Eksklusif: Radhini Ungkap Pertemanan yang Saling Suportif Bikin Hidup Lebih Bahagia

Simak juga tips dari Radhini untuk menjaga sebuah pertemanan, walau sudah menikah dan punya anak!

10 Oktober 2021

Eksklusif Radhini Ungkap Pertemanan Saling Suportif Bikin Hidup Lebih Bahagia
Instagram.com/radhini_

Sebagai makhluk sosial, setiap manusia tentu membutuhkan manusia lainnya untuk bersosialisasi dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Ketika sudah mempunyai pasangan dan menikah, kita sebagai manusia juga masih membutuhkan sahabat-sahabat terdekat untuk berbagi cerita atau sekadar berkeluh kesah. 

Hal ini juga dirasakan oleh Radhini Aprilya Hapsari atau yang sering disapa Radhini. Walau sudah menikah dan memiliki satu orang anak, namun Radhini tidak menutup dirinya dari lingkup pertemanan yang selalu membuatnya merasa nyaman. 

Jika Mama sering mendengar Podcast Rapot, tentu sudah tidak asing lain dengan beberapa sahabat dari Radhini. Ankatama, Reza Chandika, Randhini serta Natasha Abigail memang sudah saling dekat sejak masih bekerja di salah satu Radio di Jakarta. 

"Mereka bertiga ini termasuk orang-orang di sekitarku yang selalu memberikan dukungan tersendiri. Support dari mereka itu nyata banget, walau tidak setiap hari bertemu seperti dulu. Kalau sama mereka bertiga sudah tidak dikategorikan sebagai pertemanan lain, melainkan keluarga. Bisa dibilang mereka benar-benar orang nomor satu yang tahu apa saja. Selain suami, nomor duanya itu ya teman-teman Rapot," jelas Radhini, Kamis (22/9/2021).

Meski sudah tak satu kantor, namun Radhini dan ketiga sahabatnya itu masih sering bertemu serta membuat karya bersama dalam bentuk podcast. 

Radhini pun mempunyai perspektif tersendiri dalam memandang sebuah pertemanan di fase ini, apalagi kini sudah menikah dan memiliki anak. 

Jika Mama ingin mengetahui cerita dari Radhini terkait sebuah pertemanan ketika sudah berkeluarga, kali ini Popmama.com telah melakukan sesi wawancara secara eksklusif untuk Millennial Mama of the Month edisi Oktober 2021.

Simak rangkuman cerita dari Radhini yuk, Ma!

Editors' Picks

1. Pandangan Radhini terkait konsep pertemanan setelah menikah dan punya anak 

1. Pandangan Radhini terkait konsep pertemanan setelah menikah pu anak 
Instagram.com/radhini_

Semakin dewasa, lingkup pertemanan pelan-pelan akan semakin mengerucut. Bisa dibilang fase kehidupan dan kondisi lingkungan seolah secara tidak langsung membuat lingkungan pertemanan kita terseleksi dengan sendirinya. 

Teman-teman yang masih satu frekuensi dan sejalan dengan kita seolah tetap menjadi orang terdekat untuk sekadar bercerita. 

Hal ini juga dirasakan oleh Radhini, ada perbedaan antara pertemanan sebelum menikah dengan ketika sudah menikah dan punya anak. 

"Ketika sudah menikah dan punya anak, tanpa kita sadari lingkup pertemanan juga akan semakin mengerucut. Bisa dibilang, tidak semua teman dapat mengerti dengan kondisi yang terjadi pada kita ketika sudah berkeluarga," ucap Radhini. 

Ketika diwawancarai secara eksklusif, Radhini mengatakan bahwa pertemanan di matanya bukan lagi yang sifatnya sekadar nongkrong. 

"Definisi pertemanan yang sekarang itu sebenarnya sudah tidak harus selalu ketemu setiap hari, tetapi kita sendiri paham dan mengerti kalau dia selalu ada. Dia ada ketika kapan saja kita butuh ngobrol, telponan atau sekadar mengirim pesan via teks. Jadi, pertemanan di fase sekarang bukan yang hanya nongkrong sana sini," jelasnya. 

