TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Ciri Menikah dengan Pasangan yang Setia

Salah satunya pasangan termasuk orang yang bisa diandalkan

17 Agustus 2022

7 Ciri Menikah Pasangan Setia
Pexels/George Pak

Kesetiaan menjadi salah satu bukti nyata untuk menunjukkan kesetian Mama terhadap pasangan. Nyatanya di dunia ini terdapat ciri-ciri kepribadian yang menunjukkan bahwa seseorang tersebut memiliki kesetiaan dalam menjalani hubungan.

Tetapi, penting untuk mengingat bahwa manusia bersifat kompleks, kepribadian yang dimiliki seseorang tidak bisa menjadi acuan untuk melabeli orang akan setia dalam hubungan untuk selamanya.

“Meskipun kepribadian adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan untuk menilai kesetiaan dalam hubungan, namun itu seharusnya tidak menjadi faktor penilaian utama,” kata Jonathan Bennett selaku pakar hubungan dan kencan di Double Trust Dating.

Ia juga menerangkan bahwa seseorang bisa memilih untuk berselingkuh atau tetap setia, jadi jangan menilai pasangan Mama terlalu dini hanya karena mereka memiliki sifat kepribadian tertentu. Namun, tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa sifat yang menunjukkan ciri-ciri orang setia saat menjalin hubungan.

Dilansir dari laman Bustle, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa ciri-ciri pasangan yang setia.

1. Memiliki pandangan positif tentang kehidupan

1. Memiliki pandangan positif tentang kehidupan
Freepik/prostooleh

Akan sangat menyenangkan bila Mama memiliki seorang pasangan yang menerapkan pandangan positif dalam hidup. Hal ini dikarenakan bisa berdampak pula terhadap hal-hal positif dalam suatu hubungan.

“Jika kamu memiliki pandangan hidup yang positif dan menerapkannya pada hubungan kamu, kamu akan lebih puas dan kecil kemungkinannya untuk menyimpang," kata Bennett.

Misalnya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa memiliki pandangan ‘ideal’ tentang pasangan dapat menyebabkan tingkat kepercayaan yang lebih tinggi dan membuat hubungan terasa lebih membahagiakan. Ini tentu memiliki keterkaitan satu sama lain antara pemikiran dan hubungan yang Mama jalani.

Ketika masalah hubungan mulai muncul, dua pasangan yang memiliki pemikiran positif, akan lebih mungkin menemukan solusi yang sehat demi mempertahankan hubungan mereka.

2. Memiliki keinginan untuk menjalani hubungan yang pasti

2. Memiliki keinginan menjalani hubungan pasti
Freepik/bristekjegor

Ciri-ciri ini mungkin tampak jelas untuk menggambarkan seseorang yang setia. Dikarenakan kebanyakan orang di luar sana yang menjalani hubungan romantis, namun tidak begitu jelas menyatakan keinginan mereka untuk menjalani hubungan yang serius, pada akhirnya akan berujung tidak setia.

"Orang yang menghargai hubungan serius dan telah menjalin hubungan jangka panjang umumnya lebih setia," kata Bennett.

Hubungan hanyalah tentang menemukan seseorang yang memiliki kesamaan tujuan dengan Mama, sehingga Mama dan pasangan bisa berada di pemikiran yang sama untuk bersatu serta memilih setia.

Editors' Picks

3. Tidak mudah bosan dalam menjalani kegiatan yang sudah menjadi rutinitas sehari-hari

3. Tidak mudah bosan dalam menjalani kegiatan sudah menjadi rutinitas sehari-hari
Freepik/our-team

Seseorang yang memiliki kenyamanan dengan rutinitas saat sudah sering dilakukan bersama pasangan, maka kemungkinan dapat memperlihatkan bahwa orang itu setia.

“Orang yang menikmati rutinitas dan tidak perlu terus-menerus mencari sesuatu yang baru, mereka juga akan lebih puas dengan pasangan yang sama setiap harinya,” ujar Bennett.

Meskipun ini tidak dapat juga digambarkan sebagai kesetiaan sejati, namun kebiasaan yang dimiliki ini biasanya mengurangi keinginan seseorang untuk mencari orang baru dan berselingkuh. Sebab, ia telah merasa cukup dan puas dengan pasangan yang dimiliki sekarang.

4. Mudah berempati

4. Mudah berempati
Freepik

Indikator besar lain dari kesetian seseorang, yakni kemampuan untuk berempati.

"Individu yang berempati lebih cenderung bertahan dalam hubungan jangka panjang, karena hubungan membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang emosi dan keberanian untuk mengekspresikannya," kata Dr. Klapow selaku psikolog klinis.

Empati juga membantu seseorang menangani emosi pasangannya.

5. Mudah pulih dari rasa kecewa yang dialami

5. Mudah pulih dari rasa kecewa dialami
Freepik/gpointstudio

Seorang pasangan yang mampu pulih dari kekecewaan dan penolakan yang dialaminya dalam hidup, cenderung lebih baik dalam menjalani hubungan jangka panjang.

Ini karena hubungan pernikahan antara suami istri yang saling mencintai pastinya akan melewati titik di mana ada penolakan, kritik, dan kekecewaan.

“Jadi individu yang mampu menerima dan belajar dari pengalaman itu. Ia akan bergerak maju serta lebih siap untuk mempertahankan hubungan dengan orang yang dicintainya,” ungkap Dr. Klapow.

6. Dapat selalu diandalkan

6. Dapat selalu diandalkan
Freepik/lookstudio

Memiliki pasangan yang dapat diandalkan akan membuat hubungan pernikahan Mama bertahan lebih lama.

Sebab, orang yang bisa diandalkan pasti akan konsisten dan sering menepati janji serta bisa dipercaya. Bekal inilah yang membuat kehidupan rumah tangga bisa bahagia dan setia.

“Jika kamu dapat mengandalkan pasangan kamu dan mereka menunjukkan perilaku yang konsisten dalam kehidupan berumah tangga. Maka ini bisa menjadi indikator bahwa ia adalah orang yang setia,” kata Samantha Daniels selaku pakar kencan dan pendiri Samantha's Table Matchmaking.

7. Mudah untuk diajak berkomunikasi

7. Mudah diajak berkomunikasi
Freepik/pressfoto

Ketika salah satu atau kedua orang pasangan buruk dalam mengomunikasikan kebutuhan mereka, maka menjadi lebih mudah bagi mereka untuk mencari orang lain yang lebih memahami perasaan mereka ketimbang pasangan sendiri.

Ini karena adanya keterkaitan antara komunikasi yang baik dan kesetiaan dalam suatu hubungan yang dijalani. Orang yang tidak bisa berkomunikasi baik dengan pasangannya cenderung akan merasa tidak nyaman.

"Seorang komunikator yang baik berusaha untuk mendengarkan dan memilih kata-kata mereka, sehingga ketika mereka berbicara dengan pasangannya, mereka berada di pemikiran yang sama," kata konselor psikis dan spiritual David Rappaport.

Jika pasangan Mama mampu melakukan ini, ia akan selalu tahu di mana posisinya. Dengan demikian, dia dapat mengatasi masalah lebih cepat sebelum menjadi tidak terkendali.

Nah, itulah beberapa ciri-ciri jika sudah memiliki pasangan yang setia. Perlu diingat bahwa sifat-sifat di atas tidak menjamin seseorang akan setia sepenuhnya.

Namun, pasangan yang memiliki ciri-ciri di atas kemungkinan besar akan membuat Mama menjalani kehidupan rumah tangga yang bahagia, sehat, dan bertahan lama.

Semoga informasinya membantu ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk