Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Fakta Kisah Cinta Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda

Hubungan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda sempat tak direstui oleh Iriana Jokowi

24 Januari 2023

10 Fakta Kisah Cinta Gibran Rakabuming Raka Selvi Ananda
Instagram.com/gibranrakabumingraka_id

Menjadi menantu dari keluarga RI 1 adalah hal yang tidak pernah disangka oleh Selvi Ananda. Istri dari Gibran Rakabuming ini sempat mengatakan bahwa ia tidak pernah menyangka bahwa pasangan hidupnya datang dari keluarga terpandang.

Namun, itulah yang dinamakan takdir cinta. Manusia yang berencana, tetapi Tuhan yang menentukan.

Kisah perjalanan asmara Gibran dan Selvi cukup berliku, mulai dari awal pertemuan mereka hingga hambatan ketika hubungan keduanya kian serius. Hal tersebut menjadi bagian dari kisah cinta mereka yang akan dikenang hingga rambut Gibran dan Selvi memutih.

Penasaran seperti apa jalan cerita cintanya? Nah, kali ini Popmama.com telah merangkum 10 fakta kisah cinta Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda.

Yuk Ma, kita intip percintaan mereka!

1. Gibran dan Selvi pertama kali bertemu pada ajang pemilihan Putra Putri Solo tahun 2009

1. Gibran Selvi pertama kali bertemu ajang pemilihan Putra Putri Solo tahun 2009
Instagram.com/gibran_rakabumiing

Pada tahun 2009, Jokowi menjabat sebagai Walikota Solo. Saat itu, daerah yang terkenal dengan Stasiun Balapannya  tengah mengadakan kontes Putra Putri Solo. Sebagai warga asli, Selvi mendaftarkan dirinya untuk ikut berpartisipasi pada ajang tersebut.

Ternyata tak disangka langkah Selvi sampai pada tahap final. Saat itu, Gibran hadir menjadi salah satu mentor kewirausahaan dan juri Bahasa Inggris. Kecerdasan Selvi dalam bidang tersebut berhasil membawa namanya menjadi seorang juara.

Iriana Jokowi yang saat itu menjadi istri walikota menyematkan mahkota di kepala Selvi sebagai simbolis kemenangan. Selvi yang akhirnya menyandang gelar sebagai Putri Solo 2009, sering terlibat dalam acara budaya dan pariwisata di Pemerintahan Kota Solo.

Perempuan kelahiran 1989 ini bertugas untuk menyambut para tamu resmi di rumah dinas wali kota, tepatanya di Loji Gandrung. Nah, di tempat itulah Selvi dan Gibran diketahui sering bertemu hingga dekat.

2. Pada tahun 2010, Selvi kembali bertemu Gibran di Singapura

2. tahun 2010, Selvi kembali bertemu Gibran Singapura
Instagram.com/selvie_ananda_

Setelah saling mengenal dan dekat satu sama lain, Gibran dan Selvi harus berpisah karena urusan pekerjaan masing-masing.

Akhirnya pada tahun 2010, Selvi dipertemukan lagi dengan putra Jokowi di Singapura. Momen tersebut terjadi saat Selvi tengah mendampingi rombongan Solo Batik Carnival.

Diketahui mereka akan berpentas dalam Parade Internasional yang diselenggarakan di sirkuit formula 1, tepatnya di Chingay, Singapura. Kebetulan pada saat itu Gibran sedang menempuh pendidikan di Management DevelopmentInstitute of Singapore.

3. Resmi menjalin hubungan asmara tepat dua hari setelah Valentine

3. Resmi menjalin hubungan asmara tepat dua hari setelah Valentine
Instagram.com/selvie_ananda_

Berkat pertemuan di Singapura, akhirnya benih-benih cinta antara Gibran dan Selvi tumbuh. Putra pertama keluarga RI 1 itu menyatakan cintanya pada Selvi dua hari setelah perayaan Valentine.

Prosesi penembakan itu ternyata ia lakukan ketika masih berada di Singapura. Di mata Selvi apa yang Gibran lakukan adalah hal yang paling membahagiakan, dan momen kejadiannya masih hangat dalam bulan penuh cinta.

