12 Perlengkapan Ibu Melahirkan yang Wajib Dibawa saat Persalinan

Selain perlengkapan bayi, barang-barang ini juga harus dibawa ya, Ma!

28 Juli 2020

12 Perlengkapan Ibu Melahirkan Wajib Dibawa saat Persalinan
Freepik

Semua perlengkapan bayi yang baru lahir sudah rapi di dalam satu tas pakaian bayi. Namun, perlengkapan pribadi mama juga tak kalah penting untuk dipersiapkan sebelum menjalani persalinan di rumah sakit nanti.

Persiapan ini perlu dilakukan sejak memasuki usia kehamilan 36 minggu, terutama bagi Mama yang tidak menentukan tanggal persalinan secara khusus.

Berikut Popmama.com merangkum perlengkapan ibu melahirkan yang wajib dibawa saat proses persalinan.

Checklist barang-barangnya di sini ya, Ma!

1. Buku catatan kehamilan dan bersalin

1. Buku catatan kehamilan bersalin
Freepik/jcomp

Ini penting untuk dibawa sebagai panduan dokter untuk memantau catatan riwayat kesehatan atau rekam medis mama. Buku ini juga berguna bagi dokter untuk menentukan tindakan apa yang Mama butuhkan saat persalinan.

2. Pakaian dalam

2. Pakaian dalam
Freepik

Pakaian dalam merupakan barang paling penting yang harus dibawa. Mama disarankan untuk menyiapkan pakaian dalam yang lebih banyak untuk kebutuhan tak terduga selama berada di rumah sakit.

Jika Mama akan berencana melakukan operasi caesar, pilih ukuran celana dalam yang lebih besar dan nyaman dengan karet yang lebih longgar agar tidak menyakiti luka operasi caesar di perut mama.

3. Pakaian nyaman

3. Pakaian nyaman
Freepik

Di rumah sakit, Mama mungkin memang akan menggunakan pakaian khusus untuk pasien. Namun, Mama tetap perlu membawa baju atau pakaian cadangan untuk mempersiapkan hal yang tak terduga. Bawalah baju-baju yang menurut Mama nyaman dan mudah digunakan untuk menyusui.

Lebih disarankan lagi jika Mama memiliki baju khusus menyusui yang sudah banyak dijual di pasaran.

Jika Mama tak tahan dingin, disarankan juga untuk membawa jaket yang bisa menghangatkan tubuh jika suhu di rumah sakit sedang tak bersahabat.

4. Ikat rambut atau bandana

4. Ikat rambut atau bandana
Freepik

Menahan sakitnya kontraksi saat persalinan dapat membuat keringat mengalir deras. Rambut panjang yang terurai tentu akan sangat mengganggu.

Bawalah beberapa ikat rambut atau bandana untuk merapikan rambut mama yang mengganggu kenyamanan dan membuat keringat semakin mengalir deras karena kegerahan. Begitu pun bagi Mama yang berponi, gunakanlah bandana untuk merapikan poni rambut agar tidak menjuntai di bagian dahi.

5. Beberapa bantal cadangan

5. Beberapa bantal cadangan
Freepik/mrsiarphol

Bantal-bantal tambahan yang Mama bawa dari rumah akan sangat berguna untuk membuat tubuh mama lebih rileks dan nyaman saat beristirahat di kasur rumah sakit. Bantal juga bisa membantu Mama untuk menopang bayi saat menyusui.

Editors' Picks

6. Sandal yang nyaman

6. Sandal nyaman
Freepik/topntp26

Gunakan alas kaki yang nyaman selama berada di rumah sakit. Sandal bisa membuat Mama merasa lebih santai dan nyaman untuk beraktivitas atau berjalan-jalan di sekitar rumah sakit.

7. Breast pad

7. Breast pad
momlovesbest.com

Kebocoran ASI mungkin segera terjadi setelah Mama melahirkan. Terutama di awal-awal setelah melahirkan, saat produksi ASI sudah semakin banyak. Jadi, jangan lupa untuk membawa breast pad ya, Ma! Breast pad berguna untuk menahan rembesan ASI pada baju mama.

8. Face mist atau semprotan wajah

8. Face mist atau semprotan wajah
popsugar.com.au

Semprotan wajah atau face mist tidak hanya menyegarkan wajah, tetapi juga membantu mendinginkan tubuh mama selama persalinan. Semprotan wajah ini mungkin juga akan Mama butuhkan bahkan setelah persalinan. 

9. Lip balm

9. Lip balm
womendailymagazine.com

Suhu dingin di ruangan rumah sakit bisa membuat bibir menjadi kering. Lip balm bisa membantu wajah terlihat lebih segar dan mencegah terjadinya sariawan akibat bibir yang kering.

10. Kaus kaki

10. Kaus kaki
Freepik/yanalya

Kaus kaki mungkin akan sangat menolong saat tubuh kedinginan di ruang persalinan dan di ruang perawatan. Jadi jangan lupa untuk membawa beberapa pasang kaus kaki ya, Ma.

11. Minyak pijat

11. Minyak pijat
Freepik

Untuk mengurangi rasa sakit selama persalinan, Mama bisa meminta pasangan untuk memijat secara lembut bagian panggul atau punggung dengan minyak pijat.

Bawalah minyak pijat yang memiliki aroma menenangkan dan menjadi favorit mama.

12. Camilan sehat

12. Camilan sehat
Freepik

Siapkan makanan ringan yang bisa menambah energi mama ketika bersalin. Disarankan pilih yang sehat ya, Ma. Selain itu, pilih juga camilan yang praktis dan mudah dikonsumsi kapan pun.

Mama bisa membawa pisang, snack bar, atau krakers kesukaan mama.

Itulah beberapa perlengkapan ibu melahirkan yang wajib dibawa saat bersalin. Mama juga bisa membawa barang lainnya yang bisa membantu Mama menjadi lebih rileks saat menunggu persalinan, seperti buku, majalah, atau mengumpulkan playlist lagu favorit yang menenangkan di gadget jika Mama suka mendengarkan musik.   

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.