TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Cara Mengatasi Kelelahan setelah Melahirkan

Pastikan Mama mengonsumsi vitamin & makan makanan bernutrisi agar terhindar dari kelelahan

19 Agustus 2022

7 Cara Mengatasi Kelelahan setelah Melahirkan
Freepik/tirachardz

Pasca melahirkan tubuh Mama sangat mungkin mengalami kelelahan. Ini bisa terjadi karena perubahan hormon selama hamil dan melahirkan, bertambahnya akitivitas baru sebagai Ibu menyusui, hingga depresi pasca melahirkan.

Menurut Baby Center, sekitar 40% Mama mengalami kelelahan pasca melahirkan dan biasanya terjadi di minggu-minggu awal setelah bayi lahir. Kondisi ini umumnya ditandai dengan perubahan fisik dan emosional, sulit berkonsentrasi, mengalami kecemasan berlebih, hingga sulit tidur.

Meski bisa mereda dengan sendirinya, jika kelelahan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, tentunya Mama perlu waspada ya. Di bawah ini Popmama.com akan berikan informasi mengenai7 cara mengatasi kelelahan setelah melahirkan.

1. Penuhi asupan nutrisi tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat

1. Penuhi asupan nutrisi tubuh mengonsumsi makanan sehat
Freepik/pvproductions

Dilansir dari Verywell Family, memenuhi nutrisi dan menghidrasi tubuh sangat penting untuk proses pemulihan tubuh pasca melahirkan. Oleh sebab itu, Mama perlu makan makanan yang bernutrisi tinggi.

Sebab mengonsumsi makanan akan membuat tubuh lebih berenergi dan kandungan nutrisinya sangat baik untuk Mama yang sedang menyusui. Cobalah makan lebih banyak sayur, buah dan kacang-kacangan ya.

2. Jangan lupa minum vitamin untuk pemulihan tubuh pasca persalinan

2. Jangan lupa minum vitamin pemulihan tubuh pasca persalinan
Freepik/stockking

Cara mengatasi kelelahan setelah melahirkan berikutnya yaitu minum vitamin. Vitamin sangat penting untuk pemulihan tubuh serta mendukung proses menyusui si Kecil. Dengan mengonsumsi vitamin, tubuh jadi terhindar dari rasa lelah dan lemah.

Vitamin pasca persalinan yang bisa diminum diantaranya zat besi, vitamin B12, vitamin D dan yodium. Jika ragu, sebaiknya konsultasikan diri terlebih dahulu ke dokter sebelum minum vitamin ya.

Editors' Picks

3. Batasi kunjungan keluarga atau kerabat

3. Batasi kunjungan keluarga atau kerabat
Freepik/pch.vector

Biasanya pasca melahirkan, orang-orang terdekat ingin datang berkunjung untuk melihat bayi. Padahal hal ini tanpa disadari bisa menguras energi Mama yang baru saja melahirkan.

Karena itu, sebaiknya batasi kunjungan keluarga atau kerabat agar Mama bisa beristirahat dan mengurus bayi. Apabila muncul rasa tidak enak untuk menolak, berikan jadwal kunjungan beberapa hari ke depan saat kondisi Mama sudah benar-benar pulih.

4. Lakukan olahraga rutin dengan jenis dan intensitas yang ringan

4. Lakukan olahraga rutin jenis intensitas ringan
Pexels/Olly

Olahraga memang bisa membantu meningkatkan energi dan suasana hati. Dimana hal ini secara langsung bisa membantu Mama mengatasi kelelahan setelah melahirkan. Tapi sebelum memulai olahraga, sebaiknya konsultasikan diri terlebih dahulu ke dokter ya.

Jika sudah mendapat izin dari dokter, pilihlah olahraga dengan jenis dan intensitas yang ringan seperti berjalan kaki atau yoga. Ini agar tubuh tidak kehabisan energi dan proses pemulihan tetap bisa berjalan sebagaimana mestinya.

5. Pastikan tubuh mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas

5. Pastikan tubuh mendapatkan tidur cukup berkualitas
Freepik/tirachardz

Untuk mengatasi kelelahan, tentunya Mama perlu mengistirahatkan tubuh salah satunya dengan tidur. Rasanya memang sulit ya mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas pasca melahirkan. Tapi setidaknya Mama bisa mencoba.

Mintalah bantuan pasangan untuk mengganti popok dan memberikan ASI perah untuk bayi, terutama di malam hari. Selain itu, Mama bisa juga menyempatkan waktu untuk tidur di saat bayi sedang tidur di siang hari.

6. Menghidrasi tubuh dengan perbanyak minum air putih

6. Menghidrasi tubuh perbanyak minum air putih
Freepik/azerbaijan_stockers

Menghidrasi tubuh dengan perbanyak minum air putih juga bisa jadi cara mengatasi kelelahan setelah melahirkan. Minum air akan memberikan energi ekstra bagi tubuh dan menjaga suasana hati tetap baik.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) minum air yang cukup dapat membantu mengatur suhu tubuh, melumasi sendi, melindungi sumsum tulang belakang dan membuang limbah melalui keringat, urine dan tinja.

Pasca melahirkan dan menyusui, Mama disarankan untuk minum air putih sebanyak 8 hingga 10 gelas setiap harinya, atau setara dengan kurang lebih 2,5 liter.

7. Mintalah bantuan dari orang terdekat untuk sementara waktu

7. Mintalah bantuan dari orang terdekat sementara waktu
Freepik/pch.vector

Pasca melahirkan, Mama tentu akan dihadapkan dengan aktivitas baru yakni menyusui si Kecil. Proses menyusui nyatanya juga bisa menguras energi tubuh dan menyebabkan kelelahan.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk meminta pasangan, keluarga atau kerabat dekat untuk sementara waktu membantu pekerjaan rumah. Selain itu, Mama bisa juga pertimbangkan untuk mempekerjakan Asisten Rumah Tangga (ART) ya.

Itu tadi informasi mengenai 7 cara mengatasi kelelahan setelah melahirkan.

Kelelahan memang wajar terjadi setelah melahirkan bayi dan akan mereda dengan sendirinya setelah beberapa minggu. Namun jika rasa lelah sampai mengganggu aktivitas sehar-hari, nggak ada salahnya untuk coba atasi dengan beberapa cara di atas ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk