Kaleidoskop 2019: Penuh Haru, 7 Perjuangan Saat Melahirkan Para Seleb

Ada yang anaknya terlilit tali pusar dan air ketubannya keruh nih, Ma!

12 Desember 2019

Kaleidoskop 2019 Penuh Haru, 7 Perjuangan Saat Melahirkan Para Seleb
Instagram.com/nadiamulya/kngrendy

Tahun 2019 menjadi momen yang membahagiakan untuk beberapa pasangan artis karena anggota keluarganya telah bertambah.

Sama seperti perempuan lain yang baru melahirkan di tahun ini, beberapa seleb pun memiliki cerita dan kisahnya tersendiri selama proses persalinan. 

Beberapa nama seleb seperti Revalina S. Temat, Nadia Mulya, Putri Titian, Asri Welas, Moa Aeim, Sandra Dewi hingga istri Irfan Hakim memiliki cerita panjang dan kisah mengharukan sendiri saat menanti kelahiran si Kecil di tahun 2019 ini. 

Jika Mama ingin mengetahui kaleidoskop 2019 mengenai kisah seleb beserta perjuangan penuh haru dan menyentuh selama persalinan, kali ini Popmama.com telah merangkum ceritanya. 

Penasaran seperti apa kisahnya? Disimak yuk, Ma!

1. Revalina S Temat, air ketuban menipis dan kaki anak keduanya sempat terlilit tali pusar

1. Revalina S Temat, air ketuban menipis kaki anak kedua sempat terlilit tali pusar
Instagram.com/kngrendy

Tanggal 11 Januari menjadi hari yang begitu membahagiakan dan penuh perjuangan untuk Revalina S Temat. Sebelum hari persalinan tiba, Revalina bersama keluarga melakukan cek mingguan ke dokter. 

"Setelah di cek, kata dokter air ketuban sudah mulai berkurang, lingkar kepala bayi juga agak besar dan perkiraan beratnya sudah 3,9 kg. Nah, setelah dengar penjelasan dokter akhirnya aku dan suami nggak pikir panjang lagi dan mutusin untuk operasi caesar hari itu juga. Lebih tepatnya malam itu setelah sholat maghrib," cerita Revalina melalui Instagram pribadinya.   

Awalnya Revalina memang tidak ada rencana untuk melakukan operasi caesar, namun kondisi janin di dalam kandungan justru berkata lain. Apalagi berat badan bayinya sudah semakin besar dan justru akan berisiko jika terlalu memaksakan diri untuk menjalani persalinan normal. 

"Pas adik R mau dikeluarin dari perutku, tiba-tiba dr.Uf bilang kalau suamiku boleh liat dari depan. Dan ternyata, kakinya adik R kelilit tali pusar! Mungkin itu yang bikin adik R jadi susah turun ke jalan lahir," kata Revalina. 

Usai melahirkan anak keduanya dengan selamat. Adik R yang merupakan anak kedua dari pasangan Revalina Temat dan Rendy Aditya Gunawan memiliki nama lengkap Rajendra Satya Razzani. 

"Rajendra berasal dari dua bahasa. Pertama dari bahasa Sansekerta yang berarti rajanya para dewa, namun dalam bahasa Jawa Kawi berarti sangat tampan. Setelah berdiskusi mengenai nama panggilan dan sepakat memanggilnya Jendra. Ternyata Jendra memiliki arti kemenangan. Sebenarnya nama yang sudah disiapkan bukan Rajendra, melainkan nama lain. Namun, nama yang sudah dipersiapkan selama ini masih kurang sreg. Setelah iseng mencari yang lain ternyata ketemulah dengan nama Rajendra," jelas Rendy Aditya Gunawan saat diwawancarai di Rumah Sakit Brawijaya Antasari, Jakarta Selatan pada Senin (14/1/2019).

Baca juga: Nama Anak Kedua Revalina S. Temat Memiliki Arti dari Berbagai Bahasa

2. Nadia Mulya menanti dengan sabar persalinan anak keempatnya yang sempat mundur 1 minggu dari HPL 

2. Nadia Mulya menanti sabar persalinan anak keempat sempat mundur 1 minggu dari HPL 
Instagram.com/bukaan.moment

Perjuangan di bulan Januari tidak hanya dirasakan oleh Revalina S Temat saja, namun Nadia Mulya pun memiliki kisahnya tersendiri. Hari Perkiraan Lahir (HPL) Nadia Mulya seharusnya diperkirakan jatuh di tanggal 4 Januari 2019, namun harus mundur satu minggu dan melahirkan anak keempatnya di tanggal 12 Januari.  

Di usia kehamilannya yang masuk 42 minggu, Nadia Mulya sempat melakukan berbagai kegiatan sambil menunggu kontraksi saat itu seperti akupuntur, makan mie instan pedas hingga menonton film sekaligus menghitung berapa kali kontraksi dengan durasi film yang 100 menit.  