2. Menurut Radhini, penting sekali mempunyai lingkup pertemanan yang saling suportif

2. Menurut Radhini, penting sekali mempunyai lingkup pertemanan saling suportif
Instagram.com/radhini_

Ketika sudah menikah dan punya anak, tentu setiap orang mempunyai tantangan yang berbeda dalam menjalani sebuah kehidupan. Fase hidup pun dimaknai dengan cara yang berbeda dan jauh lebih dewasa, termasuk dalam membangun sebuah pertemanan yang sehat. 

Lingkup pertemanan yang saling support satu sama lain pun sangat dibutuhkan, apalagi ketika bisa diajak bercerita terkait masalah keluarga atau anak.

Pelantun lagu Sampai Nanti ini juga sependapat bahwa lingkup pertemanan yang bisa memberikan dukungan sangat penting sekali. Radhini beranggapan bahwa lingkungan pertemanan yang sehat dapat memberikan pengaruh tersendiri untuk diri sendiri, bahkan bisa membuat hati terasa lebih bahagia. 

"Menurut saya pribadi, penting sekali untuk mempunyai lingkup pertemanan yang bisa saling mendukung. Saya percaya bahwa kepribadian dan karakter kita itu tergantung dengan lingkungan sekitar, termasuk dalam sebuah pertemanan. Ketika berada di lingkungan yang orang-orang suportif dan mau berkembang bersama, maka kita pun akan menjadi orang yang lebih baik," ucap Radhini. 

Mama satu anak ini berpendapat bahwa penting sekali untuk pintar dalam memilih lingkungan pertemanan. 

3. Radhini bagikan tips menjaga sebuah pertemanan setelah menikah dan punya anak

3. Radhini bagikan tips menjaga sebuah pertemanan setelah menikah pu anak
Instagram.com/radhini_

Kehidupan setelah menikah dan punya anak tentu akan berbeda ya, Ma. Ini pun pada akhirnya bisa berpengaruh terhadap hubungan dengan orang-orang sekitar, termasuk teman. 

Kepada pembaca Popmama.com, Radhini membagikan sedikit tips untuk bisa menjaga sebuah pertemanan setelah menikah dan punya anak. Menurutnya, komunikasi satu sama lain sangat penting untuk dijaga dengan bak. 

"Pertama penting banget untuk jangan sampai lost contact dan terus jaga komunikasi, walau mungkin tidak seintens dulu. Selain itu, cobalah untuk memberikan perhatian-perhatian kecil ke satu sama lain," ucap Radhini. 

Perhatian kecil memang terkesan sederhana, namun hal tersebut dirasa penting bagi Radhini. Walau prioritas utama ketika sudah menikah harus fokus ke keluarga, tak ada salahnya untuk memberikan perhatian kecil ke teman-teman yang masih terbilang dekat. 

"Kalau sudah menikah dan usia semakin dewasa sudah pasti lingkup pertemanannya akan mengerucut dengan sendirinya, bisa dibilang ada seleksi tanpa kita sadari. Ketika ada teman yang masih saling dukung serta peduli, maka itu menjadi orang-orang terpilih dan sebaiknya hubungannya bisa terus dijaga," jelasnya. 

Sebagai pesan terakhir, Radhini pun mengingatkan untuk bijak dalam memilih lingkungan pertemanan. 

Nah, itulah sedikit cerita dari Radhini yang bisa dijadikan pandangan tersendiri mengenai membangun sebuah pertemanan walau sudah menikah. Semoga cerita kali ini bisa bermanfaat ya, Ma. 

Millennial Mama of the Month Edisi Oktober 2021 - Radhini Aprilya Hapsari

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Video Creator - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter - Putri Syifa Nurfadilah & Ninda Anisya
Social Media - Irma Ediarti
Video Editor - Jihan
Design - Shania Tabina Anandanoe

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Radhini
Millennial Mama

Radhini

"Selain mengurus keluarga, masih banyak orang yang harus saya bantu"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.