8 Rekomendasi Film tentang Toxic Relationship, Menguras Emosi

Duh, jangan sampai Mama mengalami hubungan seperti di film ini!

14 November 2021

8 Rekomendasi Film tentang Toxic Relationship, Menguras Emosi
imdb.com

Memiliki hubungan yang sehat dan bahagia menjadi menjadi impian semua orang. Pertengkaran yang ada menjadi bumbu tersendiri dalam jalinan asmara.

Namun, apabila hubungan sudah bersifat mengekang dan terus-terusan diiringi dengan pertengkaran, maka hubungan tersebut dapat dikatakan tidak sehat bahkan cenderung masuk ke dalam toxic relationship.

Dilansir dari Time.comtoxic relationship merupakan suatu hubungan di mana pasangan senantiasa berada dalam konflik, persaingan, perasaan tertekan, bahkan terancam. Hubungan yang tidak sehat ini dapat memengaruhi kesehatan fisik, mental, dan emosional lho, Ma.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang hubungan yang tak sehat iniberikut Popmama.com telah merangkum 8 rekomendasi film tentang toxic relationship yang bisa menguras emosi saat menontonnya.

Yuk disimak, Ma! 

1. Marriage Story

1. Marriage Story
imdb.com

Marriage Story merupakan film produksi Netflix yang menceritakan kisah pernikahan antara Charlie Barber (Adam Driver) dan Nicole Barber (Scarlett Johannson) yang berada di ujung tanduk. 

Keputusan Nicole untuk menceraikan Charlie tak bisa diganggu gugat setelah ia mengetahui bahwa suaminya telah berselingkuh dengan rekan kerjanya sendiri. 

Sikap egois yang Charlie perlihatkan pun semakin membulatkan tekad Nicole untuk berpisah, walau kondisinya mereka berdua telah memiliki seorang anak.

2. Revolutionary Road

2. Revolutionary Road
primevideo.com

Setelah sukses dengan film Titanic, Leonardo Dicaprio dan Kate Winslet kembali beradu akting dalam karya sutradara Sam Mendes ini.

Kehidupan pernikahan Frank Wheeler (Leonardo Dicaprio) dan April (Kate Winslet) yang kelihatannya baik-baik saja ternyata menyimpan permasalahan yang cukup rumit.

Hal ini bermula dari keinginan April untuk pindah ke Paris demi mewujudkan mimpinya. Namun, impian itu sirna setelah mendapati bahwa ia sedang mengandung anak ketiga. Kenaikan posisi jabatan yang diraih suaminya pun membuat April memutuskan untuk mengubur mimpinya.

Perselisihan, pertengkaran serta perselingkuhan pun menjadi saksi prahara rumah tangga Frank dan April di film Revolutionary Road.

3. Posesif

3. Posesif
Instagra.com/palarifilms

Banyak yang bilang bahwa kisah cinta semasa SMA manis dan penuh warna. Namun, hal ini tidak berlaku pada film Posesif

Berkisah tentang dua murid SMA yang sedang kasmaran, Yudhis (Adipati Dolken) dan Lala (Putri Marino). Seiring berjalannya waktu, hubungan di antara mereka semakin toxic karena sikap Yudhis yang posesif dan mengekang Lala. 

Masalah pun semakin besar setelah mereka berdua akan menjalani kuliah di kota yang berbeda. Bagaimana kelanjutan hubungan Yudhis dan Lala? Kira-kira akankah mereka tetap bersama atau jusru malah berpisah?

Editors' Picks

4. Gone Girl

4. Gone Girl
looper.com

Gone Girl merupakan film bergenre thriller psikologis besutan sutradara David Fincher. 

Film ini menceritakan tentang Nick Dunne (Ben Affleck) yang mendapati istrinya, Amy Dunne (Rosamund Pike), telah menghilang di hari pernikahannya yang menginjak tahun kelima. Hilangnya Amy secara misterius mengundang banyak perhatian publik karena ia merupakan penulis buku anak-anak yang terkenal. 

Investigasi pun dilakukan dan segala bukti yang ada malah mengarah pada Nick. Mulai dari bukti perselingkuhan, bahkan kasus penganiayaan.

Mama sebagai penonton pun akan dibuat penasaran dan ikut menebak-nebak terkait siapa dalang dibalik hilangnya Amy.

5. Blue Valentine

5. Blue Valentine
imdb.com

Blue Valentine memperlihatkan apa jadinya ketika suatu hubungan telah kadaluarsa.

Sama-sama berasal dari toxic family, Dean Pereira (Ryan Gosling) dan Cindy Heller (Michelle Williams) memutuskan untuk menikah dengan harapan dapat membangun keluarga yang harmonis. Kebahagiaan mereka pun dilengkapi dengan kehadiran seorang anak.

Perlahan-lahan rasa cinta di antara kedua pasangan ini memudar. Pertengkaran demi pertengkaran yang dihadapi membuat pasangan ini berpikir ulang untuk mempertahankan hubungan pernikahan mereka.

6. Story of Kale: When Someone’s In Love

6. Story of Kale When Someone’s In Love
Instagram.co/storyofkale

Ketika menjalani suatu hubungan baru, ada baiknya berdamai terlebih dahulu dengan hubungan di masa lalu. Apalagi jika tidak ingin berakhir seperti Kale (Ardhito Pramono) dan Dinda (Aurelie Moeremans).

Story of Kale: When Someone’s In Love merupakan spin-off dari film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini yang menceritakan kisah cinta yang berujung obsesi antara Kale dan Dinda. 

Keduanya yang memiliki trauma akan cinta masa lalu, kemudian mencoba bersatu dan membuat kisah yang baru. Namun, obsesi Kale dalam membahagiakan Dinda malah menghancurkan dirinya sendiri dan hubungan mereka.

7. 6 Years

7. 6 Years
indiewire.com

Semakin lama suatu hubungan, semakin banyak pula rintangan yang ada. Itulah yang dialami Daniel Mercer (Ben Rosenfield) dan Melanie Clark (Taissa Farmiga) di film 6 Years

Menginjak usia enam tahun bersama, kedua pasangan ini tentu saja telah mengenal baik buruk satu sama lain dan menghadapi berbagai masalah berdua.

Namun, kisah cinta kedua pasangan muda ini diuji. Sebab, Daniel kedapatan selingkuh dengan Amanda (Lindsay Burdge) yang merupakan rekan kerjanya.

8. Malcolm & Marie

8. Malcolm & Marie
imdb.com

Komunikasi menjadi faktor yang sangat penting dalam mendukung keberhasilan suatu hubungan.

Komunikasi yang buruk dapat menyebabkan pertengkaran hebat antar pasangan, seperti yang ditunjukkan dalam kisah di film Malcolm & Marie yang disutradarai oleh Sam Levinson ini.

Marie (Zendaya) merasa kurang diapresiasi oleh kekasihnya, Malcolm (John David Washington), lantaran ia lupa berterima kasih karena telah menjadikan Marie sebagai inspirasi dalam filmnya yang mendulang kesuksesan.

Malcolm yang tidak mengerti perubahan sikap dan raut wajah Marie pun menganggap bahwa pasangannya itu tidak suka akan kesuksesannya.

Pertengkaran dengan ucapan penuh kebencian yang mengaduk emosi pun tak bisa dihindari.

Nah, itulah beberapa rekomendasi film tentang toxic relationship. Ada banyak pesan moral yang dapat diambil dari film-film ini. Mulai dari membangun komunikasi yang baik, hingga setia pada pasangan.

Semoga menjadi pelajaran bagi kita semua ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.