Aksi romantis Gibran diketahui oleh beberapa kerabat dekat Selvi, salah satunya Ning Wiyarti yang merupakan penari Solo Batik Carnival. Bahkan, dirinya sempat turut bantu mendandani Selvi ketika akan kencan pertama dengan Gibran.

Tak hanya Ning, hubungan asmara Gibran dan Selvi didengar oleh Koordinator Solo Batik Carnival, yaitu Heru Prasetyo. Menurut beliau, meskipun mereka sudah menjadi pasangan kekasih, Gibran bisa tetap profesional bahkan membantu rombongan tersebut dalam acara parade yang mereka ikuti.

4. Selama berpacaran, Gibran adalah laki-laki yang sangat perhatian pada kekasihnya

4. Selama berpacaran, Gibran adalah laki-laki sangat perhatian kekasihnya
Instagram.com/selvie_ananda_

Sebagai laki-laki sejati, Gibran menjadi sosok kekasih yang sangat perhatian dan penuh kasih sayang pada Selvi.

Putra Jokowi yang lahir pada 1987 ini memang sering mendampingi Selvi selama kekasihnya bertugas menjadi Putri Solo. Salah satunya saat harus merancang bajunya sendiri ketika hendak menjadi duta wisata ke Austalia.

Ning yang mengetahui seluruh kisah cinta kerabatnya ini, turut memperhatikan perlakuan Gibran pada Selvi. Beberapa kali, Ning melihat Gibran mengantar kekasihnya untuk mengurus keperluannya tersebut.

Tak hanya membantu tugas Selvi sebagai Putri Solo, Gibran juga rajin menjemput Selvi selepas ia pulang kampus. Hal ini diketahui dari teman kuliah Selvi, yang sering melihat Gibran menunggu di area kampus.

Editors' Picks

5. Hubungan mereka terungkap di publik pada saat menghadiri pernikahan rekan kerja Selvi di TATV

5. Hubungan mereka terungkap publik saat menghadiri pernikahan rekan kerja Selvi TATV
Instagram.com/selvie_ananda_

Meskipun beberapa teman dekat Gibran dan Selvi sudah mengetahui hubungan mereka, tetapi keduanya tak pernah memamerkan kemesraan secara sengaja. Baik Gibran maupun Selvi, cukup pintar bersikap dalam setiap kondisi meski nyatanya mereka adalah sepasang kekasih.

Setelah beberapa lama berpacaran, akhirnya mereka mulai menunjukkan kedekatan di publik dengan menghadiri pernikahan rekan kerja Selvi, di stasiun televisi Terang Abadi Televisi (TATV). Kesederhanaan hubungan Gibran dan Selvi sangat diapresiasi oleh beberapa kerabatnya.

"Kita semua tahu Selvi pacaran dengan Gibran sejak lama. Tapi Selvi itu sangat sederhana, ia tidak pernah show off kalau dia calon mantu presiden," ujar salah satu rekan kerja Selvi.

6. Gibran dan Selvi sempat terancam saat karier politik Jokowi menanjak

6. Gibran Selvi sempat terancam saat karier politik Jokowi menanjak
Instagram.com/selvie_ananda_

Hubungan asmara Gibran dan Selvi ternyata tak berjalan begitu mulus, keduanya sempat terancam putus saat karier politik Presiden RI Joko Widodo kian menanjak. Iriana Jokowi, merasa keberatan ketika mengetahui hubungan putra pertamanya dengan Selvi semakin serius.

Menjadi sosok terpandang di negara, khususnya dengan gelar presiden tentu banyak hal yang akan terpengaruh. Salah satunya yaitu hubungan asmara Gibran bersama Putri Solo 2009 tersebut.

7. Ada beberapa perbedaan di antara kedua keluarga, sehingga membuat hubungan mereka terhambat

7. Ada beberapa perbedaan antara kedua keluarga, sehingga membuat hubungan mereka terhambat
Instagram.com/ibunegarari_

Alasan Iriana keberatan dengan perempuan pilihan Gibran, yaitu karena ada perbedaan yang cukup besar dengan keluarga Selvi. Namun, akhirnya masalah tersebut sudah diselesaikan hingga Jokowi bersama Iriana memberikan restu.

