Eksklusif: Tika Bravani Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Demi Kebahagiaan Anak

Saling melengkapi peran satu sama lain, jadi kunci keharmonisan Tika Bravani dan Dimas Aditya

28 April 2021

Eksklusif Tika Bravani Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Demi Kebahagiaan Anak
Sweet Escape/Popmama.com
Photoshoot dilakukan secara virtual

Kehadiran seorang anak di dalam keluarga tentu memberikan sebuah arti tersendiri untuk pasangan suami istri, begitu juga yang dirasakan oleh Tika Bravani. 

Kehadiran Kalam Mahandika Jusuf yang lahir pada 6 Februari 2020 lalu, membuat Tika Bravani dan Dimas Aditya semakin sibuk dengan berbagai aktivitas menjadi orangtua. Walau sudah mempunyai anak, mereka berdua pun saling menjaga keharmonisan rumah tangga sekaligus bekerja sama dalam mengurus si Kecil. 

"Kalau kemarin saya dan Dimas lebih banyak mempelajari soal ASI sekaligus MPASI, sekarang kita belajar tentang cara merangsang perkembangan sensorik dan motorik di usia Kalam saat ini. Kita berdua juga belajar untuk memahami cara berkomunikasi dengan anak seusia Kalam," jelas Tika saat diwawancarai oleh Popmama.com pada Jumat (2/4/2021). 

Sebagai pasangan suami istri, Tika dan Dimas selalu berusaha untuk menikmati momen bersama dalam mengasuh putranya. Mereka berdua pun memperkaya diri melalui banyak sumber dan berusaha memilih cara yang tepat, tanpa langsung menelan setiap informasi secara mentah. 

"Kalau ada waktu luang memang kita berdua akan ngobrol membahas Kalam dan berbagai informasi parenting yang sudah didapat," ucap Tika. 

Dari pengalaman Tika ini, Mama pun bisa belajar terkait cara memperkaya diri berdasarkan ilmu-ilmu parenting untuk mengasuh anak. Mencari informasi dari berbagai sumber pun diperlukan, lalu memilahnya sesuai dengan kondisi anak dan cara mendidik yang berdasarkan kebutuhan. 

Jika Mama ingin mengetahui cerita lain dari Tika Bravani, kali ini Popmama.com telah melakukan sesi wawancara secara eksklusif dalam pemotretan virtual Millennial Mama of the Month Edisi April 2021 pada Jumat (2/4/2021). 

Simak rangkuman pengalaman dari Tika Bravani yang bisa menjadi inspirasi terutama tentang menjaga keharmonisan bersama pasangan, walau sudah memiliki anak. 

1. Dunia Tika Bravani dan Dimas sudah diisi sepenuhnya oleh kehadiran Kalam

1. Dunia Tika Bravani Dimas sudah diisi sepenuh oleh kehadiran Kalam
Popmama.com/Dimas Prasetyo
Photoshoot dilakukan secara virtual

Perjalanan pasangan suami istri setelah menikah dan mempunyai anak tentu akan berbeda, termasuk tantangan dalam menjalani setiap aktivitas keseharian. 

Hal inilah yang dirasakan oleh Tika Bravani setelah melahirkan Kalam. Di usia putranya yang sudah lebih dari satu tahun ini, Tika mengaku bahwa momen-momen dalam pernikahannya bersama Dimas sudah semakin banyak perubahan. 

"Ketika Kalam hadir di pernikahan saya dan Dimas tentu ada banyak perubahan yang terjadi. Kalau sekarang itu anak memang selalu menjadi nomor satu. Dulu mungkin karena dua serasa milik berdua, kalau sekarang itu dunia adalah Kalam," ucap Tika. 

Setelah mempunyai anak, Tika mengaku terjadi banyak perubahan, bahkan dunianya dan sang Suami sekarang ini semakin dipenuhi oleh Kalam. 

"Sampai kadang, kita kalau mau menciptakan momen yang romantis saja pasti Kalam merasa cemburu. Jadi secara keseluruhan rumah tangga kita memang berubah setelah punya anak, cuma kami berdua semakin bahagia. Jadi tidak masalah dengan perubahan tersebut," lanjut Tika. 

Kehadiran anak memang selalu menciptakan momen-momen baru yang indah bagi setiap orangtua ya, Ma. 

Editors' Picks

2. Tika Bravani merasa bersyukur dengan peran suaminya 

2. Tika Bravani merasa bersyukur peran suaminya 
Popmama.com/Dimas Prasetyo

Peran sebagai orangtua dijalani oleh Tika Bravani dan sang Suami dengan saling bekerja sama. Ia juga merasa bersyukur karena mempunyai pendamping yang bisa diajak untuk berkolaborasi dalam mengurus segala keperluan Kalam. 

"Menurutku pribadi, sejauh ini Dimas termasuk sosok suami sekaligus Papa yang baik sekali. Jadi dia itu termasuk pribadi yang ikut membantu, mulai dari memandikan atau menyuapi makan. Dimas mau untuk terjun langsung mengurus Kalam," ucap Tika. 

Sebagai seorang istri, Tika mengaku merasa sangat terbantu sekali dengan kehadiran dan kemampuan Dimas yang mau ikut membantu dalam mengurus anak pertama mereka. 

