8 Artis yang Pernah Kolaborasi dengan Ardhito Pramono

Mulai dari Erwin Gutawa hingga Prilly Latuconsina pernah kolaborasi bersama Ardhito

13 Januari 2022

8 Artis Pernah Kolaborasi Ardhito Pramono
Instagram.com/eg.erwingutawa | Dok. Kompas.com

Ardhito Pramono menjadi salah satu musisi muda yang terkenal dengan karya-karyanya di dunia musik yang membawakan aliran pop jazz, swing jazz, dan jazz. Puluhan lagu yang telah diciptakan banyak disukai oleh penikmat musik hingga berhasil membawa beberapa penghargaan. 

Namun, kabar mengejutkan datang dari musisi Ardhito yang diduga terjerat dalam kasus narkoba pada Rabu (12/1/2022). Musisi sekaligus aktor ini ditangkap di kediamannya di bilangan Jakarta Timur oleh Polres Metro Jakarta Barat. 

Barang bukti yang disita oleh pihak kepolisian berupa ganja. Hasil pemeriksaan tes urine, Ardhito dinyatakan positif mengonsumsi narkoba jenis ganja.

Lewat suaranya yang khas dan bakat aktingnya, Ardhito sering diajak kolaborasi bersama oleh beberapa artis dan musisi ternama. Selain itu, dia juga mendapat tawaran untuk menciptakan sebuah soundtrack di beberapa film.

Berikut ini Popmama.com mengulas beberapa artis yang pernah kolaborasi dengan Ardhito Pramono. Yuk, disimak! 

1. Kolaborasi bersama Candra Darusman di lagu 'Waktuku Hampa' 

1. Kolaborasi bersama Candra Darusman lagu 'Waktuku Hampa' 
Youtube.com/Ardhito Pramono

Ardhito Pramono pernah berkolaborasi dengan musisi legendaris jazz bernama Candra Darusman.

Dalam kolaborasinya, Ardhito membawakan lagu yang berjudul Waktuku Hampa yang diambil dari album Detik Waktu #2 - Perjalanan Karya Cipta Candra Darusman. 

Kolaborasi tersebut menjadi kali pertama Ardhito membawakan dan merekam sebuah lagu yang diciptakan oleh komposer lain. Tentunya Ardhito juga merasa bangga karena bisa berkolaborasi dengan salah satu idolanya sejak lama. 

2. Kolaborasi bersama Erwin Gutawa di lagu 'Masa Masa' 

2. Kolaborasi bersama Erwin Gutawa lagu 'Masa Masa' 
Instagram.com/eg.erwingutawa

Musisi senior Erwin Gutawa membangkitkan kembali karyanya yang terbawa zaman dengan berkolaborasi dengan musisi muda Ardhito Pramono. Lagu tersebut berjudul Masa Masa yang diarasemen menjadi musik dengan suasana baru.

Masa Masa telah dirilis pada 12 November 2021 lalu berikut dengan video klipnya yang menampilkan Ardhito berkeliling kota untuk bernyanyi bersama dengan orang-orang di sepanjang perjalanan. 

3. Kolaborasi bersama Diskoria dan Isyana di lagu 'Yth: NAIF'

3. Kolaborasi bersama Diskoria Isyana lagu 'Yth NAIF'
Instagram.com/diskoria.selekta

Grup musik Diskoria kolaborasi dengan Isyana Sarasvati dan Ardhito Pramono dalam melahirkan sebuah lagu penghormatan kepada grup NAIF yang memutuskan bubar pada awal 2021. Mereka mempersembahkan lagu untuk grup band tersebut berjudul Yth: NAIF

Lagu tersebut telah dirilis pada 22 Oktober 2021 yang bertepatan pada hari ulang tahun grup band NAIF. 

Editors' Picks

4. Kolaborasi bersama Nadin Amizah dan Barasuara di lagu 'Bangkit dan Berlari' 

4. Kolaborasi bersama Nadin Amizah Barasuara lagu 'Bangkit Berlari' 
Youtube.com/IM3 Ooredoo

Grup musik Barasuara juga solois Nadin Amizah berkolaborasi dalam lagu berjudul Bangkit dan Berlari yang digarap oleh Iga Massardi. Proses pembuatan lagu tersebut membutuhkan waktu yang singkat, yakni dengan tiga hari saja. 

Kolaborasi ini juga menjadi project kali perdana bagi mereka bertiga. Untuk video klipnya sendiri telah dirilis pada 8 Agustus 2020.

