5 Manfaat Leci untuk Kesehatan Mama setelah Melahirkan

Yuk, konsumsi leci secara langsung atau ditambahkan ke minuman lain!

24 November 2021

5 Manfaat Leci Kesehatan Mama setelah Melahirkan
Pixabay/Suanpa

Bagi perempuan yang baru saja melahirkan, sebaiknya memakan buah-buahan selama periode postpartum. Ini bertujuan guna mendukung proses pemulihan.

Setelah melahirkan anak, maka waktu yang tepat melengkapi tubuh dengan berbagai nutrisi. Termasuk vitamin dan nutrisi lengkap. Salah satunya didaptkan dari buah tropis seperti leci.

Nah, berikut Popmama.com berikan ulasan mengenai 5 manfaat buah leci untuk kesehatan pasca persalinan. Yuk, baca lebih lanjut!

1. Mempertahankan sistem kekebalan tubuh

1. Mempertahankan sistem kekebalan tubuh
Pexels/Vlada Karpovich

Ternyata manfaat memakan buah leci setelah melahirkan, ini sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Mama dan membantu sirkulasi darah.

Bahwa nutrisi terpenting pada leci seperti vitamin C akan memiliki lebih dari 100% kebutuhan harian asam askorbat dalam satu porsi. Termasuk senyawa antioksidan utama sebagai rangsangan aktivitas sel darah putih, yang merupakan garis pertahanan utama sistem kekebalan tubuh.

Bahkan dosis tinggi vitamin C pada leci dapat memulihkan energi, mencegah Mama dari penyakit dan mempertahankan tubuh terhadap benda asing.

Editors' Picks

2. Membantu membatasi kerusakan akibat radikal bebas

2. Membantu membatasi kerusakan akibat radikal bebas
Pixabay/ivabalk

Setelah melahirkan, kondisi tubuh Mama yang masih lemah akan membuat sel-sel tubuh menghadapi ancaman setiap hari. Apalagi radikal bebas bisa merusak sel dan DNA Mama.

Sedangkan memakan buah leci pasca persalinan, ini akan mencegah virus dan infeksi menyerang tubuh Mama. Termasuk berkontribusi pada proses penuaan dini. Bahkan juga berperan dalam penyakit seperti kanker.

Berkat kandungan antioksidan pada buah leci, maka senyawa tersebut dapat membantu membatasi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan stres oksidatif. 

3. Mengurangi risiko stroke dan serangan jantung

3. Mengurangi risiko stroke serangan jantung
Pexels/Karolina Grabowska

Bahwa buah lychee mengandung jumlah tinggi antioksidan vitamin C, jumlah potasium dan kalium tinggi untuk menjaga tekanan darah tinggi.

Fungsi kalium sendiri dianggap sebagai vasodilator yang bekerja mengurangi penyempitan pembuluh darah dan arteri, sehingga menurunkan tekanan pada sistem kardiovaskular. 

Selain itu, berkat kandungan mineral penting dari buah leci juga dapat meminimalisir risiko stroke dan serangan jantung pasca persalinan.

4. Mempromosikan penyerapan nutrisi yang efisien

4. Mempromosikan penyerapan nutrisi efisien
Pixabay/silviarita

Bahwa buah lychee sarat dengan serat makanan yang dapat mengatur pergerakan usus Mama pasca persalinan.

Dilansir dari Organicfacts, jumlah serat makanan signifikan dalam leci seperti pada kebanyakan buah. Ini bisa membantu meningkatkan kesehatan pencernaan kamu.

Bahkan serat pada leci juga berfungsi merangsang gerakan peristaltik otot halus usus halus dan penyerapan nutrisi menjadi efisien. Hal tersebut dapat mengurangi sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

5. Meningkatkan metabolisme lemak, protein dan karbohidrat

5. Meningkatkan metabolisme lemak, protein karbohidrat
Pexels/MART PRODUCTION

Bagi Mama yang ingin menjaga metabolisme dalam tubuh pasca persalinan, maka cobalah mempertahankannya dengan memakan buah leci.

Lebih dari, buah leci dapat memberi Mama energi dan membuatnya merasa lebih baik dan membantu menurunkan berat badan setelah melahirkan. Ini karena leci mengandung jumlah serat dan vitamin B-kompleks yang meningkatkan metabolisme lemak, protein dan karbohidrat. 

Selain itu, kandungan airnya yang tinggi pada leci sangat bagus untuk membuat Mama tetap terhidrasi selama masa menyusui.

Itulah 5 manfaat leci setelah melahirkan. Namun leci harus dinikmati dalam jumlah sedang, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.