Mengenai masalah ini, pihak terdekat keluarga Jokowi dan Iriani tidak ada yang mengetahui bahwasanya kedua orangtua Gibran sempat keberatan. Justru sebelumnya Selvi sudah pernah diperkenalkan pada keluarga Gibran, dan sebaliknya.

Citra Selvi di keluarga besar kekasihnya pun cukup baik. Hal ini disampaikan langsung oleh adik Iriana Jokowi, Wahyudi Andrianto. Menurut dirinya, Selvi adalah sosok perempuan yang baik.

8. Masalah mereda, akhirnya pada 11 Juni 2015 Gibran resmi menikah dengan Selvi

8. Masalah mereda, akhir 11 Juni 2015 Gibran resmi menikah Selvi
Instagram.com/gibranrakabumingraka_id

Setelah hambatan perbedaan tersebut mereda serta berhasil mendapatkan restu, keduanya pun siap memutuskan untuk menikah.

Tanggal 11 Juni 2015 menjadi hari bersejarah bagi Gibran dan Selvi, lantaran keduanya resmi secara agama dan negara menjadi pasangan suami istri.

Pernikahan mereka digelar di Gedung Graha Saba Buana milik keluarga Jokowi. Dalam pernikahan yang kental dengan budaya Jawa ini, Gibran dan Selvi tampak mengenakan busana adat Jawa berwarna putih, lengkap dengan perhiasannya.

Meskipun berasal dari keluarga presiden, Gibran tetap menggelar acara pernikahannya dengan sederhana. Diketahui pernikahan putra pertama Presiden RI Joko Widodo, dihadiri oleh sejumlah tokoh nasional, dan beberapa partai politik pendukung sang papa.

Kehadiran mereka disambut hangat oleh Jokowi dan keluarga, begitu juga dengan Gibran dan Selvi ketika menyalami para undangan terhormat di pelaminan.

9. Sebelum melaksanakan pernikahan, Selvi Ananda memutuskan untuk mualaf

9. Sebelum melaksanakan pernikahan, Selvi Ananda memutuskan mualaf
Instagram.com/gibranrakabumiing

Fakta bahwa Selvi Ananda memutuskan untuk mualaf sebelum menikah dengan Gibran, sempat menjadi bahan perbincangan masyarakat. Pasalnya tindakan tersebut dinilai cukup kontroversial, tetapi hal itu tidak terlalu digubris oleh Selvi mengenai omongan tentang dirinya.

Berkat kekuatan cinta, dan keteguhan hati dari seorang Selvi akhirnya ia memantapkan diri untuk pindah memeluk agama Islam.

Setelah menjalani kehidupan pernikahan bersama sang suami, Selvi mampu menjadi seorang istri yang saliha, dan dikenal sebagai Ibu Walikota Solo yang sederhana.

10. Di tahun 2016, pasangan suami istri ini dikaruniai putra bernama Jan Ethes Srinarendra

10. tahun 2016, pasangan suami istri ini dikaruniai putra bernama Jan Ethes Srinarendra
Instagram.com/selvie_ananda_

Satu tahun setelah menjalani kehidupan sebagai suami istri, Gibran dan Selvi akhirnya diberikan keturunan. Anak pertama mereka diberi nama Jan Ethes Srinarendra, dan lahir pada 10 Maret 2016.

Arti nama dari cucu pertama Presiden RI Joko Widodo ini yaitu, "Jan" adalah sangat atau sekali, "Ethes" yaitu cekatan, dan "Srinarendra" adalah pemimpin yang cerdas.

Nama ini diberikan dari Gibran, tetapi sang kakek pun turut mengusulkan nama.

Tiga tahun kemudian, kembali lahir anak kedua dari Gibran dan Selvi dengan nama La Lembah Manah. Diketahui anak tersebut lahir pada 15 November 2019, di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Solo.

Itulah 10 fakta kisah cinta Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda. Semoga hubungan dan rumah tangga sang pemimpin Kota Solo bersama istrinya langgeng terus ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk