Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Heroik! Petugas Damkar Bantu Ibu Melahirkan Menggunakan Skywalker

Yuliana tak bisa turun dari lantai dua rumahnya karena kondisi tangga yang sudah keropos

12 Januari 2023

Heroik Petugas Damkar Bantu Ibu Melahirkan Menggunakan Skywalker
Dok. Damkarla Gresik

Proses melahirkan yang berlangsung dramatis dialami oleh seorang Ibu bernama Yuliana asal Gersik, Jawa Timur.

Perempuan berusia 40 tahun ini terpaksa harus dievakuasi oleh petugas Damkar dari lantai dua rumahnya. Hal ini lantaran ia sudah mengalami kontraksi dan tidak sanggup menuruni anak tangga berbentuk spiral di rumahnya.

Karena minimnya sarana dan prasarana, akhirnya petugas Damkar memutuskan untuk menggunakan bantuan skywalker milik Dishub Kota Gersik. Ini dilakukan untuk mempermudah proses evakuasi serta persalinan Yuliana.

Di bawah ini Popmama.com berikan informasi selengkapnya untuk Mama.

1. Seorang Ibu di Gersik Hendak Melahirkan Bayi di Lantai Dua Rumahnya

1. Seorang Ibu Gersik Hendak Melahirkan Bayi Lantai Dua Rumahnya
Dok. Damkarla Gresik

Pada Rabu (11/1/23), seorang Ibu bernama Yuliana diketahui tak bisa turun dari lantai dua rumahnya yang berada di Jalan Raya Sukomulyo, Kecamatan Manyar, Gersik. Padahal saat itu, dirinya sudah merasakan kontraksi dan hendak melahirkan bayi di dalam kandungannya.

Hal ini diketahui setelah petugas Puskesmas Sukomulyo, menerima laporan mengenai kondisi Yuliana yang hendak melahirkan. Namun setibanya di lokasi, petugas Puskesmas justru menemukan Yuliana berada di kamar lantai dua rumah, dengan kondisi tangga yang sudah keropos dan cukup berbahaya untuk dituruni.

Editors' Picks

2. Pihak Puskesmas Menghubungi Damkar untuk Membantu Proses Evakuasi

2. Pihak Puskesmas Menghubungi Damkar Membantu Proses Evakuasi
Freepik/Racool_studio

"Pas kami naik ke lantai dua itu tangga menuju ke tempat pasien sudah keropos dan rapuh. Sehingga kami harus berjalan pelan-pelan menuju ke atas," kata Kepala UPT Puskesmas Sukomulyo dr Titik Ernawati pada Rabu (11/1/2023).

Mengetahui bahwa Yuliana tak bisa turun dari lantai dua rumahnya, petugas puskesmas lantas menghubungi Damkar Kota Gersik, untuk membantu proses evakuasi.

3. Tak Disangka, Petugas Damkar Mengevakuasi Yuliana dengan Bantuan Skywalker

3. Tak Disangka, Petugas Damkar Mengevakuasi Yuliana Bantuan Skywalker
Dok. Damkarla Gresik

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamat (Damkarmat) Gersik, Agustin Halomoan Sinaga menyebut bahwa tangga yang ada di rumah Yuliana berbentuk spiral dengan beberapa bagian yang sudah keropos. Ini dikhawatirkan berisiko untuk Ibu dan bayi, serta petugas kesehatan yang menolong proses persalinan.

Akhirnya, petugas Damkar memutuskan untuk berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota Gersik, guna membantu proses evakuasi Yuliana dengan menggunakan skywalker.

Setelah berhasil turun dari lantai dua rumahnya, Yuliana pun segera dilarikan ke Puskesmas terdekat dengan menggunakan ambulans.

4. Yuliana Berhasil Melahirkan Bayinya dengan Sehat dan Selamat

4. Yuliana Berhasil Melahirkan Bayi Sehat Selamat
Freepik/Rawpixel.com

Saat proses evakuasi berlangsung, Yuliana mengaku kontraksinya makin terasa hebat. Berutungnya, Yuliana bisa bertahan dan berhasil melahirkan buah hatinya dengan selamat, dibantu oleh tim medis Puskemas Sukomulyo.

"Alhamdulillah, setelah proses persalinan itu bayi yang lahir dan ibunya sama-sama sehat. Ibunya turun menggunakan sky walker. Kemudian dibawa menggunakan ambulans ke Puskemas,” ungkap Titik kepada awak media.

Namun untuk saat ini, menurut Titik, Yuliana masih harus menjalani perawatan intensif. Dimana pasca melahirkan, Yuliana juga tidak disarankan untuk menaiki atau menuruni anak tangga yang sudah keropos di rumahnya tersebut.

Demikian informasi mengenai aksi heroik petugas Damkar bantu Ibu melahirkan menggunakan Skywalker. Semoga informasi ini bisa jadi pelajaran untuk kita semua, khususnya bagi Mama yang hendak melahirkan ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk