Mama dilarang untuk membangun rumah dengan sifat bermegah-megahan. Maka dari itu, seorang muslim dianjurkan untuk membangun rumah yang sederhana dan secukupnya.

Setelah itu, bangunan rumah pun mesti memperhatikan masalah ibadah. Rumah seorang muslim sangat dianjurkan untuk menghadap kiblat. Toilet di rumah pun jangan sampai menghadap kiblat.

Mama pun perlu melakukan pertimbangan sebelum membangun sebuah rumah. Hal terpenting dari membangun rumah, yakni memiliki sirkulasi yang baik.

Perlu diketahui bahwa ada sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Janganlah seseorang di antara kamu mandi dalam air yang tergenang (tidak mengalir) ketika dalam keadaan junub.”

2. Mengenal fungsi dan makna rumah dalam Islam

2. Mengenal fungsi makna rumah dalam Islam
Pixabay/StockSnap

Rumah adalah tempat bernaung bagi setiap keluarga. Nah, rumah juga bisa menjadi sumber kedamaian dan ketenangan jika dilakukan sesuai dengan fungsinya.

Menurut Islam, rumah bisa sebagai tempat beribadah sebagai upaya meraih rida Allah. Mama dan Papa pun bisa mengisi suasana damai yang rumah dengan rajin membaca Alquran serta menunaikan salat tepat waktu.

Perlu diingat juga bahwa rumah juga bisa sebagai sarana edukasi, bak orangtua kepada anaknya mengajari serta membentengi akhlak anak dengan baik.

Walaupun diisi dengan penghuni yang berbeda watak dan sifatnya, rumah bisa berfungsi sebagai pelepas lelah karena rutinitas sehari-hari.

Dengan berada di rumah, Mama dan Papa bisa menghilangkan kejenuhan serta menghadirkan ketenangan bagi seluruh anggota keluarga.

3. Doa ketika hendak membangun sebuah rumah

3. Doa ketika hendak membangun sebuah rumah
Freepik/xb100

Nah, penting bagi setiap muslim dan muslimah ketika membangun rumah diawali dengan berdoa. Tujuannya agar diberikan tempat yang nyaman, aman dan keberkahan.

Hal tersebut sesuai dengan firman Allah surat Al-Mu’minun ayat 29 yang berbunyi:

Wa qur rabbi anzilni munzalam mubarakaw wa anta khairul-munzilin

Artinya:

“Dan berdoalah: Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkati, dan Engkau adalah sebaik-baik Yang memberi tempat.”

Nah, itulah makna rumah menurut agama Islam. Doa ketika hendak membangun sebuah rumah pun perlu dipanjatkan agar lebih berkah. 

Perlu diingat bahwa keberkahan dan kenyamanan sebuah rumah bisa berdampak positif bagi setiap anggota keluarga. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.