Berapa Lama Menyusui Anak Menurut Islam? Cari Tahu di Sini, Ma

Anjuran untuk menyusui bayi terdapat dalam Al Quran surat Al Baqarah Ayat 233

22 April 2021

Berapa Lama Menyusui Anak Menurut Islam Cari Tahu Sini, Ma
Freepik

Menyusui adalah masa terpenting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi. Selama menyusui, Mama akan membagi nutrisi dengan si Kecil karena bayi belum dapat memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. 

Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan untuk memberikan ASI eksklusif selama enam bulan, kemudian dilanjutkan hingga bayi berusia dua tahun. Namun, ketika bayi berusia enam bulan, si Kecil sudah bisa mengonsumsi makanan tambahan selain ASI atau biasa disebut makanan pendamping ASI (MPASI). 

Namun, tahukah Mama jika Islam juga memiliki aturan untuk ibu menyusui? Berapa lama Mama harus menyusui menurut Islam? Berikut ulasannya yang dirangkum oleh Popmama.com

1. Menyusui selama 2 tahun

1. Menyusui selama 2 tahun
Freepik

Anjuran untuk menyusui bayi terdapat dalam Al Quran surat Al Baqarah Ayat 233. Dalam Al Quran, masa menyusui disebut masa emas atau golden age bagi bayi.

Islam menganjurkan Mama untuk menyusui bayi selama dua tahun. Anjuran ini memang sama dengan anjuran yang disampaikan oleh WHO. 

"Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan persusuan," bunyi surat Al Baqarah Ayat 233. 

Editors' Picks

2. Ibu menyusui boleh menyapih sebelum dua tahun

2. Ibu menyusui boleh menyapih sebelum dua tahun
Freepik/Tongpatong

Menyusui bayi hingga usia dua tahun hanyalah sebatas anjuran, bukan kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap ibu menyusui. Pasalnya, dalam lanjutan surat Al Baqarah Ayat 233 disebutkan, ibu menyusui diperbolehkan untuk menyapih bayi walaupun usianya kurang dari dua tahun. 

Ibu menyusui yang menyapih bayi pun tidak akan dikenakan dosa selama keputusan tersebut merupakan hasil musyawarah. Artinya, keputusan menyapih telah dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter atau dengan pasangan mama. 

Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya,” lanjutan surat Al Baqarah Ayat 233.

3. Dukungan Papa selama masa menyusui

3. Dukungan Papa selama masa menyusui
Freepik/freepik

Selama menyusui bayi, Papa juga diwajibkan untuk memberikan dukungan kepada Mama. Sebab, selama menyusui, terjadi perubahan hormon dalam tubuh mama yang menyebabkan Mama kerap mengalami mood swing yang berpengaruh pada produksi ASI. 

Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma'ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian,” lanjutan surat Al Baqarah Ayat 233. 

4. Boleh mendapat ASI dari orang lain

4. Boleh mendapat ASI dari orang lain
Freepik/rawpixel.com

Al Quran juga memperbolehkan bayi mama mendapatkan ASI dari orang lain atau donor ASI apabila produksi ASI mulai menurun. 

Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan,” lanjutan surat Al Baqarah Ayat 233. 

5. Kewajiban menghormati orangtua

5. Kewajiban menghormati orangtua
Pexels/William Fortunato

Menyusui selama dua tahun merupakan bentuk perhatian orangtua, terutama Mama kepada anaknya. Oleh karena itu, Allah SWT memerintahkan setiap anak untuk berbakti kepada orangtua. 

"Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun." bunyi ayat Al Aquran surat Luqman ayat 14. 

Itulah panduan menyusui menurut islam. Jika Mama memutuskan untuk menyapih si Kecil sebelum usianya menginjak dua tahun, lakukanlah proses menyapih dengan penuh kasih sayang untuk memberikan rasa nyaman bagi Mama dan bayi. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk