Postparnum Shivering, Mengigil Pasca Melahirkan? Cari Tahu Alasannya

Jika Mama merasa dingin dan mengigil pasca persalinan, Mama tidak perlu panik

23 Februari 2021

Postparnum Shivering, Mengigil Pasca Melahirkan Cari Tahu Alasannya
Pexels/Maksim Goncharenok

Apa yang pertama Mama bayangkan setelah melahirkan si Kecil? Penantian mama selama sembilan bulan pastinya akan terbayar tuntas, dan lagi akan banyak hal indah terjadi pada Mama dan bayi.

Jauh sebelum itu, pernahkah Mama mengetahui beberapa gejala yang akan Mama alami pada waktu sehabis melahirkan? Tenang, Mama tidak perlu khawatir, semuanya tidak buruk kok.

Salah satu dari gelaja yang banyak dialami adalah mengigil pasca persalinan, atau dikenal dengan istilah Postparnum Shivering. Yuk ketahui lebih lanjut tentang penyebab menggigil pasca persalinan dalam artikel Popmama.com berikut ini.

1. Kenali apa itu Postparnum Shivering

1. Kenali apa itu Postparnum Shivering
Pexels/Polina Tankilevitch

Menurut Dr Howard Manyonga, dokter kandungan dan kepala Tim Melahirkan dari laman mommylabornurse, Postpartum Shivering atau mengigil pasca persalinan merupakan perasaan mengigil yang muncul tak sengaja ketika atau setelah melahirkan.

Ia juga menyatakan bahwa fenomena ini merupakan fenomena yang terjadi secara alamiah. Tiidak ada hubungannya dengan kondisi tubuh maupun ruangan. Mama dapat merasakan ini sekalipun Mama berada di tempat yang hangat.

Biasanya ini terjadi beberapa jam setelah melahirkan, atau menjelang akhir persalinan. Tanpa dipengaruhi oleh proses melahirkan yang Mama alami, baik itu melahirkan secara normal, maupun caesar.

Kondisi ini terjadi begitu saja setelah Mama melahirkan. Biasanya, Mama akan merasa mengigil dan dingin secara tiba-tiba setelah melahirkan, dengan durasi waktu yang tidak diketahui.

Editors' Picks

2. Mengapa Postparnum Shivering bisa terjadi?

2. Mengapa Postparnum Shivering bisa terjadi
Pexels.com/Vlada Karpovich

Penyebab kedinginan pasca persalinan sebenarnya masih belum diketahui dan dipahami sepenuhnya. Fenomena ini mungkin disebabkan oleh perubahan hormon yang cepat dan kehilangan cairan dan suhu tubuh yang terjadi pasca melahirkan.

Beberapa penelitian menyakinkan, bahwa kondisi ini mungkin berhubungan saat darah janin memasuki sistem darah sang Mama. Namun peristiwa tersebut hanya dapat dihubungkan selama masa persalinan, tidak setelahnya. 

Salah satu penyebab yang paling memungkinkan ialah karena kehilangan darah yang Mama alami setelah melahirkan. Darah yang beredar sepanjang pembuluh darah dikenal memiliki sifat hangat. Itulah mengapa darah dikenal sebagai salah satu cara bagi tubuh untuk mempertahankan suhu normalnya. 

Ketika Mama kehilangan sebagian besar darah, sirkulasi sistemik akan mengalami penurunan. Itu dapat menyebabkan penurunan suhu tubuh. Inilah alasan kenapa Mama merasa sedikit lebih dingin, karena sirkulasi darah mengalami penurunan.

3. Bagaimana cara terbaik menanggapinya?

3. Bagaimana cara terbaik menanggapinya
Freepik

Hal terpenting bagi Mama dalam menanggapi fenomena mengigil pasca persalinan ialah tetap tenang dan bernapas secara teratur. Apalagi jika sebelumnya Mama melakukan operasi caesar dalam proses melahirkan.

Mencoba untuk menghentikan rasa menggigil dapat menyebabkan jaitan mama pasca operasi caesar robek. Cara terbaik menanganinya ialah dengan membiarkan diri mama rileks sebaik mungkin.

Setelah itu segera hubungi dokter atau bidan yang merawat. Bidan atau dokter akan memastikan kalau tidak ada infeksi yang terjadi. Dan pada akhirnya, kedinginan tersebut akan mereda tanpa memerlukan penanganan yang khusus. 

4. Perlukah Mama khawatir?

4. Perlukah Mama khawatir
Pexels/Pixabay

Sebagaimana yang dilansir dari health.clevelandclinic.org, seorang dokter menggambarkan perasaan mengigil seperti gemetar, bukan benar-benar mengigil.

Jika dingin yang dirasakan sama seperti ketika sakit flu, dan hampir terasa pada tulang, itu berarti Mama mengalami demam dan bisa menjadi indikasi terjadinya infeksi. 

Namun jika Mama merasa seperti pergi ke luar ke tempat bersuhu dingin tanpa mengenakan jaket disertai dengan gigi yang mengigil, itu berarti, Mama mengalami mengigil pasca melahirkan. 

Itulah penjelasan mengenai penyebab menggigil pasca persalinan. Banyak mama yang belum pernah mendengar tentang kedinginan pesca persalinan merasa khawatir atas fenomena tersebut. Tetapi sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Kondisi ini terjadi secara alami. Rasa dingin pasca melahirkan itu tidak akan terjadi untuk jangka waktu yang lama. Juga tidak menandakan ada yang salah baik pada Mama, juga si Kecil. 

Konsultasikanlah selalu dengan dokter dan bidan yang akan membantu proses persalinan mama. Pastikan semuanya berjalan dengan baik dan lancar.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.