Tika pun bercerita kalau sang Suami memiliki perubahan karakter setelah Kalam lahir di tengah-tengah keluarga mereka.  

"Suami memang menjadi semakin care, namun cenderung overthinking. Dia merasa tanggung jawabnya menjadi bertambah dibandingkan yang dulu, jadi seorang suami sekaligus sosok Papa untuk Kalam. Kalau menurutku, Dimas jadi lebih panikan daripada dulu," jelasnya. 

Menjalani rutinitas mengurus anak bersama suami, Tika mengatakan bahwa mereka berdua termasuk pasangan yang bisa saling berkolaborasi satu sama lain. 

"Kita itu termasuk pasangan yang saling berganti-gantian dalam memberikan dukungan saat mengurus Kalam. Ketika saya mulai tidak waras, nanti Dimas akan menenangkan dan mengingatkan bahwa yang kita urus itu bayi. Lalu, sebaliknya ketika Dimas yang nggak sabaran justru saya akan menenangkan," tutur Tika. 

Menurut Tika kolaborasi sebagai orangtua itu sangat penting, sehingga tak ada yang merasa sendirian menjalani peran mengasuh si Kecil. 

3. Tika Bravani merasa khawatir saat mengurus anak di tengah pandemi Covid-19 

3. Tika Bravani merasa khawatir saat mengurus anak tengah pandemi Covid-19 
Popmama.com/Dimas Prasetyo

Dalam mengurus anak di tengah pandemi Covid-19, Tika Bravani sebagai seorang Mama memang butuh energi ektra untuk mengatasi rasa kekhawatiran terkait perkembangan Kalam ke depannya. Apalagi anaknya lebih banyak menghabiskan waktu di rumah agar terhindar dari paparan virus. 

"Saya pribadi memang ada rasa kekhawatiran, termasuk takut nanti Kalam jadi anti sosial atau mungkin akan merasa kaget dengan dunia luar. Bahkan saya pun terkadang khawatir kalau Kalam kurang merasakan sinar matahari," jelas Tika. 

Sebagai orangtua yang ingin menjaga kesehatan anaknya, Tika memang terkadang dilema mengajak Kalam untuk pergi ke luar rumah. Walau tujuannya karena hanya ingin bertemu keluarga. 

"Takutnya rasa khawatir saya pada akhirnya juga akan dirasakan oleh Kalam. Misalnya saja, apakah nanti dia merasa takut terkena virus dan jadi ansos. Kalau dari saya pribadi, rasa kekhawatirannya lebih seperti itu sih," ucapnya. 

4. Menurut Tika Bravani menjaga keharmonisan saat sudah punya anak sangat penting dilakukan

4. Menurut Tika Bravani menjaga keharmonisan saat sudah pu anak sangat penting dilakukan
Popmama.com/Dimas Prasetyo

Satu tahun memiliki Kalam tentu ada banyak perubahan yang terjadi di dalam hidup Tika Bravani dan Dimas. Maka dari itu, keduanya pun berusaha untuk menciptakan momen quality time ketika ada waktu bersama. 

"Walau sudah punya anak, kita berdua berusaha untuk menciptakan momen berkualitas bersama. Misalnya Kalam sudah tidur, biasanya kita nonton bersama di rumah sambil memesan makanan favorit. Walau terkadang ketika ditinggal Kalam suka menangis dan bangun dari tidur, tetapi nggak apa-apa yang penting sudah usaha untuk menciptakan momen berdua," jelas Tika. 

Menurut Tika Bravani menjaga keharmonisan saat sudah punya anak sangat penting dilakukan. Maka dari itu, ia tetap menciptakan momen-momen sederhana yang berkualitas bersama sang Suami walau harus menunggu anaknya tidur terlebih dahulu. 

"Menjaga keharmonisan itu penting sekali, apalagi harmonis termasuk bagian dari kebahagiaan. Kebahagiaan dari pasangan suami istri pun jadi bagian dari good parenting. Kalau misalnya saya dan Dimas tidak bahagia, ya kita berdua akan kesulitan untuk mendidik anak termasuk memberikan aura positif di dalam rumah," ucap Tika. 

"Jangan sampai menciptakan toxic relationship di dalam rumah tangga karena justru nanti anak yang akan kasihan," tutupnya. 

Nah, itulah beberapa pembelajaran yang bisa didapatkan dari sosok Tika Bravani. Walau harus fokus menjaga dan memantau perkembangan anak pertamanya, namun keharmonisan rumah tangga bersama pasangan tetap harus dibangun dengan baik. 

Semoga pengalaman dari Mama Tika ini bisa menjadi inspirasi tersendiri. Tetap semangat ya, Ma!

#MillennialMama of the Month Edisi April 2021 – Tika Bravani

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Lifestyle Editor - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter – Putri Syifa Nurfadilah & Ninda Anisya
Social Media - Irma Erdiyanti
Art Designer – Aldia Nadezhda Mediani
Photographer - Sweet Escape

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Tika Bravani
Millennial Mama

Tika Bravani

"Jangan overthinking, kunci sukses berpuasa saat pandemi"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk