Eksklusif: Produksi ASI Sempat Menurun, Niken Anjani Tergoda Berikan Susu Formula untuk Anaknya

Pengalaman tak dapat ASI, Niken tak ingin anaknya juga merasakan hal serupa

15 Juni 2021

Eksklusif Produksi ASI Sempat Menurun, Niken Anjani Tergoda Berikan Susu Formula Anaknya
Popmama.com/Michael Andrew
Seluruh kegiatan photoshoot dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan

Meski belum genap dua bulan menjalani perannya sebagai seorang mama baru, Niken Anjani juga sudah memiliki pengalaman seputar mengASIhi yang penuh perjuangan.

Millennial Mama of The Month Juni 2021 ini menceritakan bagaimana perjuangannya selama memberikan ASI eksklusif untuk anaknya, Anaia Alodie Adimaz.

Pada awal pemberian ASI untuk baby Anaia, produksi ASI Niken sempat alami penurunan. Ia menyebutkan, "Menurun karena menurutku info yang diterima itu nggak jelas. Jadi orang bilang itu sering-sering mompa, tapi saya sendiri nggak tahu definisi dari sering-sering mompa itu apa." 

Bahkan, istri dari Adimaz Pramono ini sempat mengaku tergoda untuk memberikan susu formula (sufor) kepada Anaia lantaran produksi ASInya yang tak kunjung membaik.

Lantas, bagaimana cerita mengASIhi Niken Anjani dengan anak pertamanya itu. Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya.

1. Merasa bingung saat ASInya alami penurunan

1. Merasa bingung saat ASI alami penurunan
Popmama.com/Michael Andrew
Seluruh kegiatan photoshoot dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan

Niken menyebutkan, sejak awal melahirkan Anaia, produksi ASInya sudah keluar dengan baik. Namun beberapa waktu lalu, produksi ASInya kemudian menurun dan membuatnya merasa bingung mengapa demikian.

"Dari situ jadi mikir kenapa ASI turun, tadinya kan nggak kenapa-kenapa. Makan bagus, ini bagus, itu bagus, bingung dong. Baru akhirnya cari tahu ini saya harus ngapain," jelasnya.

Setelahnya, Niken terus berusaha melakukan berbagai cara guna mengembalikan produksi ASInya yang menurun. Mulai dari rutin mengonsumsi daun katuk yang disebut sebagai makanan pelancar ASI, mengonsumsi suplemen vitamin, rajin memompa, dan berbagai cara lainnya.

Pokoknya saya mengambil informasi sebanyak mungkin seputar mengASIhi. Soalnya saya sendiri punya pengalaman nggak dapat ASI (semasa kecil), jadi saya juga takut kalau nggak bisa kasih ASI ke Anaia.

Editors' Picks

2. Sempat tergoda berikan susu formula

2. Sempat tergoda berikan susu formula
Popmama.com/Michael Andrew
Seluruh kegiatan photoshoot dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan

ASI merupakan sumber nutrisi paling ideal untuk pertumbuhan bayi. Itulah mengapa penting bagi Mama yang baru melahirkan untuk memberikan ASI eksklusif kepada anaknya.

Namun nyatanya, perjalanan mengASIhi seorang ibu menyusui tidaklah semudah yang dibayangkan. Akan ada banyak hambatan yang dialami. Begitu juga yang dialami Niken Anjani.

Setelah alami penurunan produksi ASI, Niken mengaku sempat tergoda untuk memberikan sufor kepada baby Anaia. Menurutnya, "Waktu ASI menurun, godaan buat kasihsusu formula jadi gedebanget."

Meski begitu, Niken beruntung memiliki suami yang sangat suportif selama menjalani proses mengASIhi untuk sang anak. Sebab menurutnya, dukungan suami sangat berperan penting untuk membantu melancarkan ASI.

"Tapi alhamdulillah itu saya dapat suami yang suportif banget, pokoknya dibawa santai. Ya kalau memangnggak balik (normal) lagi, yaudah susu formula aja, kan susu formula juga bukan racun. Tapi tetap sebaiknya nomor satu ASI, kita usaha dulu, gitu saya dan suami bilangnya," ujarnya.

3. Perjalanan mengASIhi yang tidak mudah

3. Perjalanan mengASIhi tidak mudah
Popmama.com/Michael Andrew
Seluruh kegiatan photoshoot dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan

Sebagai ibu baru, Niken mengaku bahwa menyusui lebih berat daripada melahirkan. Terlebih ia memiliki pengalaman tidak mendapatkan ASI saat masa kecilnya, inilah yang membuat Niken banyak mempelajari seputar mengASIhi dari berbagai sumber yang ia percaya.

Meski sudah mendapat banyak informasi seputar mengASIhi, Niken mengaku sepanjang perjalanannya memberikan ASI untuk Anaia tidaklah semudah yang dibayangkan.

Menurutnya, "Awal-awal itu Anaia minum nggak terlalu banyak, payudara bengkak, jadi harus dikompres. Itulah untungnya sebelum melahirkan saya mengambil kelas dengan bidan (yang menanganinya), jadi lebih tenang sedikit setidaknya."

Selain alami payudara yang membengkak, Niken juga alami permasalahan umum yang dialami ibu menyusui, yakni puting lecet pada kedua sisi payudaranya. Meski demikian, Niken tetap semangat untuk terus memberikan ASI ekslusif pada buah hati pertamanya itu.

Semua terbayar begitu ASI bisa berjalan dengan normal, dan bisa lihat Anaia minumnya tuh yang glek glek. Jadi kayak yang alhamdulillah di saya juga nggak sakit, Anaia minumnya semangat. Itu sebuah pencapaian sih menurutku.

4. Rahasia ASI booster a la Niken Anjani

4. Rahasia ASI booster a la Niken Anjani
Popmama.com/Michael Andrew
Seluruh kegiatan photoshoot dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan

Guna mengembalikan produksi ASInya, Niken pun melakukan beragam cara yang menurutnya adalah cara terbaik. Dari cara yang ia lakukan, berikut resep ASI booster yang efektif menurut Niken Anjani.

Pertama yang dilakukan Niken adalah melakukan power pumping, yang mana metode ini menjadi metode yang sudah diuji coba oleh banyak ibu menyusui secara eksklusif sebagai cara meningkatkan suplai ASI.

Kedua, selama 3 hari berturut, Niken terus melakukan power pumping guna mengembalikan produksi ASInya yang menurun kembali normal.

Ketiga, Niken pun mengiringinya dengan memenuhi asupan nutrisi dengan mengonsumsi sayuran hijau seperti daun katuk, menambahkan suplemen, dan juga mengonsumsi susu almond yang disebut sebagai minuman pelancar ASI.

"Entah kenapa yang ngaruh  di saya itu susu almond. Justru daun katuk ok-lah kena, tapi begitu saya minum susu almond, langsung Anaia minumnya lancar, lebih banyak dari biasanya. Jadi susu almond itu sangat membantu," jelasnya.

Keempat, selain itu semua, resep ASI booster yang menurut Niken cukup ampuh adalah setiap ibu menyusui harus terus bahagia, tidak stres. Menurutnya, ini adalah kunci utama dalam mengASIhi.

"Sebisa mungkin support system yang ada di rumah, suami, keluarga, baby sitter, tolong bikin si busui ini semangat. Karena begitu Mama senang, ASInya juga deras," ujarnya dengan semangat.

Demi mengembalikan semangat untuk mengASIhi, Niken juga menyebutkan bahwa peran suami dalam memberikan rasa nyaman kala menyusui adalah dengan memberikan pijatan maupun berpelukan.

Jadi caranya kalau dibantu suami itu saya lebih senang pijat beneran yang badan pegal abis menyusui, sama saya juga pelukan. Itu menurutku sangat membantu untuk bisa meningkatkan hormon oksitosin.

#MillennialMama of the Month Edisi Juni 2021 – Niken Anjani

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Photographer - Michael Andrew
Stylist - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter – Putri Syifa Nurfadilah & Ninda Anisya
Social Media - Irma Erdiyanti
Design - Aristika Medinasari & Hilyatul Auliya Habib
Wardrobe - MORAL x Starry (Niken) & Mothercare (Anaia)

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Niken Anjani
Millennial Mama

Niken Anjani

"Apapun yang berkaitan dengan hak Anaia, akan saya lakukan."

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.