Dilansir dari mamudmaskin, Nadia Mulya pada tanggal 11 Januari lalu sempat menyatakan kalau dirinya mulai lelah menjelaskan satu per satu saat ditanya "kenapa belum lahir juga?" 

Pertanyaan seperti itu memang niatnya baik, namun dalam kondisi hamil besar membuatnya lama kelamaan menjadi lelah sendiri. Apalagi momen-momen terakhir menjelang HPL, kandungan akan semakin menekan jalan lahir.

Hal itu menyebabkan lebih sering bolak-balik kamar mandi, semakin kesulitan untuk tidur, mulai kepikiran momen saat persalinan nanti hingga merasa pegal di kemaluan atau yang dikenal dengan vaginal pressure. 

Usai perjalanan kehamilan yang cukup panjang, penantian Nadia Mulya bertemu anak keempatnya yang bernama Nilouh Alessandramulya Mudijana. Bayi perempuan yang selama ini disapa Baby N selama masa-masa kehamilan pun akhirnya lahir secara normal pada hari Sabtu, 12 Januari 2019 pukul 21.15.

Baca juga: 

Editors' Picks

3. Putri Titian beberapa hari sebelum persalinan dikejutkan dengan kabar duka karena sang Papa harus berpulang

3. Putri Titian beberapa hari sebelum persalinan dikejutkan kabar duka karena sang Papa harus berpulang
Instagram.com/babyaxioo

Beberapa hari Iago mau lahir, momom di tinggal ayah dan Iago juga satu satunya yang bikin momom kuat. Iago selalu semangatin momom untuk nggak boleh lemah dan bikin momom untuk selalu tetep positif.

Jelang melahirkan anak keduanya, Putri Titian sempat dikejutkan dengan sebuah kabar duka karena sang Papa bernama Razak Bahar harus berpulang pada Senin (11/3/2019) pukul 03.00 WIB dini hari. 

Perasaan duka yang dialami oleh Putri Titian pasti tidaklah mudah ya, Ma. Apalagi kehilangan orangtua kandung di saat dirinya saat itu sedang menanti hari persalinan anak kedua. 

Beberapa hari setelah itu, kabar duka berubah menjadi kabar bahagia karena adik Iori telah lahir. Mykah Iago Liem lahir tepat pada tanggal 15 Maret 2019, kelahirannya tentu memberikan kebahagiaan tersendiri untuk keluarga. 

Tak hanya itu, Putri Titian pun menceritakan bahwa dirinya sangat bersyukur karena kehadiran Iago selama di dalam kandungan begitu berarti. Sejak di dalam perut hingga lahir, sosok Iago begitu membantu Putri Titian saat berjuang menjalani hidup dan membuatnya menjadi pribadi yang lebih positif. 

"You’re the only one who can calm the storm inside my unsettled heart. Welcome to the world kid," tulis Putri Titian. 

Baca juga: 

4. Asri Welas mengalami beragam masalah menjelang persalinan dan HPL maju 2 minggu lebih awal

4. Asri Welas mengalami beragam masalah menjelang persalinan HPL maju 2 minggu lebih awal
Instagram.com/asri_welas

Asri Welas yang dikenal sebagai penyiar radio dan presenter kocak ini juga memiliki cerita sendiri saat melahirkan anak ketiganya. Perjuangannya saat hamil sempat terhalang karena mengalami kekurangan zat besi. 

Padahal perlu disadari bahwa kekurangan zat besi selama masa kehamilan akan memicu ibu hamil merasa lelah dan mudah meningkatkan terserang infeksi. 

"Di kehamilan ini, saya sempat kurang zat besi, jadi mesti transfusi zat besi tiga ampul. Vitaminnya banyak sekali," ujar Asri.

Selain masalah zat besi, berat badan Asri mengalami penurunan daripada saat sebelum hamil anak ketiga. 

Sebuah video yang diunggah oleh Asri pada (12/4/2019) lalu juga memperlihatkan dirinya sedang menangis sekaligus meminta doa kepada warganet agar proses persalinan anak ketiganya pada saat itu dapat berjalan lancar. 

Malam harinya usai mengunggah video tersebut, Asri segera ditangani dengan baik di RSIA Bunda Jakarta. Penanganan infus sudah diberikan untuk menambah air ketuban yang masih kurang di dalam perut. 

Lalu untuk menguatkan paru-paru anak ketiganya ini diberikan suntikan. Asri meminta doa agar operasinya bisa berjalan lancar pada hari Senin pagi. 

Perjuangan dari Asri menjelang persalinan anak ketiganya memang tidak mudah. Warganet dan para sahabat pun memberikan banyak dukungan agar persalinan ketiga dari Asri bisa berjalan lancar. 

Tepat pada tanggal 15 April 2019 perjuangan Asri membuahkan hasil karena anak ketiganya bernama Renzo Gibrar Ridharaharja.

HPL Asri harus maju 2 minggu dari perkirakan yang seharusnya tepat di tanggal 29 April 2019. 

Salut dengan perjuangan Asri Welas ya, Ma!

Baca juga: Minta Didoakan, Asri Welas Menangis Terisak Jelang Melahirkan

5. Istri Irfan hakim melahirkan anak kelima dengan perjuangan apalagi ketubannya pecah, keruh berwarna hijau hingga si Kecil terlilit tali pusar 3 kali

5. Istri Irfan hakim melahirkan anak kelima perjuangan apalagi ketuban pecah, keruh berwarna hijau hingga si Kecil terlilit tali pusar 3 kali
Instagram.com/irfanhakim75

Berkah di Ramadan tahun 2019 menyelimuti untuk pasangan Irfan Hakim dan Della Sabrina Indah Putri karena telah dikaruniai anak kelima tepat pada hari Sabtu (25/5/2019). 

Dalam sebuah video berjudul "Lahiran Anak ke-5 deHakims" di channel YouTube pribadinya bernama deHakims, ketegangan sekaligus cerita bahagia sempat diabadikan oleh Irfan. Video berdurasi 34 menit ini menceritakan awal-awal pembukaan hingga bertemu langsung dengan putranya. 

Di awal video, kabar Della yang sudah mengalami pembukaan ketiga sehingga membuat Irfan Hakim harus segera ke rumah sakit dan pamit lebih awal dari program sahur. Tepat pada pukul 02.40 WIB, Irfan pun berangkat dari studio tempatnya bekerja menuju ke rumah sakit untuk menemani istrinya melahirkan anak kelima. 

Pukul 05.00 WIB, istri Irfan pecah ketuban dan langsung dibawa ke ruang bersalin. 

Berdasarkan cerita dari Irfan di video pribadinya, berat bayi anak kelima ini saat masih di dalam kandungan sudah mencapai 3,3 kilo gram. Namun, kondisinya sempat 3 kali terlilit tali pusar di bagian lehernya. Kondisi inilah yang membuat pasangan ini sempat berdiskusi bersama hingga akhirnya memutuskan untuk melahirkan secara caesar. 

Awalnya istri dari Irfan ingin sekali melahirkan secara normal, namun kondisi kesehatan bayi dalam kandungan berkata lain. 

"Kasihan si adek kalau tiap kontraksi dia jantungnya lemah," ucap Della kepada suaminya. 

"Jadi tadi CTG. Saat CTG tiap kontraksi, jantung adek bayinya melemah karena terlilit tali pusar sampai 3 kali. Tiap kontraksi tampak mengencang, tercekik berkali-laki. Akhirnya dokter memutuskan untuk melakukan caesar saja," jelas Irfan yang menjelaskan detik-detik sebelum istrinya melakukan operasi.

Dari berbagai pertimbangan termasuk masalah keselamatan bayi dan juga sang Mama akhirnya keputusan untuk melakukan persalinan secara caesar pun diambil. 

Tepat pada 07.05 WIB, istri Irfan harus masuk ruang bersalin. Dirinya pun menceritakan kalau banyak dokter berdatangan mulai dari dokter anak, dokter anastesi hingga dokter kandungan yang juga menganjurkan untuk melakukan persalinan secara caesar. Apalagi kondisi jantung anak kelimanya terlalu lemah karena terlilit tali pusar sampai 3 kali.

Selain itu, Irfan berusaha untuk hadir ketika istrinya berjuang. 

"Adek Dzaki keluar yang benar ya, dek. Lilitan tali pusarnya dilepas lalu keluar. Jangan bikin Bunda sakit ya," ucap Irfan saat memberikan dukungan untuk istrinya selama persalinan. 

Setelah beberapa jam berjuang, tepat pada pukul 07.20 WIB Della akhirnya melahirkan anak kelimanya. Menurut pernyataan dari Irfan, putranya ini bernama Dzaki yang lahir dengan berat 3,3365 kilo gram. 

Melalui video tersebut, putranya harus di observasi selama 6 jam. Kadar oksigen dalam darah Dzaki hanya 86 padahal minimal harus 90 dan harus masuk inkubator dengan diberi selang untuk membantu pernapasannya. Kondisi ini pun membuat Della tidak bisa melakukan IMD (Inisiasi Menyusui Dini). 

"Ini salah satunya dikarenakan terlilit tali pusar sampai 3 lilitan dan tadi juga ketika di CTG, setiap kontraksi kemudian terjadi sesak. Denyut jantungnya menurun, akhirnya mungkin dari situ stres. Ketubannya sampai hijau karena bayinya sudah sampai pup terus menerus di dalam kandungan. Jadi pas ketuban pecah pun keliatan sekali berwarna hijau. Di khawatirkan cairan ketubannya ini masuk ke paru-paru. Dari semua anak yang lahir, ini yang agak unik," jelas Irfan. 

