Apa Itu Open Relationship? Banyak Menuai Pro Kontra terhadap Pasangan

Open relationship kerap mendapat pro kontra bagi banyak orang

11 Juni 2024

Apa Itu Open Relationship Banyak Menuai Pro Kontra terhadap Pasangan
Pexels/Ba Tik

Pernahkah kamu mendengar istilah open relationship? Jika dalam bahasa Indonesia, open relationship bisa diartikan sebagai keterbukaan dalam hubungan. Namun, yang dimaksud keterbukaan ialah kamu memiliki hubungan dengan pasangan, namun di antara kalian boleh memiliki pasangan lain di luar hubungan yang sudah ada. 

Open relationship ini ternyata banyak dilakukan oleh pasangan yang memiliki prinsip untuk menjalani hubungan tidak secara monogami. Sebenarnya hakikatnya, ketika kita menjalani hubungan pasti ingin kebahagiaan dari kedua belah pihak tanpa ada pihak lain yang mengganggu. 

Namun, kenyataannya dalam open relationship ini banyak yang justru memilih untuk tidak secara eksklusif membangun hubungan dengan satu orang. Dengan begitu, mereka masih bisa menjalani hubungan dengan orang lain di luar pasangannya. Meskipun kedua belah pihak setuju dan jujur tentang hal itu.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa fakta menarik soal "apa itu open relationship?" beserta alasannya secara lebih detail.

Yuk, disimak!

Makna Open Relationship dalam Hubungan Menuai Pro Kontra

Makna Open Relationship dalam Hubungan Menuai Pro Kontra
Pexels/Nadin Sh

Open relationship memang diartikan sebagai keterbukaan dalam menjalin sebuah hubungan. Makna dari open relationship ini justru menuai pro dan kontra terhadap pasangan. Hal ini menjadi perbedaan pendapat dan pandangan tentang hubungan yang satu ini. 

Hubungan ini diyakini sebagian orang merusak keharmonisan dari kedua belah pihak sebagai. Sebab open relationship ini membolehkan pasangan kita untuk memiliki pasangan lain selain kita itu sendiri.

Banyak pasangan yang menjalani open relationship karena sebuah keadaan, seperti menyukai seseorang yang baru namun juga tidak mau melepaskan pasangannya. 

Sementara banyak juga yang setuju dengan open relationship karena mereka merasa hubungan akan lebih menyenangkan. Tak jarang, ada yang beranggapan kalau open relationship menjadi solusi apabila merasa kurang nyaman dengan pasangan sendiri. Selain itu, bisa juga karena pasangannya memberikan kebebasan perihal terjadinya open relationship dalam hubungan mereka.

Pro terhadap Open Relationship

Pro terhadap Open Relationship
Pexels/cottonbro studio

Kunci menjalani open relationship yang sukses ialah kedua pasangan setuju untuk memiliki hubungan yang saling terbuka.

Menjalani hubungan secara terbuka dalam open relationship memang membutuhkan kepercayaan yang lebih. Dengan terlibat dalam hubungan terbuka, mungkin saja mereka dapat mengenal orang-orang yang sudah ada dalam hidup dengan hal baru yang belum dialami sebelumnya.

Untuk itu, mereka yang mengambil keputusan menjalani open relationship tentunya harus dengan orang yang memiliki pikiran sama. Menjalani hubungan seperti ini tentu dapat menghabiskan banyak tenaga dan waktu emosional.

Dengan membiarkan orang lain masuk dalam hubungan yang sudah ada, maka hal itu dapat meringankan beban mengurus kebutuhan dan keinginan pasangan, dan sebaliknya. 

Kontra terhadap Open Relationship

Kontra terhadap Open Relationship
Freepik

Menjalani open relationship meskipun dengan adanya komunikasi pasti tetap akan menimbulkan konflik di kemudian hari. Tidak heran, kalau akan ada kemungkinan rasa tidak aman dan kecemburuan ketika hubungan sejenis ini dijalani.

Alih-alih melihat hubungan open relationship sebagai pilihan, Mama perlu untuk memahami bahwa kecemburuan adalah kesempatan yang selalu ada dan bisa merusak bahkan dari hal percakapan kecil sekalipun.

Dengan berterus terang tentang perasaan kita, bukan berarti kita tidak hanya dapat mengeksplorasi mengapa kita merasakan hal yang kita rasakan. Kita juga merasakan apakah itu pertanda sesuatu yang lain terjadi dalam hubungan tersebut. Akibatnya akan timbul rasa sakit hati ketika melihat pasangan jauh lebih bahagia dengan orang lain

Itulah beberapa informasi untuk menjawab pertanyaan terkait "apa itu open relationship?" secara lebih detail. Semoga menjadi sebuah informasi baru.

Ada baiknya jika memiliki hubungan harus secara sehat dan penuh kasih sayang yang tulus dari masing-masing ya, Ma. 

Baca juga:

The Latest