TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

12 Artis Korea yang Punya Kembaran, Ada Jo Kwangmin dan Youngmin

Tak banyak yang tahu bahwa sejumlah artis Korea Selatan ini mempunyai kembaran

15 Agustus 2022

12 Artis Korea Pu Kembaran, Ada Jo Kwangmin Youngmin
Dok. Singles Magazine/theqoo.net

Mempunyai saudara kembar memang terdengar menyenangkan. Pasalnya, sosok tersebut bisa menjadi seseorang yang selalu ada menemani, baik suka atau duka. Berbagai kenangan menyenangkan bisa dilewati bersama.

Sering tampil di layar kaca, ternyata sederet artis Korea Selatan ini memiliki saudara kembar. Bahkan, beberapa dari mereka ada yang sama-sama meniti karier di industri hiburan, hingga ada pula yang debut di dalam satu grup yang sama.

Selalu terlihat kompak dalam berbagai kesempatan, berikut Popmama.com telah rangkum sejumlah artis Korea yang punya kembaran. Kira-kira ada idola mama nggak, ya?

1. Han Ji Hyun dan Han Seung Soo

1. Han Ji Hyun Han Seung Soo
kstarlive.com

Kalau Mama mengikuti drama Korea ‘The Penthouse’, pasti sudah tidak asing lagi dengan aktris Han Ji Hyun yang berperan sebagai tokoh Joo Seok Kyung. Banyak yang tidak tahu bahwa aktris muda dengan otak cemerlang ini memiliki saudara kembar fraternal atau tidak identik.

Menariknya lagi, saudara kembar Han Ji Hyun berjenis kelamin laki-laki yang bernama Han Seung Soo. Kakak-beradik ini sama-sama menekuni dunia modelling sejak usia mereka masih muda. Han Seung Soo lahir dua menit setelah Han Ji Hyun.

2. Jo Kwangmin dan Jo Youngmin eks BOYFRIEND

2. Jo Kwangmin Jo Youngmin eks BOYFRIEND
Naver.com

Mereka berdua termasuk artis kembar yang paling populer di kalangan penggemar K-Pop.

Jo Kwangmin dan Jo Youngmin memulai debutnya bersama sebagai anggota boyband BOYFRIEND pada tahun 2011 silam. Mereka dikenal sebagai Jo Twins.

Namun sayangnya, kini grup naungan Starship Entertainment tersebut sudah bubar dengan masing-masing anggotanya telah memiliki jalan karier masing-masing.

Jo Youngmin lahir enam menit lebih awal, sehingga membuat Jo Kwangmin menyandang status sebagai seorang adik.

3. Choa dan Way eks CRAYON POP

3. Choa Way eks CRAYON POP
soompi.com

Tidak hanya Kwangmin dan Youngmin yang berkesempatan debut di dalam satu grup sama. Ada pula Choa dan Way yang merupakan anggota dari girlband CRAYON POP. Keduanya terlahir sebagai adik-kakak kembar identik, sehingga membuat banyak orang awalnya susah membedakan mereka.

Bahkan, keduanya memiliki sub-unit CRAYON POPbernama Strawberry Milk. Meski grup yang membesarkan nama mereka sudah bubar, namun Choa dan Way masih aktif muncul di dunia hiburan.

Choa diketahui lahir beberapa menit lebih dulu dari Way.

4. Hyoyoung eks 5Dolls dan Hwayoung eks T-ARA

4. Hyoyoung eks 5Dolls Hwayoung eks T-ARA
aminoapps.com

Mempunyai paras serupa, Hyoyoung dan Hwayoung ialah pasangan kembar yang sama-sama berkarier di industri hiburan sebagai anggota girl group. Mereka tidak berada di dalam satu grup yang sama.

Hyoyoung merupakan anggota dari Coed School dengan sub-unit bernama 5Dolls, sedangkan Hwayoung sendiri pernah aktif menjadi anggota girlband T-ARA.

Hyoyoung menyandang status sebagai anak tertua, karena lahir lebih dulu dari Hwayoung.

5. Donghyun AB6IX dan Kim Taehyun

5. Donghyun AB6IX Kim Taehyun
Twitter/timetoKDH

Tak banyak yang tahu bahwa main visual AB6IX, yakni Kim Donghyun, ternyata mempunyai saudara kembar laki-laki bernama Kim Taehyun. Donghyun termasuk idol yang sangat menjaga privasi keluarganya.

Ia tidak pernah mengunggah foto bersama saudara kembarnya tersebut. Informasi tentang kembarannya itu pun juga tidak terlalu banyak beredar. Sehingga, para penggemar pun hanya bisa melihat foto kebersamaan Donghyun dengan Taehyun saat keduanya masih kecil saja.

