Apakah Ibu Hamil Boleh Menyusui? Ini Dia Penjelasan Sang Ahli

Berat rasanya menyapih Kakak sebelum 2 tahun tapi saat ini sedang hamil. Begini penjelasan dokter

22 Juli 2018

Apakah Ibu Hamil Boleh Menyusui Ini Dia Penjelasan Sang Ahli
Freepik/v.ivash

Bagi Mama yang mengalami kondisi anak belum 2 tahun dan belum di sapih ASI, kemudian sudah hamil lagi pasti bertanya-tanya dalam hati. Jika ada hal yang menghantui pikiran Mama, tentang keamanan janin mama dan kesehatan anak mama maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan Mama.

Pertanyaan yang paling sering terbesit adalah:

“Kira-kira aman nggak ya, kalau aku hamil tapi masih tetap menyusui?”

“Nutrisinya terpenuhi nggak ya?”

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut berikut ini penjelasan dr. Feby SpOG dari RS Evasari Awal Bros kepada Popmama.com saat diwawancara. Simak penjelasannya yuk Ma.

1. Apakah aman jika ibu hamil juga menyusui bayi?

1. Apakah aman jika ibu hamil juga menyusui bayi
Freepik

“Menyusui di kala hamil merupakan prosedur yang aman. Syaratnya, Mama harus banyak makan makanan yang bernutrisi seimbang, istirahat yang cukup dan harus dalam kondisi relax.”

Editors' Picks

2. Apa yang mungkin dirasakan ibu hamil pada saat menyusui?

2. Apa mungkin dirasakan ibu hamil saat menyusui
Freepik/prostooleh

“Ketika menyusui pada saat hamil, ibu hamil mungkin merasakan kontraksi ringan. Perlu diperhatikan kontraksi yang dirasakan ini bukanlah kontraksi seperti ingin melahirkan, namun terasa kencang di perut bagian bawah atau area rahim.”

3. Apa penyebab perut ibu hamil terasa kencang saat menyusui?

3. Apa penyebab perut ibu hamil terasa kencang saat menyusui
Freepik

“Hal ini karena hormon oksitoksin bekerja, hormon yang mengalirkan ASI, sekaligus hormon yang merangsang kehamilan. Kontraksi seperti ini tidaklah berisiko untuk janin, keguguran, ataupun persalinan prematur.”

"Namun sebaliknya, jika Mama memiliki riwayat sulit hamil, riwayat persalinan prematur dan riwayat keguguran berulang, Mama dapat mempertimbangkan untuk menyapih Si Kakak."

4. Konsultasi ke dokter kandungan Mama

4. Konsultasi ke dokter kandungan Mama
Pixabay/DarkoStojanovic

"Tetapi untuk meyakinkan, sebaiknya periksakan terlebih dahulu ke dokter kandungan apakah ibu hamil dalam kondisi normal dan sehat, maka tidak ada alasan fisik atau medis untuk tidak menyusui. Namun, bila saat menyusui terjadi flek yang terus menerus maka segera periksakan kehamilan Mama ke dokter kandungan."

5. Efek menyusui bagi ibu hamil

5. Efek menyusui bagi ibu hamil
Freepik/v.ivash

"Perlu diketahui pula bahwa, menyusui membuat ibu tenang. Ketenangan dan istirahat ekstra sangat diperlukan bagi Mama dengan kondisi menyusui dikala hamil. Menyusuilah dengan posisi berbaring atau posisi aman (terhindar dari posisi menendang perut) , biasanya kedua ibu dan anak sama-sama bisa tertidur."

Itulah penjelasan dari dr. Feby SpOG mengenai ibu hamil yang juga masih menyusui. Semoga kehamilan dan proses menyusui berlangsung dengan lancar. Mama bisa merasa tenang dan tak merasa cemas lagi sekarang.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.