8 Penyebab AC di Rumah Tidak Dingin, Ada Banyak Faktor

AC di rumah tidak berfungsi maksimal dan kurang dingin? Jangan khawatir, ini dia penyebabnya!

8 Mei 2022

8 Penyebab AC Rumah Tidak Dingin, Ada Banyak Faktor
Pexels/Max Vakhtbovych

Hidup di negara tropis pasti sudah terbiasa dengan suasana yang panas. Maka dari itu, pendingin ruangan seperti AC atau kipas angin wajib ada di dalam rumah. Dengan begitu, rumah akan tetap terasa sejuk walau udara sedang sangat panas.

Namun, ada beberapa kondisi di mana AC tampaknya tidak berfungsi dengan maksimal. Kondisi inilah yang membuat AC Mama menjadi tidak dingin. Jangan khawatir, hal tersebut memang bisa saja terjadi pada setiap AC.

Mama hanya perlu mengenai alasan atau penyebab AC di rumah tidak dingin. Kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa penyebab AC di rumah tidak dingin

Kira-kira apa saja alasannya ya, Ma? 

1. Penyaring udara tersumbat

1. Penyaring udara tersumbat
Pexels/Max Vakhtbovych

Dalam AC, ada sebuah saluran penyaring udara. Sesuai dengan namanya, penyaring ini bertujuan untuk menjebak partikel udara agar mereka tidak dapat merusak unit AC. Filter ini harus diganti secara berkala agar bisa terus berfungsi dengan baik.

Jika AC Mama di rumah tidak dingin, maka cobalah memeriksa penyaring udara yang ada, khususnya kalau sudah lama tidak diganti. Mungkin saja evaporator coil yang ada sudah membeku, sehingga tidak bisa mengeluarkan udara dingin.

2. Evaporator kotor

2. Evaporator kotor
Pexels/Max Vakhtbovych

Seluruh komponen dalam unit AC perlu diperhatikan kebersihannya, salah satunya yaitu evaporator. Apalagi, evaporator adalah komponen utama dalam AC di rumah.

Evaporator harus dalam keadaan bersih agar bisa membuat AC bekerja secara maksimal. Sebaiknya Mama melakukan pembersihan secara berkala setiap 6 bulan atau satu tahun sekali sesuai dengan situasi.

Dengan memperhatikan kebersihannya, maka AC pun bisa tetap dingin. 

3. Kumparan kondensor yang tidak dibersihkan

3. Kumparan kondensor tidak dibersihkan
Pexels/Max Vakhtbovych

Masih seputar evaporator, ada perangkat yang membuatnya berfungsi, yaitu kumparan kondensor. Jika dalam kumparan kondensor ini penuh dengan kotoran dan tersumbat, maka AC tidak bisa mendinginkan ruangan dengan baik.

Mama perlu mencuci kondensor yang ada, sehingga AC dapat kembali berfungsi dengan baik. Jika ragu cara melepaskannya, panggilah servis AC untuk membantu mengatasi masalah ini.

Editors' Picks

4. Kompresor rusak

4. Kompresor rusak
Pexels/Max Vakhtbovych

AC akan menghasilkan udara dingin jika kompresor pada AC bisa menyirkulasikan udara di luar dan dalam.

Tentu saja hal tersebut tidak akan terjadi apabila kompresor AC juga mengalami kerusakan. Kalau sudah begitu, Mama perlu mengganti kompresor yang rusak dengan yang baru.

5. Rusaknya termostat pada AC

5. Rusak termostat AC
Pexels/Max Vakhtbovych

Bicara mengenai udara dingin, pasti ada kaitannya dengan suhu. AC di rumah dapat menyesuaikan udara dingin yang perlu keluar jika bisa mendeteksi suhu dengan baik.

Peran mendeteksi suhu, yakni bagian dari termostat. Maka dari itu, Mama perlu memeriksa termostat agar tetap berfungsi dengan baik.

6. Kapasitas AC tidak sesuai dengan ukuran ruangan

6. Kapasitas AC tidak sesuai ukuran ruangan
Pexels/Rachel Claire

AC dengan kapasitas kecil tidak akan bisa memenuhi seluruh bagian ruangan yang besar. Di sisi lain, AC yang besar jika diletakkan di ruangan kecil juga tidaklah ideal.

Selain pendingin yang berlebihan, maka tagihan listrik di rumah juga akan membengkak karena penggunaan AC yang terlalu besar. Pada poin ini, penting untuk mengetahui besarnya ruangan agar bisa membeli ukuran AC dan kapasitas yang tepat.

7. Refrigeran mulai bocor

7. Refrigeran mulai bocor
Freepik/lifeorstock

Alasan berikutnya yang mungkin menjadi penyebab AC tidak berfungsi, yakni bocornya refrigeran. Refrigeran memiliki peran penting agar AC Mama bisa bekerja dan mengeluarkan udara dingin.

Jika sudah demikian, tentu saja harus segera diganti dengan komponen yang baru. Mengganti komponen yang rusak akan sangat berguna dibandingkan dengan mencoba memperbaikinya.

8. Udara di luar rumah terlalu panas atau dingin

8. Udara luar rumah terlalu panas atau dingin
Pexels/Max Vakhtbovych

Tak hanya unit AC yang berpengaruh, tetapi udara di luar rumah juga sangat berpengaruh. Jika udaranya terlalu panas, maka AC tidak bisa memberikan kontribusi yang cukup dalam mendinginkan ruangan. Sebagai solusi, coba letakkan AC di tempat yang tidak terkena matahari di dekat jendela.

Sebaliknya, jika udara di luar rumah terlalu dingin, AC tidak bisa menyerap udara yang panas ke dalam dan menjadikannya sia-sia jika dinyalakan. Mama bisa mematikan AC jika udaranya sudah cukup dingin. 

Itulah beberapa penyebab AC di rumah tidak dingin. Semoga informasi kali ini bermanfaat dan membantu AC di rumah kembali dingin ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk