Bikin Kangen Nenek, 12 Dekorasi Rumah Berkonsep Vintage

Pajangan jadul ini terkadang bisa bikin bernostalgia ke masa kecil dulu

1 Agustus 2021

Bikin Kangen Nenek, 12 Dekorasi Rumah Berkonsep Vintage
Shopee.co.id/berkahmandirishop/septianstore.id

Rumah nenek biasanya menjadi tempat yang paling ditunggu-tunggu untuk didatangi. Setiap kali berlibur akhir pekan atau ada sebuah perayaan tertentu, seluruh keluarga besar mungkin akan mengunjungi rumah nenek. Sayangnya, banyak momen perayaan yang mungkin sedikit berbeda akibat pandemi Covid-19.

Tidak dapat berkunjung, rasa kangen akan nenek pun semakin meningkat. Namun, ternyata ada lho pajangan-pajangan jadul dengan berkonsep vintage. Dekorasi rumah jadul ini mungkin bisa membuat Mama dan keluarga bernostalgia ataupun mengingatkan akan nenek.

Jika Mama penasaran, berikut 12 dekorasi rumah dengan vibes vintage yang sudah Popmama.com rangkum. Yuk, disimak!

1. Guci keramik hias

1. Guci keramik hias
Shopee.co.id/bambifiles

Pajangan yang satu ini tidak hanya eksis di tahun 90an saja, tetapi masih tetap diminati hingga saat ini. Meskipun hanya sebuah guci, namun ternyata guci model ini dijual dengan harga yang cukup mahal, lho!

Harga yang diberikan tersebut mungkin sepadan dengan barang antik yang akan Mama dapatkan. Guci ini cocok diletakkan di ruang tamu untuk menghiasi sudut-sudut yang terasa kosong.

2. Guci keramik bentuk gajah

2. Guci keramik bentuk gajah
Shopee.co.id/septianstore.id

Belum selesai dengan guci keramik, ada juga berbentuk gajah yang dijual di pasaran. Guci berbentuk gajah ini cukup banyak ditemukan pada rumah-rumah zaman dulu.

Biasanya, guci gajah akan diletakkan di atas meja atau di area teras rumah. Sayangnya, guci yang satu ini sudah cukup jarang ditemukan. Jika sudah membelinya, maka harus dijaga dengan sangat hati-hati agar tidak pecah ya, Ma!

3. Toples penyimpanan kristal

3. Toples penyimpanan kristal
Shopee.co.id/premiumcenter

Toples penyimpanan kristal juga sangat ikonik dengan gaya 90an.

Apalagi ketika banyak tamu yang berdatangan, biasanya toples ini akan banyak diserbu untuk makanan di dalamnya! Salah satu makanan yang selalu ada di dalam toples ini, yakni permen warna warni.

Toples kristal ini juga memiliki berbagai macam bentuk dan warna. Ada yang berbentuk bulat hingga persegi panjang, dari warna putih hingga emas.

4. Sendok dan garpu wayang

4. Sendok garpu wayang
Shopee.co.id/queenezz_store

Dekorasi selanjutnya ada sendok dan garpu yang sangat lawas bermotif wayang. Peralatan makan ini memang tidak ditujukan untuk dipakai, melainkan sebagai pajangan.

Umumnya, sendok garpu pajangan jadul berbahan dasar kayu yang diukir. Tetapi ada juga yang menjual sepasang alat makan wayang ini.

5. Radio jadul

5. Radio jadul
Shopee.co.id/berkahmandirishop

Di zaman ini, sudah ada berbagai macam cara untuk mendengarkan lagu.

Mama bisa mendengarkan musik dari aplikasi maupun streaming hanya dari ponsel saja. Berbeda dengan zaman yang dulu, di mana untuk mendengarkan musik harus menggunakan radio yang berantena.

Mama mungkin merasakan susahnya mencari saluran radio yang tepat untuk dinikmati. Nah, dekorasi yang satu ini cocok sekali jika ingin menambah vibes 90an.

Selain itu, radio ini juga bisa digunakan untuk mendengarkan lagu secara nyata, lho!

Editors' Picks

6. Pajangan dinding bergambar kuda

6. Pajangan dinding bergambar kuda
Shopee.co.id/anekakristik

Jika ditanya, pajangan dinding seperti apa yang sangat ikonik di era 90an? Mama pasti kompak menjawab pajangan kristik. Pajangan yang satu ini bukan dilukis dari cat dan kanvas biasa.