Perjuangan dari istri Irfan Hakim patut diacungi jempol nih, Ma!

Baca juga: Istri Irfan Hakim Sempat Menggigil Pasca Persalinan Caesar Anak Kelima

6. Moa Aeim istri Lee Jeong Hoon air ketubannya sempat pecah dan hampir habis

6. Moa Aeim istri Lee Jeong Hoon air ketuban sempat pecah hampir habis
Instagram.com/leejeonghoon

Perjuangan Moa Aeim istri dari Lee Jeong Hoon juga tidak kalah mengesankan saat melahirkan si Kecil bernama Kyra. 

Seperti yang Mama ketahui bahwa setelah melahirkan Kimora Amber Lee pada 5 Mei 2018, kini keluarga Lee Jeong Hoon kembali diberikan kabar bahagia karena sang Istri telah melahirkan anak keempat. 

"Terima kasih Tuhan. Puji Tuhan baby Kyra, anak saya yang keempat menjadi anggota baru keluarga kami yang baru. Saya memperkenalkan kepada teman-teman. Nggak nyangka bisa dirimu menjadi anak Appa yang sangat sederhana dan banyak kurangnya. Meskipun Appa nggak bisa kasih kamu rumah super mewah dan pesawat. Tapi Appa akan selalu jadi pendukung dirimu anakku baby Kyra sampai kapanpun aku akan selalu cinta dan sayang pada dirimu," ucap Lee. 

Kyra Blair Joy Lee lahir pada 5 July 2019 pukul 11.15 WIB di Brawijaya Women & Children Hospital. Melalui YouTube pribadinya, Lee sempat menjelaskan bahwa nama anak keempatnya memiliki arti sebagai karakter setia yang membawa terang dan kemakmuran dalam semua pergumulan. 

"Bayinya ingin keluar lebih awal karena ketubannya pecah dan relatif sudah hampir habis," jelas dokter yang sempat di wawancarai Lee. Kondisi Moa yang air ketubannya sudah habis membuat kelahiran si Kecil menjadi lebih cepat dari yang diperkirakan. 

Meskipun begitu, hal yang terpenting yakni kondisi Kyra dan sang Mama tetap sehat serta seluruh proses bisa berjalan dengan lancar.

Baca juga: Baby Kimora Disebut Mirip Monyet, Lee Jeong Hoon Tempuh Jalur Hukum

7. Sandra Dewi di kehamilan minggu ke-37 khawatir karena posisi anak keduanya sempat sungsang 

7. Sandra Dewi kehamilan minggu ke-37 khawatir karena posisi anak kedua sempat sungsang 
Instagram.com/sandradewi88

Sebelum melahirkan anak kedua bernama Mikhael Moeis pada 2 September 2019, Sandra Dewi sempat khawatir karena posisi anaknya mengalami sungsang ketika usia kehamilan sudah memasuki minggu ke-37. 

"Sampai minggu ke 37 weeks Mika posisi kepalanya belum balik kebawah (sungsang), kemudian saya dan suami novena Tiga Salam Maria. Kalau Mika memang mau lahir caesar atau normal terserah Mika dan Tuhan karena buat saya lahir caesar atau normal terserah dari anaknya. Normal dan caesar sama-sama penuh perjuangan," tulis Sandra Dewi saat menceritakan pengalamannya saat persalinan. 

Saat sudah pasrah kepada Tuhan atas proses persalinan yang akan dijalani Sandra Dewi waktu itu, keajaiban pun datang karena posisi bayinya berubah menjadi normal ketika masuk minggu ke-38. 

"Kemudian doa saya terjawab di 38 minggu, Mika posisinya balik dangan kepala di bawah dan artinya dia maunya normal dan siap buat persalinan normal seperti kakaknya," tambahnya. 

Sandra Dewi juga sangat yakin kalau anak-anak yang akan dilahirkan itu akan memilih jalan lahir mereka sendiri. 

Perlu Mama ketahui bahwa doa Novena Tiga Salam Maria yang dilakukan oleh Sandra Dewi bersama sang Suami sangat ampuh untuk menjawab semua doa-doa. Doa ini pun ditujukan untuk Bunda Maria yang tersuci, terkasih, penolong dan baik hati tanpa noda.

Itulah beberapa rangkuman kaleidoskop dari Popmama.com mengenai 7 seleb yang berjuang penuh haru saat melahirkan anaknya sepanjang tahun 2019. 

Semoga beberapa cerita bahagia serta perjuangan dari para Mama ini bisa menginspirasi banyak orang. Sekali lagi untuk para Mama yang telah berjuang di tahun 2019. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.