Cara Monica Soraya dan Orang-Orang di Rumahnya Merawat 6 Bayi Adopsi

Siapa tahu, bisa menginspirasi Mama dan Papa ketika merawat si kecil

28 Agustus 2020

Cara Monica Soraya Orang-Orang Rumah Merawat 6 Bayi Adopsi
Instagram.com/monica_soraya_hariyanto

Monica Soraya namanya kini kerap diperbincangkan khalayak ramai terkait kebaikan hatinya merawat 6 bayi milik orang lain. Perempuan yang juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial ini bahkan sudah merawat bayi-bayi tersebut sejak dari dalam kandungan.

Para orangtua yang menyerahkan bayi tersebut kepada Monica memiliki beragam alasan, seperti masalah ekonomi, ditinggal suami, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, bayi-bayi ini statusnya hanya dititipkan untuk dirawat saja. Jadi, Monica tetap menjaga silaturahmi yang positif dengan orangtua kandung mereka.

Meskipun turut merawat, Monica juga menyediakan suster bagi masing-masing bayi. Karena adanya berbagai kegiatan, Monica tidak bisa seterusnya berada di samping bayi-bayi tersebut sehingga dibantu oleh para suster.

Lalu, seperti apa cara Monica Soraya dan orang-orang di rumahnya merawat 6 bayi tersebut. Simak pemaparan Popmama.com berikut ini.

1. Monica tidak memiliki anak favorit, baginya semua sama

1. Monica tidak memiliki anak favorit, bagi semua sama
Instagram.com/monica_soraya_hariyanto

Monica menyatakan bahwa dirinya tidak bisa mengatakan siapa bayi favoritnya atau yang paling cakap. Baginya, semua bayi-bayi itu adalah titipan Allah SWT yang harus dicintai dan disayangi. Hal itu, juga berlaku pada anak-anak kandung Monica.

Bedanya, mungkin hanya sikapnya terhadap anak perempuan dan anak laki-laki. Monica mengaku ia lebih keras ketika menghadapi anak perempuannya karena lebih banyak aturan. Sementara, untuk anak lakinya tidak terlalu banyak aturan asalkan bisa bertanggung jawab.

2. Anak-anak kandung monica juga turut menggendong dan bermain bersama para bayi

2. Anak-anak kandung monica juga turut menggendong bermain bersama para bayi
Instagram.com/monica_soraya_hariyanto

Monica membeberkan bahwa anak-anaknya sempat kaget karena dirinya merawat banyak bayi milik orang lain. Meskipun begitu, anak-anak Monica yang awalnya tidak pernah menggendong bayi, akhirnya terbiasa menggendong bayi-bayi tersebut.

Selain itu, anak-anak monica juga senang dengan kehadiran adik-adik kecilnya. Monica menuturkan bahwa anak-anaknya senang bermain bersama bahkan mendandani para bayi.

Ketika acara tasyakuran, anak-anak Monica juga ikut mencukur rambut adik-adik kecilnya

3. Suami suka mengajak para bayi bercanda

3. Suami suka mengajak para bayi bercanda
Instagram.com/monica_soraya_hariyanto

Selain anak-anak kandung Monica, suaminya pun senang bercanda dengan para bayi. Hal itu, tampak sebelum acara tasyakuran para bayi belum dimulai. Suami Monica menyempatkan diri untuk berbincang dengan para bayi.

Dalam kesempatan lainnya, sang suami juga tampak hangat menggendong dan mencium bayi-bayi tersebut.

Editors' Picks

4. Monica bersama keluarga dan para suster berenang dengan para bayi

4. Monica bersama keluarga para suster berenang para bayi
Youtube.com/Monica's Angels

Keseruan terjadi ketika Monica akan berenang bersama keluarga, para suster dengan para bayi. Monica kena prank salah satu bayi asuhannya menyebur ke kolam renang bersama anak laki-lakinya.

Saking sayangnya, Monica sangat panik. Tapi kemudian, semua tertawa dan menunjukkan kalau yang menyebur ke kolam adalah boneka bayi.

Kehangatan Monica dan keluarga bersama bayi pun semakin tampak ketika mereka berenang bersama. Suami dan anak-anak Monica juga bergantian menggendong para bayi di kolam renang.

5. Setiap malam minggu Monica, menginap di kamar para bayi

5. Setiap malam minggu Monica, menginap kamar para bayi
Youtube.com/Monica's Angels

Sebenarnya tradisi setiap malam minggu Monica dan suami adalah tidur bersama anak-anak di kamarnya. Namun, setelah ada para bayi yang dirawatnya, kebiasaan malam minggu Monica adalah tidur di kamar bayi-bayinya.

Sementara itu, anak-anak kandung tidur di kamarnya menemani sang suami.

Sebelum tidur, Monica pun menyempatkan diri untuk mencium keenam bayi asuhannya tersebut. Bahkan, ketika bayinya ada yang terbangun, Monica bersama asistennya turut memberikan susu dan mengeloninya.

6. Monica bersama para suster menjemur para bayi dan mendandaninya setelah mandi

6. Monica bersama para suster menjemur para bayi mendandani setelah mandi
Youtube.com/Monica's Angels

Para suster sangat sayang kepada bayi-bayi asuhannya. Mereka menjemur para bayi bersama-sama Monica sambil memberikan vitamin. Suasana dipenuhi keceriaan karena semuanya mengajak berbincang para bayi.

Usai para bayi dimandikan oleh suster, Monica turut memakaikan diapers dan baju para bayi.

7. Memeriksakan bayi dengan kondisi khusus ke dokter

7. Memeriksakan bayi kondisi khusus ke dokter
Youtube.com/Monica's Angels

Dalam saluran youtube Monica’s Angels episode Cerita Scarlet, Monica mengatakan sebenarnya tidak ada perlakuan khusus bagi semua bayi yang dirawatnya. Hanya saja, bayi yang bernama Scarlet lebih sering dibawa ke dokter karena kondisi tubuhnya.

Scarlet lahir dengan bobot tubuh yang sangat kecil. Ditambah, ketika buang air kecil suka menangis. Setelah diperiksa, dokter mengatakan Scarlet menderita hernia. Namun, kondisi tersebut masih dilihat perkembangannya hingga saat ini.

8. Para suster sangat sayang dan membela masing-masing bayi asuhannya

8. Para suster sangat sayang membela masing-masing bayi asuhannya
Instagram.com/monica_soraya_hariyanto

Berhubung 6 bayi yang dirawat belum bisa bicara, jadi komplain soal Monica pilih kasih datang dari para suster yang merawat mereka.

Jika Monica hanya terus-terusan menggendong satu bayi, suster lain meminta ia menggendong bayi yang dirawatnya juga.

Begitu pula ketika membeli pakaian. Apabila membeli 2 baju untuk satu bayi maka bayi lainnya juga harus dibelikan dengan jumlah yang sama supaya adil. Kalau tidak, suster-susternya yang komplain.

Wah, Monica Soraya sangat menginspirasi ya, Ma. Tapi, apapun cara Mama untuk merawat si Kecil sekarang tetaplah yang terbaik. Tidak perlu membanding-bandingkannya dengan orang lain karena setiap orangtua punya acara yang berbeda.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.