Eksklusif: Satu Dekade Menikah, Viola Maria Sebut Daniel Mananta Sosok Penyayang Keluarga

Lebih bijaksana dan dewasa membuat Viola merasa semakin dicintai Daniel Mananta

28 September 2021

Eksklusif Satu Dekade Menikah, Viola Maria Sebut Daniel Mananta Sosok Penyayang Keluarga
Dok Popmama.com

Ikatan pernikahan tentunya tidak bisa kuat dalam waktu semalam. Butuh kerja sama dan usaha keduanya untuk bisa menjalin hubungan harmonis selama bertahun-tahun dalam sebuah pernikahan.

Viola Maria, istri dari Daniel Mananta menceritakan sosok suaminya itu dengan bangga. Kisah pernikahan Millennial Couple of The Month September 2021 ini memang penuh cerita setelah 10 tahun menikah.

Ketika ditanya soal Daniel, Viola menceritakan beberapa hal. Mulai dari sikap dan sifat presenter itu yang makin dewasa hingga kebiasaan mereka berdua di rumah. Rupanya pasangan ini bisa memperbincangkan topik diskusi yang bermacam-macam setiap hari.

Bagaimana perubahan sosok Daniel Mananta dari sebelum menikah hingga kini menjadi seorang Papa? Viola Maria menceritakan dari sudut pandangnya nih.

Berikut Popmama.com rangkum cerita selengkapnya!

1. Daniel Mananta disebut lebih dewasa dan bijaksana sekarang

1. Daniel Mananta disebut lebih dewasa bijaksana sekarang
Dok Popmama.com

Ada beberapa hal yang dirasakan Viola ketika menjalin hubungan hingga menikah dengan Daniel Mananta sampai sekarang. Jika dibandingkan saat pacaran, Viola menyebut suaminya sangat jauh lebih dewasa. 

Mama 2 anak ini juga menyebut seiring perjalanan mereka berumah tangga, nilai-nilai soal hubungan keluarga dan kebaikan dalam diri Daniel terus bertambah. 

Daniel senantiasa berusaha menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya. Kedekatan Daniel Mananta kepada Tuhan disebut Viola turut membantunya banyak berubah. 

"Daniel selalu berusaha untuk menjadi orang yang lebih baik, dia tidak pernah berhenti berusaha (untuk selalu berkembang). Khususnya sejak dia lebih dekat dengan Tuhan, terlihat bagaimana kasih Tuhan membantunya dan membuat dia menjadi orang yang lebih baik," tutur Viola dalam wawancara khusus dengan Popmama.com.

Banyaknya perubahan baik dalam diri suaminya membuat Viola semakin kagum dengan Daniel. Bahkan, tak jarang ada beberapa momen yang membuat Viola tak menyangka Daniel bisa seperti itu.

"Karena dulu ketika kita berpacaran dia lumayan egois, tetapi sekarang tidak egois sama sekali. Perubahan itu butuh beberapa tahun dan butuh banyak kesabaran, tentunya banyak dibantu oleh Tuhan," pungkasnya.

Editors' Picks

2. Lebih dekat dengan Tuhan, membuat hubungan Daniel dan Viola tetap kuat

2. Lebih dekat Tuhan, membuat hubungan Daniel Viola tetap kuat
Dok Popmama.com

Lebih bijaksana dan dewasa juga membuat Viola merasa semakin dicintai suaminya tersebut. Oleh karenanya, Viola selalu berdoa kepada Tuhan untuk membantu Daniel terus berproses menjadi pribadi yang baik setiap harinya.

"Saya berdoa 'Tuhan, saya tahu saya tidak bisa mengubah dia, tetapi tolong bantu dia'. Ternyata itu berhasil. Tuhan mendengar hal itu. Seolah dengan bantuan Tuhan saya tahu apa yang harus saya lakukan sehingga bisa memahami Daniel lebih baik," tutur Viola.

Tentunya, ketika Daniel berproses menjadi lebih baik Viola pun tak mau ketinggalan. 

Sama-sama berproses, ini membuat cinta dan kasih sayang dari keduanya makin bertambah. Meski banyak pertengkaran dan cobaan dalam rumah tangga yakin bisa dihadapi ketika berpangku pada Tuhan.

"Saya selalu mencintai dia, saya tidak pernah menyerah untuk dia agar menjadi lebih baik. Karena saya tahu saya juga tidak sempurna, saya juga butuh bantuan Tuhan, jadi kita harus saling sabar satu sama lain," tuturnya.

3. Viola selalu bisa kagum dengan hal yang dilakukan Daniel selama ini

3. Viola selalu bisa kagum hal dilakukan Daniel selama ini
Dok. Popmama

Naik-turun perasaan tentu dialami Viola sepanjang perjalanan hubungannya dengan Daniel Mananta. Mulai dari berpacaran lalu menikah hingga kini punya 2 anak, gejolak itu tak mungkin jika tidak dirasakan. 

Semakin dalam dan jauh mengenal Daniel, Viola menemukan kekurangan. Tak hanya kekurangan suaminya, Viola juga sadar kekurangan dalam dirinya sendiri.

Namun, ada satu nilai dalam diri presenter itu yang membuat Viola kagum sejak dulu, perasaan kagum itu diakuinya tidak pernah berubah.

Bagi Viola, Daniel adalah sosok yang pintar dan punya pemikiran tersendiri dalam memandang kehidupan. 

"Dia juga sangat sangat disilipin, ketika dia memutuskan untuk melakukan sesuatu, dia akan melakukannya. Itu yang membuat saya bangga dengan dia," tutur Viola Maria.

Memutuskan menikah dengan Daniel, tidak semua sifat dan karakter dalam diri Viola cocok dengan suaminya. Sebab, sosok Daniel dan Viola rupanya sangat berbeda jauh lho. Oleh karenanya Viola dulu harus benar-benar meyakinkan dirinya ketika memutuskan akan memilih Daniel sebagai pendamping hidupnya.

"Saya bilang ke diri saya, 'Viola, kamu harus menikah dengan seseorang yang bisa selalu kamu kagumi, mungkin bukan dalam semua hal, tapi dalam satu hal yang kamu bangga dengan dia'. Penting untuk memiliki sesuatu yang kita banggakan dari pasangan kita. Saya sendiri sangat kagum dengan kedisiplinan dan dedikasi pada hal yang dia kerjakan," pungkasnya. 

4. Menjadi seorang Papa, Daniel rupanya makin sayang ke keluarga

4. Menjadi seorang Papa, Daniel rupa makin sayang ke keluarga
Dok. Popmama.com

Memiliki 2 orang anak membuat hubungan Daniel dan Viola makin erat. Bagi Viola, suaminya itu punya cara yang 'keren' untuk berinteraksi dengan kedua anak mereka. 

"Contohnya ketika anak pertama kami lahir, Mila, dia selalu bangun malam hari dan mengganti popoknya. Dia juga pintar dan suka merawat Mila, itu menjadi waktu spesial mereka. Mila akan tertawa dan senyum ke Daniel saat dia membawanya keliling pakai gendongan atau baby carrier," cerita Viola.

Hal yang dilakukan Daniel itu belum banyak disadari bisa membentuk ikatan dan interaksi yang kuat antara Papa dan anaknya. 

Melihat Daniel tak segan mengurus anak mereka saat bayi membuat Viola sadar. Banyak aspek dalam diri Daniel dan dirinya yang saling melengkapi hubungan mereka. Hal itu membuat dinamika dan hubungan cinta keduanya terjalin makin hangat dan terus berkembang seiring waktu berjalan.

"Di sisi lain saya suka masak, dan dia tidak suka, bahkan jarang ke dapur. Namun, sisi lain dia sangat teratur, dan saya suka itu. Kami punya perbedaan kekuatan dan kelemahan dan tidak penting juga 'laki-laki harus ini' atau 'perempuan harus ini'. Kami sama-sama terlibat dalam banyak hal yang terjadi di keluarga," tutur Viola. 

Memiliki hubungan rumah tangga dengan ikatan yang kuat tentu butuh proses panjang. Sebagai pasangan, kita bisa menuai hasil dan proses itu kelak.

Sabar dan disiplin, tentunya berdoa pada Tuhan adalah hal-hal yang ditempuh Daniel dan Viola untuk tetap kuat dan bertahan selama ini. Wah, nilai-nilai mereka ini patut dicontoh ya, Ma!

Millennial Couple of the Month Edisi September 2021 - Daniel Mananta & Viola Maria

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Video Creator - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter - Putri Syifa Nurfadilah & Ninda Anisya
Social Media - Irma Ediarti
Video Editor - Bima Bintoro
Design - Hilyatul Auliya Habib & Shania Tabina Anandanoe
Foto Editor - Razka Ramadhan

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Daniel Mananta & Viola Maria
Millennial Mama

Daniel Mananta & Viola Maria

"Kami ingin orang mencintai hidupnya dan memiliki harapan baru"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.