Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri Pasangan

Rasa tidak percaya diri yang dibiarkan berlarut-larut bisa memicu konflik dan keretakan hubungan.

25 Januari 2023

7 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri Pasangan
Pexels/Samson-katt

Pada momen-momen tertentu, Mama atau pasangan pernah merasa tidak percaya diri dan meragukan kemampuan diri sendiri. Rasa minder dan tidak percaya diri umumnya disebabkan oleh kegagalan seperti ditolak kerja, gagal memenangkan proyek baru, ataupun pernah ditolak oleh seseorang. 

Rasa tidak percaya diri tersebut bisa berdampak negatif pada diri sendiri sekaligus hubungan asmara bersama pasangan. Rasa minder yang dibiarkan berlarut-larut bisa memicu konflik hingga keretakan hubungan. 

Lantas, bagaimana cara membantu pasangan mendapatkan kepercayaan dirinya kembali? Berikut Popmama.com merangkum beberapa cara meningkatkan kepercayaan diri pasangan agar hubungan asmara tetap harmonis. 

1. Jangan menyalahkan pasangan

1. Jangan menyalahkan pasangan
Pexels/Ketut-subiyanto

Hal pertama yang perlu Mama lakukan adalah jangan menyalahkan atau menjauhi pasangan ketika ia merasa tidak percaya diri. Menghadapi pasangan yang tidak percaya diri memang tidak mudah. Terkadang terbesit rasa ingin marah dan meninggalkannya. 

Namun, jangan pernah menyalahkan pasangan atas ketidakpercayaan dirinya. Apapun alasannya, menyalahkan atau memarahi pasangan yang sedang tidak percaya diri hanya membuat pasangan semakin terpuruk dan bisa menimbulkan keretakan hubungan asmara. 

2. Jadi pendengar yang baik

2. Jadi pendengar baik
Pexels/William-fortunato

Untuk mengembalikan rasa percaya diri pasangan, Mama sebaiknya mengajaknya berbicara dari hati ke hati. Jadilah pendengar yang baik untuk mendengarkan segala curhatan pasangan mengenai kegagalannya dan penyebab rasa tidak percaya dirinya muncul. 

Mama mungkin tidak mengerti inti masalahnya atau tidak dapat memberikan solusi atas kegagalannya. Namun, menjadi pendengar yang baik sudah membantu pasangan merasa dihargai dan didukung. Hal itu juga bisa membantu pasangan berproses untuk mengembalikan rasa percaya dirinya lagi. 

Editors' Picks

3. Jangan memaksa pasangan berpikiran positif

3. Jangan memaksa pasangan berpikiran positif
Pexels/Tim-douglas

Jangan paksa pasangan untuk berpikir positif ketika dia sedang merasa tidak percaya diri. Memaksanya untuk berpikir positif hanya membuat pasangan semakin dihantui oleh perasaan bersalah, sedih, dan pikiran-pikiran negatif lainnya. 

Bantu pasangan untuk mengungkapkan perasaan atau pikiran negatif yang memenuhi kepalanya. Biarkan pasangan mengungkapkan semuanya hingga ia merasa lega dan mengetahui apa yang harus dilakukan ke depannya. 

4. Memberikan pujian

4. Memberikan pujian
Pexels/Ketut-subiyanto

Ketika pasangan berkeluh kesah tentang kegagalannya, Mama bisa memberikan kata-kata positif untuk menghargai kerja kerasnya atau proses yang telah dilalui. Kata-kata positif itu dipercaya bisa membuat pasangan lebih bahagia, merasa dihargai, dan berproses untuk berpikir positif juga. 

Kalimat-kalimat seperti “aku bangga padamu” atau “kamu orang yang pantang menyerah” sudah cukup menunjukkan bahwa pasangan masih memiliki orang-orang yang mau mendukungnya saat ia jatuh. Kalimat-kalimat sederhana itu tanpa sadar membuat pasangan lebih bersemangat dan percaya diri menjalani hidup. 

5. Menghabiskan waktu bersama

5. Menghabiskan waktu bersama
Pexels/Katerina-holmes

Jika pasangan mama bukan tipe orang yang suka berkeluh kesah dengan mudah, maka Mama cukup berada di sisinya tanpa memaksanya untuk bercerita. Mama bisa menghabiskan waktu bersama pasangan dengan menonton film, atau sekedar main game di rumah. 

Keberadaan mama telah membantu pasangan untuk menghargai hidup dan menghapus pikiran-pikiran negatif di kepalanya. Ada saatnya pasangan akan bercerita dengan sendirinya mengenai masalah-masalah yang sedang dihadapi. Terpenting adalah Mama tidak meninggalkannya selama ia merasa tidak percaya diri. 

6. Mengajak olahraga

6. Mengajak olahraga
Pexels/Andres-ayrton

Mengajak pasangan berolahraga juga bisa dijadikan alternatif untuk mengembalikan rasa percaya diri pasangan. Pasalnya, olahraga dapat merangsang produksi hormon endorfin yang bisa mencegah stres dan menghilangkan pikiran-pikiran negatif. 

Olahraga juga bisa membantu pasangan meningkatkan rasa percaya diri untuk menghadapi hari-hari ke depan. Artinya, tubuh pasangan menjadi lebih sehat secara fisik maupun mental karena berolahraga. 

7. Menyadarkan pasangan bahwa semua orang pernah gagal

7. Menyadarkan pasangan bahwa semua orang pernah gagal
Pexels/Budgeron-bach

Terakhir, buat pasangan menyadari bahwa setiap orang pernah gagal dan disakiti. Ungkapkan kalimat-kalimat terbaik yang bisa menyadarkan pasangan bahwa ia telah melalui proses yang panjang dan melelahkan. 

Beri tahu dia juga bahwa melewati proses yang panjang itu tidak mudah dan dia termasuk golongan orang-orang hebat karena bisa melalui proses tersebut. Selama membantu menyadarkan pasangan, hindari melontarkan kritikan-kritikan yang justru bisa memperburuk keadaan. 

Seseorang merasa minder dan tidak percaya diri memang hal yang wajar. Terpenting adalah Mama selalu berada di samping pasangan dan memberi dukungan agar rasa percaya dirinya kembali lagi. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk