Mengenal Seks Karezza, dan Manfaatnya untuk Pasangan Suami-Istri

Ketahui manfaatnya dulu baru kemudian coba melakukannya

18 Juni 2020

Mengenal Seks Karezza, Manfaat Pasangan Suami-Istri
Unsplash/Vidar Nordli-Mathisen

Banyak orang melakukan hubungan seks dengan pasangannya karena mereka ingin merasakan kenikmatan saat berada di puncak, yaitu ketika berhasil mencapai orgasme.

Dalam urusan seks, orgasme biasanya menjadi tujuan utama sebagai tanda kepuasan dan puncak gairah seksual yang disebut dengan istilah klimaks.

Tapi pernahkah kamu mendengar istilah seks Karezza?

Teknik seks yang satu ini justru justru tidak menjadikan orgasme sebagai tujuan utama. Ada keintiman dan kasih sayang di dalam seks Karezza. 

Lalu apa enaknya melakukan hubungan seks yang santai seperti ini? Berikut Popmama.com berikan penjelasan mengenai apa itu seks Karezza.

Editors' Picks

1. Apa itu seks karezza?

1. Apa itu seks karezza
Freepik

Seks Karezza adalah hubungan seksual yang lembut, penuh kasih sayang dan dilakukan secara santai. Bukan seperti hubungan seks pada umumnya, tujuan dari Karezza bukanlah orgasme melainkan perasaan rileks, tenang dan dekat dengan pasangan kamu yang dilakukan secara mendalam. Istilah seks Karezza berasal dari bahasa Italia carezza yang memiliki arti "belaian".

Hubungan seks yang satu ini mendorong pasangan untuk bersikap sesantai mungkin dan mengambil napas dalam-dalam ketika energi kuat saat berhubungan mulai bergejolak.

Kabarnya, jenis perilaku seksual ini menitikberatkan cinta dan koneksi spiritual kamu dengan pasangan, bukan pada gairah seksualnya semata.

Aktivitas seks yang satu ini lebih melibatkan aktivitas seperti senyuman, tatap mata, dan kontak kulit ke kulit.

Oleh karena itu, Karezza biasanya jauh lebih lambat, lebih lama dan dilakukan dengan santai dibandingkan dengan hubungan seks pada umumnya yang cenderung penuh nafsu dan membara.

2. Keuntungan melakukan seks Karezza

2. Keuntungan melakukan seks Karezza
Freepik

Seorang ahli teori seks J. William Lloyd menuliskan dalam bukunya The Karezza Method bahwa tujuan utama seks Karezza adalah mempertahankan energi seksual yang kuat dan mencegah atau mengurangi hasrat seksual.

Lloyd juga menuliskan dalam bukunya bahwa aktivitas seks seperti ini mampu mengobati berbagai penyakit, antara lain:

  • Masalah kesehatan kandung kemih
  • Prolaps uterus atau turun peranakan
  • Prostatitis
  • Keputihan
  • Nyeri haid
  • Uretritis atau peradangan pada uretra

Sayangnya, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa Karezza betul-betul bisa digunakan untuk mengobati berbagai kondisi di atas. 

Namun, Karezza memang mampu meningkatkan perasaan bahagia di otak. Hormon endorfin yang menyebabkan rasa bahagia dan menimbulkan rasa cinta ini tetap bisa dihasilkan dari aktivitas seks seperti ini.

Aktivitas seks Karezza bisa dilakukan melalui berpelukan, tersenyum, dan berciuman. Inilah yang bisa meningkatkan kadar hormon oksitosin di dalam tubuh.

Oksitosin adalah hormon yang bisa membantu mengurangi stres, sangat penting bagi orang millennial yang sibuk.

Bahkan, oksitosin yang dilepaskan di otak bisa memberikan efek menenangkan sehingga membantu tidur menjadi lebih nyenyak. Setelah kembali bangun dari tidur maka kamu bisa merasa lebih segar.

Sebuah penjelasan mengenai pentingnya tidur yang berpengaruh besar pada kesehatan diungkapkan oleh dr. Raymonde Jean dari St. Luke’s-Roosevelt Hospital Center, New York City, bahwa saat kamu tidur lebih nyenyak maka secara otomatis kualitas hidup akan menjadi lebih baik.

Tidur cukup juga membantu mengurangi radang dan nyeri. Penelitian menunjukkan orang yang kualitas tidurnya buruk atau kurang tidur memiliki kadar protein penyebab peradangan di dalam darah yang lebih tinggi.

3. Kesulitan dalam melakukan Karezza

3. Kesulitan dalam melakukan Karezza
Freepik/Bearfotos

Meski terlihat mudah dan biasa saja tetapi seks Karezza cukup sulit dilakukan bagi yang belum pernah mencobanya. Pasalnya, orgasme bukanlah tujuan akhirnya sehingga kamu perlu “menjinakkan” hasrat dan gairah seksual yang terus menggebu-gebu.

Kamu bisa mencoba mengulang-ulang aktivitas seks ini selama beberapa minggu. Kemudian, cobalah lihat perbedaannya.

Jika kamu sudah bisa melakukan aktivitas seks tanpa memiliki tujuan orgasme, lalu kamu tetap bisa melakukannya dengan santai mungkin kamu mulai berhasil melakukan seks Karezza.

Perhatikan kembali hubungan kamu terhadap kehidupan seksual kamu dan pasangan?

Kamu juga membutuhkan banyak latihan untuk menyempurnakan seks yang satu ini agar tak terasa membosankan. Pastikan bahwa kamu dan pasangan sama-sama berkomitmen untuk mencoba teknik ini sehingga bisa saling mendukung satu sama lain.

Itulah penjelasan dan keuntungan dari melakukan seks Karezza bersama pasangan dalam kehidupan sehari-hari.

Kamu bisa saling mencintai tanpa harus terus-menerus kecanduan untuk merasakan orgasme. Kamu mungkin bisa menyadari betapa indahnya memiliki seseorang di samping kamu yang memiliki rasa cinta dan kasih sayang hanya untuk kamu.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.