Tips Konselor Laktasi, Mengatasi Payudara Bengkak saat di Tempat Kerja

Sering merasakan? Coba cara dari konselor laktasi berikut ini yuk, Ma

6 Agustus 2021

Tips Konselor Laktasi, Mengatasi Payudara Bengkak saat Tempat Kerja
Freepik

Sebagai satu-satunya nutrisi yang didapat oleh bayi sejak awal kehidupannya, memberikan ASI tentu perlu adanya persiapan yang matang demi keberhasilan menyusui. 

Meski sangat berperan penting untuk tumbuh kembang anak, nyatanya tidak semua Mama dapat memberikan ASI secara langsung kepada buah hatinya.

Ada kondisi tertentu yang membuat Mama harus meninggalkan anaknya dan tidak dapat memberikan ASI secara langsung, salah satunya ketika Mama harus pergi bekerja dan meninggalkan bayinya bersama anggota keluarga lain di rumah.

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar si Kecil tidak kehilangan ASI eksklusif saat Mama harus bekerja adalah dengan memberikan ASI yang rutin diperah setiap dua atau tiga jam sekali.

Pada kenyataannya, tak sedikit ibu menyusui yang sibuk bekerja tidak sempat memerah ASI. Kondisi seperti ini akhirnya menyebabkan payudara terasa penuh dan bengkak. Ketika sudah begini, apa yang harus dilakukan ya, Ma?

Untuk mengetahuinya, kali ini Popmama.com telah merangkum informasi selengkapnya berdasarkan jawaban yang telah diberikan oleh Dokter Spesialis Anak Konselor Laktasi. Disimak yuk!

1. Ibu menyusui yang bekerja bukanlah halangan dalam mengASIhi

1. Ibu menyusui bekerja bukanlah halangan dalam mengASIhi
Pexels/Keira Burton

Dijelaskan oleh dr. Jeanne-Roos Tikoalu, Sp.A, IBCLC, CIMI, Spesialis Anak Konselor Laktasi, RSPI Puri Indah dalam Kulwhap Popmama Online Class pada Kamis (5/8/2021), ibu menyusui yang bekerja bukanlah penghalang untuk tetap memberikan ASI kepada buah hatinya.

Dalam hal ini, dr. Jeanne menganjurkan para Mama yang bekerja untuk tetap memberikan ASI dengan cara memerahnya terlebih dahulu.

Disebutkan olehnya, "Apabila Mama bekerja, tentunya memerah ASI harus dilakukan seawal mungkin sebelum mulai bekerja. Mungkin sekitar 2-4 minggu sebelum Mama kembali bekerja."

Editors' Picks

2. Melakukan pompa ASI di kantor

2. Melakukan pompa ASI kantor
Popmama.com/Auliya

Sebelum memutuskan kembali bekerja, Mama perlu mempersiapkan diri untuk melakukan pompa ASI setidaknya 2-4 minggu sebelumnya. Hal ini untuk melatih Mama dalam memerah ASI sedari dini.

"Belajar (lebih dulu) bagaimana cara memompa. Apabila Mama bekerja, maka memompa dilakukan di kantor. Jika sedang di rumah, maka disarankan untuk bisa menyusui secara langsung," ucap dr. Jeanne.

3. Mengalami bengkak payudara saat bekerja

3. Mengalami bengkak payudara saat bekerja
Freepik

dr. Jeanne juga menjelaskan bahwa memerah ASI dianjurkan dilakukan setiap tiga jam sekali dan 30 menit per payudara. Namun, jika Mama terlalu sibuk di tempat kerja dan tidak sempat melakukan pompa ASI, ini bisa membuat payudara menjadi bengkak.

Lalu apa yang bisa dilakukan? Berikut yang disarankan dr. Jeanne ketika payudara penuh dan menyebabkan bengkak. Pertama adalah dengan meminta izin terlebih dahulu dengan atasan, paling tidak selama satu jam.

Setelah itu, pergi ke tempat yang aman dan nyaman untuk memerah ASI. Lakukan kompres hangat terlebih dahulu setidaknya 5-10 menit. Selanjutnya Mama bisa mencoba melakukan pijat payudara dari arah pangkal ke ujung payudara.

"Usahakan untuk membantu mengeluarkan ASI dengan tangan. Paling tidak yang perlu dilakukan adalah ibu perlu mengetahui posisi kelenjar-kelenjar ASI, yakni 3-5 cm dari pangkal puting," ujar dr. Jeanne.

Cara mengeluarkan ASI dengan tangan yang perlu Mama lakukan adalah dengan meletakan jari di arah jam enam sampai 12  atau sekitar 3-5 cm dari dasar puting. Setelah diposisi itu, pertahankan pada posisi jam enam sampai jam 12, tarik ke badan mama dan mulailah memerah di posisi seperti itu.

4. Mempersiapkan keperluan memerah ASI sebelum bekerja

4. Mempersiapkan keperluan memerah ASI sebelum bekerja
Popmama.com/Auliya

dr. Jeanne menyadari bahwa tidak semua tempat kerja dapat menyediakan fasilitas untuk ibu menyusui dalam memerah ASI. Untuk itu, ia menyarankan kepada para Mama agar mempersiapkan keperluan memerah ASI dari rumah.

"Bagi Mama dan teman-teman yang harus memerah ASI di tempat bekerja, tentunya harus ada tempat yang bisa membuat ibu tenang, ada tempat untuk mencuci tangan. Alangkah baiknya, saat bekerja juga membawa persiapan untuk memerah dari rumah," ujarnya.

Itulah yang bisa ibu menyusui lakukan untuk mengatasi payudara bengkak saat di tempat kerja. Semoga informasinya bermanfaat dan bisa diterapkan ya, Ma.

Semangat selalu dalam mengASIhi buah hati.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.