Editors' Picks

6. Daeryong dan Soryong eks TASTY

6. Daeryong Soryong eks TASTY
Instagram.com/daeryong2020

TASTY adalah grup duo yang dibentuk oleh Woollim Entertainment pada tahun 2012. Grup tersebut berisi dua member yang ternyata berstatus sebagai saudara kembar identik, yaitu Daeryong dan Soryong.

Sayangnya pada tahun 2015, kakak-beradik ini memilih untuk meninggalkan agensi dan kembali ke negara asal mereka, yaitu Tiongkok. Mereka pun merintis karier dari awal dengan debut sebagai duo menggunakan nama Hanch Brother.

7. Bang Yongguk eks BAP dan Bang Yongnam

7. Bang Yongguk eks BAP Bang Yongnam
Instagram.com/foreverkpop1004

Beberapa tahun lalu, warganet sempat dikejutkan dengan beredarnya sebuah foto seseorang yang kala itu dikira sebagai Bang Yongguk.

Namun ternyata setelah dicari tahu lebih lanjut, foto tersebut ialah saudara kembar identik Bang Yongguk, yang bernama Bang Yongnam. Saat ini, Bang Yongnam fokus menjadi seorang konten kreator dengan kanal YouTube bernama Bangbaek Film.

8. Xion ONEUS dan Dongmyeong ONEWE

8. Xion ONEUS Dongmyeong ONEWE
Twitter.com/official_ONEUS

Walau awalnya menjadi trainee di agensi berbeda, namun kini Xion dan Dongmyeong telah bernaung dalam perusahaan yang sama, yaitu RBW Entertainment.

Meski tidak dalam satu grup yang sama, tetapi ONEWE dan ONEUS dikenal sebagai grup kakak-beradik oleh penggemar K-Pop. Pasalnya, mereka debut di waktu berdekatan.

Xion menempati posisi sub-vocalist di ONEUS, sedangkan Dongmyeong merupakan pemain keyboard di ONEWE.

9. Luna f(x) dan Park Jinyoung

9. Luna f(x) Park Jinyoung
askactor.com

Luna adalah main vocalist dari girl group naungan SM Entertainment bernama f(x). Perempuan bernama asli Park Sunyoung ini mempunyai saudara kembar perempuan yang lahir beberapa menit sebelum dirinya, bernama Park Jinyoung.

Berbeda dengan Luna, Jinyoung bukanlah seorang artis. Kendati begitu, ia juga memiliki suara emas seperti Luna, lho. Di tahun 2017, keduanya tampil duet dalam program ‘Immortal Songs’ menyanyikan lagu yang didedikasikan untuk sang Papa.

10. Been dan Jin MVP

10. Been Jin MVP
Koreaboo.com

MVP merupakan boy group yang debut dalam naungan PH Entertainment pada tahun 2017 silam. Grup ini memiliki dua orang anggota yang ternyata ialah saudara kembar, yaitu Jin dan Been.

Tidak hanya mempunyai paras yang mirip, keduanya juga sama-sama dipercaya menempati posisi sebagai vokalis dalam grup. Untuk membedakan mereka, Jin memiliki tahi lalat di atas bibir, sedangkan tahi lalat Been terletak di hidungnya.

Nggak susah membedakan kakak beradik ini kan, Ma?

11. Dayun dan Gayun COCO

11. Dayun Gayun COCO
Instagram.com/gadayun0821

Kemudian, ada Dayun dan Gayun yang sama-sama lahir pada 21 Agustus 2009. Keduanya merupakan anggota girl group anak-anak naungan Fancy Factory bernama COCO.

Jika kebanyakan grup di luar sana memiliki maknae alias anggota termuda satu orang, maka berbeda dengan grup satu ini. COCO mempunyai dua orang maknae yang berstatus sebagai saudara kembar, yaitu Dayun dan Gayun.

12. Junsu JYJ dan Kim Junho

12. Junsu JYJ Kim Junho
Dok. Istimewa

Salah satu anggota JYJ, yakni Kim Junsu, ternyata memiliki saudara kembar laki-laki bernama Kim Junho. Keduanya lahir sebagai kembar fraternal, sehingga parasnya masih mudah dibedakan.

Junho mengikuti jejak Junsu untuk berkecimpung di dunia hiburan. Bedanya, Junsu lebih suka mengasah bakatnya sebagai seorang penyanyi, sedangkan Junho lebih fokus meniti kariernya sebagai seorang aktor.

Nah, jadi itulah sederet artis Korea yang punya kembaran. Menurut Mama, siapa saudara kembar yang paling susah dibedakan?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk