5 Doa Nabi Yusuf tentang Cinta dan Kasih Sayang

Ada doa tentang memikat hati orang tertentu lho, Ma!

8 Oktober 2021

5 Doa Nabi Yusuf tentang Cinta Kasih Sayang
Freepik/Jcomp

Nabi Yusuf menjadi salah satu dari 25 Nabi yang telah diutus untuk berdakwah dan mengajak manusia untuk menyembah Allah. Tentu jika mendengar namanya, apa yang kira-kira terlintas dalam benak Mama?

Hal tersebut memang benar adanya. Nabi Yusuf merupakan salah satu Nabi yang dikaruniai wajah  rupawan dan tubuh tegap menawan. Maka tak heran bila kharismanya menginspirasi seluruh umat Muslim untuk memiliki keturunan berwajah memesona persis seperti beliau.

Tetapi dibalik itu semua, Nabi Yusuf juga memiliki kisah hidup yang tidak mulus sejak kecil. Cobaan demi cobaan kerap menghampirinya. Namun hal tersebut bisa dilewatinya dengan bantuan doa-doa yang selalu ia amalkan.

Dari kumpulan doa yang dibaca Nabi Yusuf, ternyata ada beberapa ayat membahas tentang percintaan dan kasih sayang lho, Ma.

Yuk, intip ulasannya yang telah Popmama.com rangkum!

1. Doa Nabi Yusuf agar dicintai oleh orang tertentu

1. Doa Nabi Yusuf agar dicintai oleh orang tertentu
Freepik/rawpixel.com

الَّلهُمَّ جَئَلْنِى نُوْرُ يُوْسُفَ عَلَى وَجْهِي فَمَنْ رَ اَنِى يُحِبُّنِي مَحَبَّتَنْي

Artinya:

“Ya Allah, jadikanlah Nur cahaya Nabi Yusuf pada wajahku, dan bagi siapa yang melihat akan menjadi kagum serta memiliki cinta kasih kepadaku,”

Mama bisa membaca doa ini dengan tujuan agar wajah semakin memancarkan aura yang indah dan menambah rasa sayang pada orang yang melihatnya.

Sebab, banyak umat muslim memercayai bahwa doa Nabi Yusuf ini merupakan doa yang manjur agar seseorang mendapatkan wajah yang rupawan. Dengan begitu, mampu menghadirkan rasa cinta pada siapa saja yang melihatnya.

Editors' Picks

2. Doa pengasihan Nabi Yusuf

2. Doa pengasihan Nabi Yusuf
Freepik/rawpixel.com

إِذْ قَالَ يُوسُفُ لِأَبِيهِ يَا أَبَتِ إِنِّي رَأَيْتُ أَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ رَأَيْتُهُمْ لِي سَاجِدِينَ

 Artinya:

“(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayatnya, ‘Wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku,”

Doa pengasihan Nabi Yusuf ini dikutip dari potongan Alquran surat Yusuf ayat 4. Doa pengasihan ini diambil dari kisah Nabi Yusuf saat beliau bermimpi tentang saudara-saudaranya.

Di akhir kehidupannya, para saudara Nabi Yusuf berada di posisi bawah untuk memuliakan derajatnya dan diibaratkan dengan bintang, matahari, dan rembulan yang bersujud kepada Nabi Yusuf dalam mimpinya.

Doa ini biasa diamalkan sebagai doa pengasih Nabi Yusuf.

3. Doa pengasihan Nabi Yusuf dari jarak jauh

3. Doa pengasihan Nabi Yusuf dari jarak jauh
Freepik/freepik

وَأَلْقَيْتُ عَلَيْك مَحَبَّةً مِنِّى وَلِتُصْنَعَ عَيْنِى

 Artinya:

“Dan aku telah meletakkan cinta (kasih sayang) padamu pada diriku. Supaya kamu diasuh di bawah pengawasan-ku,”

Selain ayat doa di atas, ada pula satu doa lain yang ampuh digunakan sebagai doa pengasihan dari jarak jauh. Doa ini diambil dari potongan ayat surat At-Thaha ayat 39.

Mama bisa mengamalkan doanya dengan menyebutkan nama seseorang yang dituju pada lafaz (عَلَيْك) ‘kamu’ dalam membaca doa pengasihan Nabi Yusuf ini. Selain itu, manfaat lain dari doa pengasihan Nabi Yusuf ini yakni wajah tampak lebih cerah berseri-seri, sehingga orang tersebut akan terpesona.

Jika doa ini dikhususkan untuk perempuan atau laki-laki tertentu, maka niatkanlah dalam hati untuk menikahinya atau tujuan kebaikan. Jangan sekali-sekali berpikiran untuk mempermainkan hatinya.

4. Doa agar terhindar dari godaan hawa nafsu

4. Doa agar terhindar dari godaan hawa nafsu
Pexels/rodnae-prod

رَبِّ السِّجْنُ أَحَبُّ إِلَيَّ مِمَّا يَدْعُونَنِي إِلَيْهِ ۖ وَإِلَّا تَصْرِفْ عَنِّي كَيْدَهُنَّ أَصْبُ إِلَيْهِنَّ وَأَكُنْ مِنَ الْجَاهِلِينَ

 Artinya:

“Ya Tuhanku, penjara lebih aku senangi daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan aku dari tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh,”

Ini merupakan salah satu doa populer dari Nabi Yusuf agar dilindungi dari perbuatan maksiat. Ayat ini dibaca ketika Nabi Yusuf menghadapi cobaan karena digoda oleh istri dari laki-laki yang mengasuhnya.

Berkat doa tersebut, Nabi Yusuf diselamatkan oleh Allah dengan terhindari dari godaan setan serta fitnah dari perempuan yang menggodanya. Mama bisa coba mengamalkan doa ini demi terlindungi dari godaan hawa nafsu atau maksiat.

5. Doa agar mendapatkan anak-anak yang saleh

5. Doa agar mendapatkan anak-anak saleh
Freepik/rawpixel.com

وَلَمَّا دَخَلُوا۟ مِنْ حَيْثُ أَمَرَهُمْ أَبُوهُم مَّا كَانَ يُغْنِى عَنْهُم مِّنَ ٱللَّهِ مِن شَىْءٍ إِلَّا حَاجَةً فِى نَفْسِ يَعْقُوبَ قَضَىٰهَا ۚ وَإِنَّهُۥ لَذُو عِلْمٍ لِّمَا عَلَّمْنَٰهُ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

 Artinya:

"Dan tatkala mereka masuk menurut yang diperintahkan ayah mereka, maka (cara yang mereka lakukan itu) tiadalah melepaskan mereka sedikit pun dari takdir Allah, akan tetapi itu hanya suatu keinginan pada diri Ya'qub yang telah ditetapkannya. Dan sesungguhnya dia mempunyai pengetahuan, karena Kami telah mengajarkan kepadanya. Akan tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui,”

Siapa sih orangtua yang tidak ingin memiliki anak yang dikenal saleh dan saleha? Seorang anak bukan hanya untuk menjadi pelengkap kehidupan rumah tangga saat di dunia saja, tetapi juga bisa membuat hati orangtua bahagia di dunia dan akhirat.

Bagi Mama yang bermimpi untuk memiliki anak yang saleh dan saleha, maka cobalah untuk membiasakan membaca surat Yusuf ayat 68 ini. Akan lebih bagus lagi jika dibaca secara istikamah dan ikhlas setelah menjalankan salat fardu.

Itulah beberapa doa Nabi Yusuf yang membahas tentang percintaan dan kasih sayang. Semoga informasi ini bisa menjadi ilmu baru ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.