5 Minuman untuk Bantu Redakan Mual Pasca Persalinan

Setelah proses melahirkan, apakah Mama sering alami mual?

1 Desember 2021

5 Minuman Bantu Redakan Mual Pasca Persalinan
Pixabay/lovini

Meski sering terjadi, namun Mama tidak boleh mengabaikan tanda dan gejala kondisi setelah proses melahirkan. Terutama jika pada masa pemulihan Mama mengalami rasa mual.

Dr. Ruth Lawrence (penulis Breastfeeding: A guide for the medical professional) menjelaskan kepada Kellymom bahwa mual yang terjadi dengan pengeluaran susu mungkin berhubungan dengan pelepasan oksitosin dan hormon usus.

Agar tidak terus berlanjut, Mama bisa jadikan 5 minuman untuk atasi pereda mual pasca persalinan berikut. Yuk, cek informasinya dari Popmama.com:

1. Minuman sari lemon adalah pilihan yang baik

1. Minuman sari lemon adalah pilihan baik
Pixabay/majacvetojevic

Minuman kesehatan seperti sari lemon yang mengandung asam penetral, senyawa ini membantu meredakan mual pasca persalinan. Itulah sebabnya jus lemon adalah pilihan yang baik. 

Dilansir dari Healthgrades, cobalah menikmati lemon yang asam untuk pereda mual. Asam penetral dalam lemon menciptakan senyawa bikarbonat yang membantu menenangkan sakit perut. 

Bahkan obat mual alami ini juga mengalihkan otak dari perut yang tidak bahagia dan membangkitkan air liur di mulut Mama.

Editors' Picks

2. Minuman jahe memberikan sensasi menenangkan di perut

2. Minuman jahe memberikan sensasi menenangkan perut
Pixabay/Ninetechno

Minuman herbal yang terbuat dari jahe, ini adalah obat mual yang cukup aman Mama minum. Berkat sifat antiinflamasi pada jahe, senyawa itu khusus mempercepat pencernaan dan membantu mual lebih cepat berlalu.

Diwartakan dari Thedailymeal, jahe umumnya direkomendasikan untuk meredakan mual. Ini karena jahe mengandung zat yang disebut gingerol dan shogaol, yaitu meredakan peradangan dan ketidaknyamanan pencernaan.

Ditambah lagi, meminum jahe setelah melahirkan akan memberikan sensasi menenangkan di perut Mama.

3. Minuman dari kayu manis menetralkan keasaman lambung

3. Minuman dari kayu manis menetralkan keasaman lambung
Pixabay/Antonio_Cansino

Minuman dengan tambahan kayu manis, ini adalah obat hebat yang  dapat membantu mencegah mual dan sakit perut di pagi hari. Terutama bagi Mama yang telah melalui proses melahirkan.

Berkat sifat antibakteri dan antivirus di dalam kayu manis, maka minuman tersebut cukup ideal membersihkan sistem pencernaan dan menyingkirkan masalah gastro yang menyebabkan mual.

Dikutip dari Medicalnewstoday, zat lain dalam kayu manis dapat membantu mengurangi gas dan kembung. Bahkan juga termasuk kram, sendawa dan menetralkan keasaman lambung untuk mengurangi mulas atau gangguan pencernaan.

4. Teh peppermint mengatasi sindrom iritasi usus besar

4. Teh peppermint mengatasi sindrom iritasi usus besar
Pixabay/congerdesign

Minuman yang dibuat dari peppermint, ini adalah obat tradisional lain yang membantu mengatasi gangguan pencernaan dan sindrom iritasi usus besar. Termasuk meredakan mual yang terjadi pasca persalinan.

Bahkan peppermint memiliki efek baik yang menenangkan dan membuat otot perut rileks, sehingga empedu dapat memecah lemak. Artinya, teh peppermint minuman yang bisa Mama andalkan.

Apalagi peppermint juga obat yang bagus dalam mengobati masalah perut, lho.

5. Teh herbal memberikan manfaat khusus pada tubuh

5. Teh herbal memberikan manfaat khusus tubuh
Pixabay/congerdesign

Teh herbal lainnya seperti raspberry merah, chamomile atau licorice juga bisa menjadi cara yang bagus untuk meredakan mual maupun ketidaknyamanan lainnya pasca persalinan.

Dirilis dari Timesofindia, teh herbal telah terbukti menjadi salah satu minuman paling sehat di dunia. Dengan secangkir teh herbal setiap hari, seseorang dapat benar-benar mengamati perbedaan dalam tubuh mereka. 

Bahkan meminum teh herbal bisa memberikan manfaat khusus. Terutama pada pencernaan, detoksifikasi dan penurunan berat badan. Ini termasuk membantu dalam relaksasi, pemulihan dan menyegarkan pikiran Mama.

Itulah 5 minuman sehat untuk atasi mual pasca persalinan. Tapi selalu menghubungi dokter jika mual tidak kunjung hilang.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.