Mau Menyusui Lancar? Ini 6 Rekomendasi Pompa ASI Elektrik Terpopuler

Kualitas pompa yang bagus mempengaruhi hasil perah ASI.

10 Juni 2020

Mau Menyusui Lancar Ini 6 Rekomendasi Pompa ASI Elektrik Terpopuler
yahoo.com

Pompa ASI atau breast pump adalah ‘sahabat terbaik’ bagi para ibu menyusui, terutama ibu bekerja yang harus memenuhi kebutuhan ASI perah (ASIP) si Kecil. Masalahnya, menemukan pompa ASI yang cocok ternyata tidaklah mudah.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli pompa ASI.

Di antaranya memilih jenis pompa ASI manual atau elektrik, kemudian daya isap pompa, ketersediaan spare part hingga harga yang ditawarkan. Sebab, kualitas pompa ASI turut memengaruhi hasil perah dan kenyamanan mama saat memerah ASI.

Nah, sebelum Mama memutuskan untuk membeli pompa ASI, yuk intip merek pompa ASI elektrik apa saja ya yang bagus dan banyak dipilih oleh para Mama. 

Berikut Popmama.com berikan rangkumannya.

1. Medela Swing

1. Medela Swing
Medela.co.id

Di kalangan ibu menyusui, merek Medela terkenal dengan rangkaian pompa ASI-nya yang berkualitas, salah satunya Medela Swing. Pompa ASI ini didesain dengan teknologi 2 Phase Expression untuk menstimulasi payudara dengan baik, serta daya isap pompa yang menyerupai isapan mulut bayi.

Keunggulan lain dari pompa ASI ini adalah suara mesin yang tidak berisik, sehingga tak mengganggu aktivitas mama di kantor ataupun membangunkan si Kecil saat rutinitas memompa di malam hari.

Saat ini harga Medela Swing berkisar antara Rp 1.990.000 - Rp 2.100.000.

2. Haenim Tumbler Bluetooth Breast Pump

2. Haenim Tumbler Bluetooth Breast Pump
Haenim-indonesia.com

Pompa ASI asal Korea Selatan ini belakangan tengah mencuri perhatian para Mama. Pasalnya, pompa ASI Haenim ini merupakan pompa ASI pertama yang dapat terhubung langsung dengan smartphone melalui bluetooth. Aplikasi di smartphone memudahkan Mama dalam mencatat hasil perah dan durasi memompa.

Selain itu, pompa ASI ini juga dibekali tiga corong pompa sekaligus, yakni ukuran 24mm, 28mm dan 32 mm. Tujuannya tentu saja untuk memudahkan Mama memilih corong yang sesuai dengan ukuran payudara.

Plus, sebuah bantalan corong yang berguna menstimulasi payudara serta membuat Mama merasa nyaman saat memerah ASI.

Saat ini harga Haenim Tumbler Bluetooth Breast Pump berkisar antara Rp 1.950.000 - Rp. 2.000.000

Editors' Picks

3. Pigeon Breast Pump Electric Pro

3. Pigeon Breast Pump Electric Pro
Pigeon.co.id

Mama pasti sudah tak asing lagi dengan brand yang satu ini. Ya, selain terkenal dengan rangkaian perawatan bayi, Pigeon rupanya juga memiliki rangkaian pompa ASI yang berkualitas. Diantaranya Pigeon Breast Pump Electric Pro.

Pompa ASI elektrik ini dilengkapi dengan teknologi 2 fase, yakni mode stimulasi untuk merangsang payudara dan mode memerah untuk memaksimalkan ASI yang keluar.  

Selain itu, teknologi Comfort Proper Fit Soft Silicone Cushion pada bagian corong berguna untuk membuat Mama merasa nyaman saat proses memerah.

Saat ini Pigeon Breast Pump Electric Pro banyak ditawarkan seharga Rp. 1.700.000

4. Avent Comfort Single Electric Breast Pump

4. Avent Comfort Single Electric Breast Pump
Philips.co.id

Keunggulan dari pompa ASI keluaran brand Philips ini terletak pada daya isap pompa yang maksimal namun tidak membuat payudara terasa sakit atau perih. Bantalan yang melapisi bagian corong membuat aktivitas memerah ASI jadi terasa nyaman.

Namun sayangnya, menurut review dari sejumlah Mama, mesin pompa ASI ini sedikit berisik dan bagian valve natural yang rentan sobek. Mama bisa mengakalinya dengan lebih berhati-hati saat menggunakannya.

Saat ini Avent Comfort Single Electric Breast Pump dijual seharga Rp. 1.800.000 - Rp 1.950.000.

5. Unimom Forte Breast Pump

5. Unimom Forte Breast Pump
Unimom.co.id

Pompa ASI ini mulai dikenal setelah sukses merilis pompa ASI manual. Kini, pompa ASI elektrik bertajuk Unimom Forte Breast Pump tak kalah melejit dibandingkan versi manual.

Selain praktis dan memiliki daya isap yang tinggi, pompa ASI ini juga dibekali dua corong pompa ganda sehingga lebih hemat waktu. Harganya pun jauh lebih terjangkau dibandingkan merek pompa ASI elektrik lain yang menawarkan pompa ganda.

Pompa ASI ini dibekali teknologi ‘closed system’ yang memungkinkan ASI perah tidak masuk ke dalam motor mesin, sehingga tidak cepat rusak.

Pompa ASI Unimom Forte Breast Pump banyak dijual dengan harga berkisar Rp. 1.400.000 - Rp 1.700.000.

6. Spectra 9 plus

6. Spectra 9 plus
spectrababyusa.com

Spectra 9 plus adalah pompa produk popma ASI elektrik yang memiliki namyak keunggulan. Beberapa di antaranya adalah memiliki dua corong sehingga Mama dapat memompa ASI dari dua payudara sekaligus. Selain itu, suara mesinnya juga tidak berisik, dan memiliki dua mode yaitu mode pijat untuk menstimulasi ASI, dan mode memerah ASI.

Pompa ASI yang satu ini juga praktis bila ingin dibawa bepergian karena dapat dicharge, sehingga Mama tetap bisa mengisi baterainya dulu lalu kemudian bisa memompa ASI meski tidak ada colokan listrik.

Harga pompa ASI Spectra 9 plus berkisar antara Rp. 1.750.000 - 2.400.000.

Itulah enam rekomendasi pompa ASI elektrik yang akan memudahkan Mama dalam memompa ASI. Jadi pompa ASI mana yang akan Mama pilih?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.