11 Artis Perempuan Ini Pilih Cerai karena KDRT, Ada Thalita Latief

Masih ingat dengan kasus Manohara yang menghebohkan masyarakat Indonesia?

19 Oktober 2021

11 Artis Perempuan Ini Pilih Cerai karena KDRT, Ada Thalita Latief
Instagram.com/thalitalatief/nindyayunda

Mempertahankan rumah tangga hingga akhir hayat tentu menjadi keinginan banyak pasangan suami istri. Perceraian di tengah pernikahan pasti tidak ada yang menginginkannya. Namun, perceraian sebagai sebuah solusi harus dipilih sebagian pasangan karena berbagai alasan.

Begitu juga dengan artis Indonesia yang memilih cerai dengan pasangan mereka. Ada banyak penyebab, dari yang tidak adanya kecocokan lagi, perselingkuhan, sampai kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). 

Masalah artis yang mengalami KDRT memang tidak banyak yang dipublikasikan. Selain karena dianggap aib, perceraian karena KDRT juga dianggap bisa menjatuhkan salah satu pihak.

Berikut Popmama.com rangkum 11 artis perempuan ini pilih cerai karena KDRT, rumah tangga mereka menjadi sorotan.

1. Dhena Devanka

1. Dhena Devanka
Instagram.com/dhenafrizzy

Dhena Devanka dan Jonathan Frizzy (Ijonk) memilih untuk bercerai setelah 9 tahun menikah. Salah satu alasan pasangan ini bercerai, yakni karena adanya KDRT di antara mereka.

Baik Ijonk dan Dhena saling melaporkan satu sama lain. Pasangan ini melaporkan kasus KDRT yang terjadi dan mereka alami masing-masing selama menjadi pasangan suami istri.

2. Thalita Latief

2. Thalita Latief
Instagram.com/thalitalatief

Aktris Thalita Latief juga bercerai dari suaminya, Dennis Lyla pada Juli 2021 ini. Berdasarkan keputusan pengadilan, Thalita mendapatkan hak asuh anak dan tidak menuntut nafkah anak kepada mantan suaminya. 

Salah satu alasan perceraian Thalita dan Dennis, yakni adanya KDRT. Thalita Latief mengaku mendapat perlakuan kasar dari Dennis Lyla selama masih menikah. 

3. Nindy Ayunda

3. Nindy Ayunda
Instagram.com/nindyayunda

Rumah tangga Nindy Ayunda dan suaminya, Askara Parasady Harsono terkenal harmonis. Oleh karenanya publik tak menyangka saat keduanya dikabarkan akan berpisah di pengadilan.

Alasan Nindy bercerai dari suaminya karena mengalami KDRT selama menikah. Nindy Ayunda sempat melaporkan suaminya karena kasus KDRT ke Polres Jakarta Selatan sejak 19 Desember 2020.

Resmi bercerai di bulan Mei 2021, hak asuh anak jatuh ke tangan Nindy. Pengadilan agama mengabulkan seluruh tuntutan Nindy saat itu termasuk hak asuh anak, hingga biaya dan nafkah yang harus diberikan Askara kepada anak mereka.

4. Ratu Rizky Nabila

4. Ratu Rizky Nabila
Instagram.com/raturn

Ratu Rizky Nabila resmi cerai dengan Alfath Fathier pada 5 Mei 2021 setelah membangun rumah tangga sejak 29 Maret 2020. Ratu seperti dikutip beberapa berita baru mengenal beberapa hari sosok suaminya sebelum menikah.

KDRT menjadi salah satu alasan Ratu Rizky ingin bercerai. Selain itu, banyak drama yang mewarnai perceraian pasangan ini. 

Misalnya, saat Alfath Fathier meminta tes DNA usai Ratu Rizky Nabila melahirkan bayi laki-laki pada 12 Mei 2021. Alfath juga pernah menuding Ratu Rizky melakukan prostitusi online saat sedang hamil.

Editors' Picks

5. Aska Ongi

5. Aska Ongi
Instagram.com/askaongi

Peceraian Aska Ongi dengan Aliff Alli juga cukup heboh dan menyita perhatian. Pasalnya, ada beberapa drama yang mewarnai perceraian pasangan ini. 

Beberapa alasannya, Aska Ongi menyebut kalau Aliff hobi 'jajan' dan mempunyai karakter yang temperamental. 

Aska Ongi juga sempat melaporkan Aliff Alli ke Polda Metro Jaya dengan dugaan KDRT. Aska mengungkap bahwa KDRT itu terjadi beberapa kali saat dirinya tengah mengandung.