5. Kolaborasi bersama Aurelie Moeremans di lagu 'I Just Couldn't Save You Tonight' 

5. Kolaborasi bersama Aurelie Moeremans lagu 'I Just Couldn't Save You Tonight' 
Instagram.com/aurelie

Di salah satu film yang membintangi mereka berdua, Ardhito Pramono juga berkolaborasi dengan Aurelie Moeremans dengan mengeluarkan single I Just Couldn't Save You Tonight yang menjadi original soundtrack film tersebut.

Ide duet tersebut lahir setelah diskusi dengan sang sutradara, yakni Angga Dwimas Sasongko. Lagu duet tersebut akhirnya resmi dirilis oleh Sony Music Entertainment Indonesia pada Sabtu (31/10/2020).

6. Kolaborasi bersama Prilly Latuconsina di lagu 'Malam Minggu Di Jakarta' 

6. Kolaborasi bersama Prilly Latuconsina lagu 'Malam Minggu Jakarta' 
Dok. Kompas.com

Lagu ini digarap saat Ardhito Pramono masih dikenal sebagai YouTuber yang sering cover berbagai lagu. Berawal dari Prilly Latuconsina yang bertemu dengan Ardhito di bandara ketika aktor perempuan itu ingin pergi ke Korea menghadiri Web TV Asia Awards.

Kemudian Prilly diketahui stalking akun Instagram pribadi Ardhito dan mendengar berbagai lagu yang dicover olehnya. Saat itu dia mengajak Ardhito untuk duet cover lagu bersama, tapi tak disangka Ardhito justru menawarkan untuk berduet bersama dengan lagu ciptaannya. 

Akhirnya lahirlah kolaborasi Prilly dan Ardhito dengan lagu Malam Minggu Di Jakarta yang dirilis di YouTube pada 20 April 2017.

7. Kolaborasi bersama Rachel Amanda di Film ‘Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini’ 

7. Kolaborasi bersama Rachel Amanda Film ‘Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini’ 
Dok. IMDb

Di dalam film keluarga ini, Ardhito Pramono berperan sebagai Kale dan tampil menjadi seorang musisi yang menjalin hubungan dekat dengan Aurora Amanda yang berperan sebagai Awan. 

Hubungan mereka yang tidak sampai tahap pacaran tersebut membuat penonton geram karena Kale diduga sebagai sosok pemberi harapan palsu. Alhasil dibuat sekuel atau spin off berjudul film Story Of Kale yang bercerita tentang perjalanan Kale sebelum bertemu dengan Awan.

8. Kolaborasi bersama Aurelie Moeremans di film Story Of Kale: When Someone's in Love

8. Kolaborasi bersama Aurelie Moeremans film Story Of Kale When Someone's in Love
Instagram.com/aurelie

Dalam film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini sosok Kale menjadi pusat perhatian banyak orang. Dengan itu, kembali dibuat sebuah film berjudul Story Of Kale yang diperankan oleh Ardhito Pramono dan Aurelie Moeremans. 

Mereka berdua juga menggarap sebuah soundtrack yang dinyanyikan bersama dengan judul lagu I Just Couldn't Save You Tonight. Film tersebut berhasil tayang di Bioskop Online pada 23 Oktober 2020. 

Tak berhenti sampai disitu, Ardhito juga turut andil dalam menciptakan lagu untuk soundtrack film Story Of Dinda: Second Chance to Happiness yang dibawakan oleh Aurelie Moeremans. 

9. Kolaborasi bersama Jefri Nichol dan Amanda Rawles di film Dear Nathan: Thank You Salma

9. Kolaborasi bersama Jefri Nichol Amanda Rawles film Dear Nathan Thank You Salma
Instagram.com/jefrinichol

Film trilogi Dear Nathan akan segera berakhir dengan tayangnya sekuel akhir yang berjudul Dear Nathan: Thank You Salma. Dalam film tersebut menghadirkan kolaborasi pemain utama dengan pemain baru, yakni Ardhito Pramono yang berperan sebagai Afkar. 

Dalam film tersebut Afkar menjadi sosok laki-laki pujangga dengan karakternya yang independen dan tidak takut untuk mengutarakan isi hatinya. Film tersebut akan tayang pada 13 Januari 2022 di seluruh bioskop Indonesia. 

Itulah beberapa artis yang pernah kolaborasi dengan Ardhito Pramono. Dari kolaborasi tersebut, kira-kira mana nih yang paling Mama suka?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.