Hukum Suami Selingkuh dalam Islam, Dianggap Berkhianat pada Allah SWT

Perselingkuhan dalam rumah tangga bisa diibaratkan sebagai tanda pengkhianatan kepada Allah SWT

6 Februari 2024

Hukum Suami Selingkuh dalam Islam, Dianggap Berkhianat Allah SWT
Freepik

Selingkuh adalah perbuatan yang sangat dilarang dan bahkan diharamkan dalam syariat Islam. Oleh karena itu, baik suami maupun istri sangat disarankan untuk menghindari perbuatan tak terpuji tersebut.

Mirisnya, perselingkuhan atau kehadiran orang ketiga sering sekali menjadi faktor utama yang membuat pasangan suami istri memilih untuk bercerai.

Selingkuh atau zina dalam Islam dikenal dengan istilah al-khianah az zaujiyyah yang merujuk pada arti seseorang berpaling dengan orang lain, padahal sudah memiliki pasangan.

Selingkuh dalam Islam sama saja dengan berkhianat karena tidak memegang amanat yang sudah diberikan pada pasangan untuk tetap setia.

Perselingkuhan dalam rumah tangga bisa diibaratkan sebagai tanda pengkhianatan kepada Yang Maha Kuasa. Perlu dihindari, berikut Popmama.com siap membahas hukum suami selingkuh dalam Islam secara lebih detail. 

1. Nabi Muhammad SAW mengingatkan kaum laki-laki untuk menjaga kesetiaannya

1. Nabi Muhammad SAW mengingatkan kaum laki-laki menjaga kesetiaannya
Pexels/Yan Krukau

Dalam sebuah hubungan rumah tangga, kehidupan pasangan suami istri pasti tak akan pernah terlepas dari cobaan. Mulai dari cobaan finansial, keluarga, anak, hingga kehadiran orang ketiga yang tak terduga.

Rasulullah SAW pernah mengingatkan kepada para laki-laki untuk menjaga kesetiaannya dan menyuruh agar segera mendatangi istrinya jika tergoda dengan perempuan lain. Sabda Nabi Muhammad SAW berbunyi:

“Jika engkau melihat seorang wanita, lalu ia memikat hatimu, maka segeralah datangi istrimu. Sesungguhnya istrimu memiliki seluruh hal seperti yang dimiliki oleh wanita itu.” (HR. Tirmidzi)

Editors' Pick

2. Orang yang berselingkuh akan mendapat ancaman dunia dan akhirat

2. Orang berselingkuh akan mendapat ancaman dunia akhirat
Freepik

Bagi umat Islam yang nekat berselingkuh, baik suami maupun istri, maka akan mendapat ancaman ke depannya. Ancaman yang dimaksud bukan hanya di dunia, tetapi juga di akhirat nanti. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW berbunyi:

“Ambilah dariku, ambilah dariku! Allah telah menjadikan bagi mereka jalan keluar, (jika berzina) perjaka dengan gadis (maka hadnya) dicambuk seratus kali dan diasingkan setahun, (apabila berzina) dua orang yang sudah menikah (maka hadnya) dicambuk seratus kali dan dirajam.” (HR. Muslim)

3. Berselingkuh sama saja berkhianat kepada Allah SWT

3. Berselingkuh sama saja berkhianat kepada Allah SWT
Freepik/stefamerpik

Kepercayaan yang telah dibangun dalam hubungan pernikahan bisa pudar seketika hanya karena perselingkuhan. Sebab, perselingkuhan cenderung membuat seseorang melakukan kebohongan demi menutupi perbuatan buruknya agar tidak ketahuan.

Dalam Islam, berbohong jelas sangat dilarang karena mendatangkan dosa. Selain itu, pernikahan dalam Islam tidak hanya membuat seseorang bertanggung jawab penuh atas pasangannya, tetapi juga kepada Allah SWT.

Artinya, ketika seseorang berkhiatan kepada suami atau istrinya dengan berselingkuh, maka sama saja melakukan pengkhianatan kepada Allah SWT. Dalam hadis yang diriwayatkan dari Muadz bin Jabal, Rasulullah SAW bersabda:

"Bertakwalah kepada Allah terhadap para wanita. Karena sungguh kalian telah mengambil mereka dengan amanat Allah dan menghalalkan farji mereka dengan kalimat Allah." (HR Muslim)

4. Terdapat siksaan yang dijanjikan Allah SWT untuk didapatkan bagi para pelaku zina

4. Terdapat siksaan dijanjikan Allah SWT didapatkan bagi para pelaku zina
Freepik/gpointstudio

Perselingkuhan biasanya tidak akan jauh dari perbuatan zina. Perlu diingat bahwa Allah SWT sangat melarang keras hambanya untuk mendekati zina. Itu sebabnya, setiap muslim yang telah menikah harus menjauhkan diri dari perselingkuhan. Allah SWT berfirman:

"Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk." (QS Al-Isra ayat 32)

Terdapat beberapa siksaan yang dijaminkan Allah SWT untuk didapatkan bagi para perilaku zina, antara lain:

  • Kekal di dalam neraka
  • Dijilat api meraka
  • Ditempatkan pada pintu neraka yang paling busuk
  • Ditarik mukanya menggunakan rantai neraka
  • Menjerit karena bau busuk dari bagian kemaluan.

Demikian informasi terkait hukum suami selingkuh dalam Islam. Sejatinya tidak hanya suami, istri yang berselingkuh pun dianggap haram dalam Islam.

Selain perbuatan tersebut sangat dekat dengan zina, berselingkuh juga bisa tergolong telah berkhianat kepada Allah SWT.

Baca juga:

The Latest