Pajangan kristik adalah pajangan dinding yang dihasilkan dari sulaman benang di atas kertas berpola. Gambar pajangan kristik yang sangat populer di zaman dulu, yakni ilustrasi kuda atau pemandangan.

7. Tempat buah keramik besar bermotif bunga

7. Tempat buah keramik besar bermotif bunga
Shopee.co.id/kurniajayacrystal

Tempat buah berbahan dasar keramik dan bermotif bunga pasti sudah tidak asing.

Dekorasi yang satu ini bisa dijadikan pajangan ataupun difungsikan sebagaimana yang seharusnya. Biasanya tempat buah ini akan diletakkan di atas meja makan ataupun di dapur.

Dengan sentuhan corak dan aksen berwarna emas, pajangan ini dapat sukses mencuri perhatian seisi ruangan. Sayangnya, gambar bunga yang berada di dasarnya akan tertutup apabila sedang diisi buah.

8. Hiasan buah keramik

8. Hiasan buah keramik
Shopee.co.id/anitayunitaambumirza

Jika Mama mengira ini merupakan gambar dari buah asli, maka hiasan ini berhasil membuat bentuk yang mirip.

Dekorasi ini merupakan hiasan buah yang terbuat dari keramik. Hiasan ini banyak digunakan di zaman dulu untuk menghias tempat buah agar tidak kosong.

Di sisi lain, hiasan ini akan tetap menjaga warna dan bentuknya karena tidak akan busuk, sehingga cocok diletakkan sebagai pajangan. Ada berbagai macam buah yang bisa ditemukan, tetapi yang paling sering diminati yakni bentuk anggur.

9. Guci keramik air

9. Guci keramik air
Shopee.co.id/cafe_glass.surabaya

Salah satu dekorasi jadul keramik lainnya, yakni tempat air ini. Guci keramik air ini sudah sangat memudahkan pengambilan air pada tahun 90an.

Saat ini mungkin sudah tidak banyak lagi digunakan, karena sudah ada dispenser yang canggih-canggih. Namun, Mama tidak akan kesulitan menemukan guci keramik air inni karena masih banyak dijual di pasaran.

10. Telur batu marmer

10. Telur batu marmer
Shopee.co.id/souvenircandiprambanan

Apakah Mama pernah melihat pajangan yang satu ini? Ini adalah pajangan berbahan utama batu marmer asli dan dijadikan bentuk telur. Meskipun terlihat biasa saja, tetapi pajangan ini banyak dicari oleh orang.

Katanya, selain dibuat pajangan, batu marmer ini bisa dijadikan juga sebagai alat terapi untuk menghilangkan stres. Pajangan ini datang dengan piring atau tatakannya yang juga berbahan dasar marmer.

11. Tempat kue stainless gold

11. Tempat kue stainless gold
Shopee.co.id/kurniajayacrystal

Berlanjut ke dekorasi mewah, ada tempat kue stainless gold. Sesuai dengan namanya, tempat ini biasa digunakan untuk meletakkan kue-kue kecil di atasnya. Dengan 3 tingkatan, Mama bisa menaruh kue yang cukup banyak secara bersusun.

Dekorasi ini tidak hanya bernuansa 90an, tetapi juga memberikan sentuhan mewah pada rumah Mama. Bagi yang bertempat tinggal pada rumah american classic style mungkin bisa mempertimbangkan untuk membeli satu.

12. Telepon jadul

12. Telepon jadul
Shopee.co.id/mbudur_shop

Mama mungkin mengenal dengan betul alat komunikasi jadul ini. Sebelum telepon rumah atau genggam menjadi lebih canggih seperti sekarang, telepon jadul ini sangat membantu jalur komunikasi.

Cara menelepon juga sangat unik, yaitu dengan memutar angka ke kiri dan ke kanan sesuai dengan nomornya. Selain jadul, pajangan ini sangat antik dan dapat memberikan efek klasik atau 90an di rumah Mama. 

Itulah 12 dekorasi rumah dengan nuansa 90an yang sukses bikin kangen nenek. Apakah Mama berniat mengoleksi satu di rumah juga?

Baca Juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.