TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Cara Kembali Langsing setelah Melahirkan, Perhatikan Makananmu

Ma, mulailah mengurangi asupan gula ketika setelah melahirkan ya

27 Mei 2022

5 Cara Kembali Langsing setelah Melahirkan, Perhatikan Makananmu
Freepik/jcomp

Kelebihan berat badan dan obesitas adalah masalah umum yang paling sering terjadi setelah melahirkan. Biasanya kondisi tersebut juga terkait dengan diabetes mellitus gestasional.

Bahwa pertambahan berat badan yang berlebihan, ini merupakan tantangan terbesar bagi perempuan. Oleh karenanya, Mama perlu mengubah gaya hidup yang efektif untuk mengelola berat badan.

Nah, berikut Popmama.com berikan 5 cara langsing kembali setelah melahirkan. Yuk, cek ulasannya!

1. Mengurangi asupan gula tambahan

1. Mengurangi asupan gula tambahan
Freepik

Cara cepat langsing setelah melahirkan adalah batasi mengonsumsi makanan manis. Selain menyebabkan penambahan lemak tubuh berlebih, makan banyak gula tambahan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Oleh karena itu sangat penting untuk kembali ke berat badan yang sehat setelah melahirkan, Ma. Nah, cara yang tepat adalah mengurangi asupan gula. Terutama pada makanan penutup dan beberapa minuman.

Dikutip dari Eatthis, ahli diet mengatakan bahwa makan buah segar termasuk salah satu cara paling sehat untuk memuaskan keinginan yang manis. Pasangkan juga dengan protein dan lemak sehat seperti kacang-kacangan.

Editors' Picks

2. Mulailah memantau asupan kalori

2. Mulailah memantau asupan kalori
Freepik/rawpixel.com

Saat Mama ingin membuat langsing kembali setelah melahirkan, maka mulailah memantau asupan kalori. Dengan langkah ini, maka dapat membantu untuk mempromosikan penurunan berat badan.

Biasanya orang yang mencatat kalori kehilangan lebih banyak berat badan. Bahkan cenderung mempertahankan berat badan dalam jangka panjang. Apalagi sekarang ada banyak situs web dan aplikasi berguna yang mencatat makanan dan melacak asupan.

Diinformasikan dari Healthline, memantau kalori membantu kamu mengetahui berapa banyak yang dimakan dan di mana area masalah dalam rencana makan. Termasuk memastikan kamu mendapatkan cukup kalori untuk memberi energi dan nutrisi yang dibutuhkan. 

    3. Cobalah memakan camilan sehat dan bergizi

    3. Cobalah memakan camilan sehat bergizi
    Freepik

    Ma, sebaiknya mulailah membuat pilihan yang bijak dalam memilih camilan. Ini karena tidak semua makanan ringan diciptakan sama. Sedangkan camilan untuk ibu menyusui harus yang bergizi, Ma.

    Nah, cobalah memakan biji-bijian utuh dan buah-buahan segar. Langkah tersebut dapat memberi Mama energi berkelanjutan yang dibutuhkan untuk merawat bayi.

    Selain itu, Mama mungkin membutuhkan camilan yang sehat dan mudah dimakan seperti:

    • Kacang-kacangan
    • Buah kering
    • Potongan sayuran organik
    • Greek yogurt dan granola
    • Cokelat hitam
    • Telur rebus
    • Gandum utuh

    4. Mulai makan lebih banyak serat

    4. Mulai makan lebih banyak serat
    Freepik/KamranAydinov

    Jika Mama seperti kebanyakan ibu baru yang ingin langsing kembali, maka gunakanlah cara cerdas untuk mendekati penurunan berat badan setelah persalinan. Makan lebih banyak serat adalah salah satu langkah yang sangat baik bagi kesehatan.

    Ini menjaga berat badan yang sehat, mencegah sembelit dan menurunkan risiko diabetes. Jadi mulailah memasukkan biji-bijian dan sayuran ke daftar menu makanan Mama, ya.

    Dirilis dari My.clevelandclinic, diet kaya serat dikaitkan dapat membantu membuat kamu kenyang lebih lama. Bahkan mencegah makan berlebihan dan rasa lapar di antara waktu makan.

    5. Melakukan aktivitas fisik dengan olahraga yang baik

    5. Melakukan aktivitas fisik olahraga baik
    Freepik

    Penurunan berat badan dan membuat langsing kembali setelah kehamilan membutuhkan waktu, lho. Oleh karena itu, Mama sebaiknya mulai rutin melakukan aktivitas fisik. Salah satunya adalah dengan olahraga yang baik.

    Diwartakan dari Mayoclinic, jika kamu berolahraga selama kehamilan dan melahirkan tanpa komplikasi biasanya terbilang aman. Umumnya kamu mungkin bisa memulai latihan ringan sekitar 4-6 minggu setelah melahirkan.

    Jadi jangan ragu menikmati banyak manfaat olahraga. Ini termasuk dalam proses detoksifikasi alami dan meningkatkan aliran darah. Pada akhirnya akan mempromosikan sirkulasi yang lebih baik untuk membantu organ membersihkan diri secara efektif.

    Itulah 5 cara tepat langsing setelah melahirkan. Ingatlah, jangan melakukan diet ketat selama masa menyusui.

    Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

    Mama CerdAZ

    Ikon Mama CerdAZ

    Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

    Cari tahu yuk