6. Vinessa Inez

6. Vinessa Inez
Instagram.com/vinessainez

Bintang sinetron Vinessa Inez bercerai dari suaminya, Ryan Deye karena beberapa alasan. Padahal saat itu pernikahan mereka terbilang seumur jagung.

Artis FTV itu mengaku kalau ia telah dianiaya suaminya. Vinessa mengungkapkan kalau Ryan sempat memukulnya dengan sapu lidi.

Ia tak menampik ada insiden sapu lidi itu, tetapi cerita Vinessa terlalu berlebihan. Sebab menurutnya, kejadian pemukulan itu sangat pelan yang bahkan anak kecil saja tidak akan menangis.

7. Gracia Indri

7. Gracia Indri
Instagram.com/graciaz14

Empat tahun menikah, rumah tangga Gracia Indri dan David NOAH harus berakhir di meja hijau. Keduanya resmi berpisah pada 3 Mei 2018 lalu.

Persidangan pasangan ini berlangsung cukup cepat dan tanpa hambatan. Salah satu alasannya karena hakim guna memutuskan adanya kekerasan dalan rumah tangga (KDRT).

Selain itu, David NOAH juga terbukti tidak memberikan nafkah kepada Gracia Indri. Sebelum keduanya bercerai, rumah tangga pasangan ini memang sempat diterpa isu miring sejak tahun 2016.

8. Joy Tobing

8. Joy Tobing
Instagram.com/joydestinytobing

Saat ini, Joy Tobing sudah menikah lagi dengan salah seorang Kolonel TNI. Sebelum menikah untuk kedua kali, pernikahan Joy Tobing dan Daniel Sinambela harus berakhir di persidangan dengan berbagai drama yang menyertai.

Di persidangan pertama, Joy mengungkapkan kalau perselingkuhan suaminya itu menjadi alasan ia ingin bercerai dengan Daniel. Selain isu perselingkuhan, dugaan KDRT juga diduga kuat menjadi alasan Joy mendaftarkan perceraian ke pengadilan.

9. Yuni Shara

9. Yuni Shara
Instagram.com/yunishara36

Meski hanya sebentar, Yuni Shara sempat menikah dengan suami pertamanya bernama Raymond Manthey. Raymond Manthey menikah dengan Yuni Shara pada tahun 1993. 

Pernikahan Raymond Manthey dan Yuni Shara hanya bertahan selama empat bulan. Meski singkat, Yuni mengaku sempat trauma dengan pernikahannya dengan Raymond itu.

Dalam salah satu wawancara, Yuni mengaku kalau dari pertama menikah ia sudah mengalami KDRT. Karena itu terjadi saat ia masih muda, sehingga sangat membekas baginya.

10. Manohara

10. Manohara
Instagram.com/manodelia

Kisah perceraian Manohara dengan Tengku Muhammad Fakhry sempat menghebohkan masyarakat Indonesia pada masanya. Saat menikah dengan suaminya, Manohara Odelia Pinot masih berusia 17 tahun pada 26 Agustus 2008.

Rupanya menjadi anggota keluarga kerajaan ternyata tak membuat hidup Manohara dipenuhi kebahagiaan. Manohara mengalami KDRT saat menjadi istri Tengku Muhammad Fakhry.

Ia bahkan sudah diperlakukan kasar oleh sang Suami sejak malam pertama. Manohara baru bisa pulang dari Malaysia ke Indonesia pada 31 Mei 2009, dengan sayatan di beberapa bagian tubuh.

Bahkan, ada bekas sundutan rokok yang konon dilakukan oleh mantan suaminya itu.

11. Maia Estianty

11. Maia Estianty
Instagram.com/maiaestiantyreal

Peceraian Ahmad Dhani dengan Maia Estianty diwarnai banyak hal. Hal utama yang paling diketahui pulik, yakni isu perselingkuhan Ahmad Dhani dengan rekan satu tim Maia di Ratu.

Namun, di tahun 2021 ini Maia mengungkapkan hal mengejutkan di balik keretakan rumah tangganya dengan Dhani. Tampil di YouTube CURHAT BANG Denny Sumergo pada 30 Agustus 2021, Mama dari Al El Dul ini mengatakan bahwa ada alasan lain yaitu KDRT.

Saat itu, ia meminta izin pengadilan untuk pisah rumah dengan Ahmad Dhani. Kini mereka berdua sudah menjalani pernikahan dengan pasangannya masing-masing.

Itulah tadi deretan artis perempuan yang memilih cerai karena KDRT. Beberapa kasus perceraian mereka ini jadi sorotan banyak orang pada masanya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.