6 Fakta Bunuh Diri Massal 11 Anggota Keluarga di India

Kasus kematian ini bahkan dibuat serial dokumenter berjudul House of Secrets: The Burari Deaths

24 Oktober 2021

6 Fakta Bunuh Diri Massal 11 Anggota Keluarga India
Netflix.com

Serial House of Secrets: The Burari Deaths sedang populer dan banyak dibicarakan oleh banyak orang, termasuk perbincangan di media sosial. 

House of Secrets: The Burari Deaths merupakan serial dokumenter Netflix yang dirilis pada 8 Oktober 2021. Serial ini terdiri dari tiga episode yang berfokus pada kematian janggal serta misterius dari 11 anggota keluarga di lingkungan Burari Delhi pada tahun 2018 lalu.

Serial dokumenter ini disutradarai oleh Leena Yadav dan Anubhav Chopra dan diproduksi oleh A.R. Rahman dan Qutub-E-Kripa. Sejak dirilis, serial House of Secrets: The Burari Deaths sukses menarik banyak perhatian dan menjadi perbincangan di media sosial.

Bagaimana tidak, serial ini dapat membawa penonton melalui berbagai tahap investigasi, mengungkap banyak hal mengejutkan dan tak terduga tentang kasus kematian 11 anggota keluarga.

Nah, kali ini Popmama.com akan membahas mengenai fakta kematian 11 anggota keluarga di Burari, India. Langsung saja disimak yuk, Ma!

1. Kronologi ditemukannya mayat keluarga Chundawat

1. Kronologi ditemukan mayat keluarga Chundawat
Netflix.com

Keluarga Chundawat (juga dikenal sebagai keluarga Bhatia) telah tinggal di rumah dua lantai di lingkungan Sant Nagar Burari selama kurang lebih 20 tahun, setelah pindah dari kota asal mereka di Rajasthan. Di lingkungan tersebut, keluarga itu memiliki toko kelontong dan bisnis kayu lapis.

Suatu pagi, tetangganya bersama Gurcharan Singh sedang berjalan-jalan seperti yang biasa ia lakukan setiap hari dengan Lalit Chundawat. Kemudian ia mengamati ketidakhadiran Lalit Chundawat untuk jalan pagi. Selain itu, toko-tokonya pun belum buka seperti biasanya.

Kemudian Gurcharan melihat pintu rumah Chundawat terbuka dan ia menemukan 10 orang, termasuk Lalit Chundawat tergantung tak bernyawa di dalamnya. Dia langsung menelpon tetangga lain serta polisi untuk melaporkan kejadian tersebut.

2. Keluarga Chundawat tewas tergantung

2. Keluarga Chundawat tewas tergantung
Leisurebyte.com

Ke-10 anggota keluarga Chundawat ditemukan tewas tergantung di jaring besi pada langit-langir rumah. Sementara itu anggota keluarga tertua, yaitu sang Nenek ditemukan di kamar lain. Ia tampaknya tewas akibat dicekik. 

Mereka ditemukan dengan kondisi matanya yang ditutup dan mulutnya dilakban. Telinga mereka juga disumbat dengan kapas. Beberapa mayat ditemukan dengan tangan dan kaki terikat.  

Editors' Picks

3. Rumah tempat mayat ditemukan memiliki 11 pipa yang menonjol keluar

3. Rumah tempat mayat ditemukan memiliki 11 pipa menonjol keluar
Outlookindia.com

Pada rumah tempat kejadian perkara telah ditemukan adanya salah satu dinding yang terdapat 11 pipa. Jika diperhatikan secara detail, pipa tersebut menonjol keluar.

Penduduk setempat dan beberapa wartawan berita menganggap bahwa pipa-pipa ini memiliki kaitan dengan kematian 11 anggota keluarga. Apalagi jumlah anggota keluarga yang meninggal juga totalnya ada 11 orang.

Namun, kontraktor yang bekerja menangani alat kelengkapan pipa mengungkapkan bahwa dia tidak mengetahui adanya makna takhayul di balik kematian mereka. Ia berkata bahwa pipa tersebut dibuat untuk ventilasi.

4. Sebuah petunjuk dari buku harian Lalit

4. Sebuah petunjuk dari buku harian Lalit
Netflix.com

Pada tempat kejadian, ditemukan sebuah buku harian yang ditulis oleh Lalit.

Buku harian tersebut berisi tulisan tangan yang menerangkan bagaimana mayat-mayat ditemukan, yaitu dengan wajah tertutup, mulut diplester, dan telinga ditutup dengan kapas.

Tak hanya itu, buku harian tersebut juga menyebutkan bahwa setiap orang akan mengikat tangan mereka sendiri dan ketika ritual selesai maka semua orang akan saling membantu melepaskan ikatan tangan mereka.

Tulisan tersebut seperti memperlihatkan bahwa keluarga mereka tidak menginginkan kematian.

5. Salah satu keponakan Lalit baru bertunangan, tetapi dia tak pernah menceritakannya kepada rekan kerja

5. Salah satu keponakan Lalit baru bertunangan, tetapi dia tak pernah menceritakan kepada rekan kerja
Scoopwhoop.com

Priyanka, salah satu keponakan Lalit, baru saja bertunangan sebulan yang lalu. Anehnya, dia tidak pernah menceritakan mengenai momen-momen pertunangan tersebut kepada rekan di tempat kerja.

Priyanka bekerja di sebuah perusahaan IT di Delhi. Dalam film dokumenter itu terungkap bahwa tidak ada rekan kantor Priyanka yang tahu tentang pertunangannya. 

6. Bunuh diri karena gangguan mental

6. Bunuh diri karena gangguan mental
Netflix.com

Polisi yang melakukan penyidikan berspekulasi bahwa 10 anggota keluarga yang tewas menderita gangguan jiwa dan tewas gantung diri. 

Polisi menganggap bahwa gangguan mental pertama dialami oleh Lalit Bhatia dan ia menuntut pengorbanan anggota keluarga lainnya. Catatan tulisan tangan yang ditemukan dalam buku harian mengungkapkan bahwa Lalit dulunya "dirasuki roh" sang Papa yang memang sudah meninggal.

Nah, itulah 6 fakta mengenai kematian 11 anggota keluarga di India yang sempat diabadikan dalam serial dokumenter House of Secrets: The Burari Deaths.

Apakah Mama semakin penasaran dengan fakta sebenarnya di balik kematian 11 anggota keluarga Chundawat? 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.