Selain Dapat Pahala, Ini 5 Manfaat Puasa bagi Ibu Menyusui

Puasa ternyata bisa memberikan manfaat bagi ibu menyusui

22 April 2021

Selain Dapat Pahala, Ini 5 Manfaat Puasa bagi Ibu Menyusui
Freepik

Sebagian besar ibu menyusui mungkin masih ragu untuk berpuasa di bulan Ramadan. Mereka khawatir asupan nutrisi untuk si Kecil akan terganggu ketika memutuskan untuk berpuasa. 

Di sisi lain, ibu menyusui juga ingin menjalankan ibadah puasa Ramadan yang hanya bisa dilakukan setahun sekali. 

Saat Mama ragu, tak ada salahnya untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Dokter umumnya memperbolehkan Mama untuk berpuasa apabila tidak ada riwayat penyakit tertentu. Perlu diketahui, puasa ternyata bisa memberikan manfaat bagi ibu menyusui. 

Apa saja manfaat puasa bagi ibu menyusui? Di bawah ini Popmama.com telah rangkum lima manfaat puasa yang perlu diketahui oleh ibu menyusui. 

1. Mencegah penyakit diabetes

1. Mencegah penyakit diabetes
Freepik/phduet

Ketika menyusui, nafsu makan mama mungkin bertambah karena Mama harus membagi nutrisi makanan dengan si Kecil. Nafsu makan yang meningkat bisa menyebabkan pola makan yang berlebihan. Itulah sebabnya, berpuasa bisa membantu Mama mengatur pola makan yang baik. 

Pola makan yang teratur bisa memperkecil risiko terserang penyakit diabetes. Namun, perlu diingat, Mama juga harus mengonsumsi makanan bergizi seimbang saat sahur dan berbuka puasa. Saat sahur, Mama sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi makro seperti karbohidrat, protein, dan serat. 

Kemudian, saat berbuka puasa, Mama bisa menambah makanan yang mengandung lemak, vitamin, dan mineral. Walaupun pola makan menjadi lebih teratur, Mama tetap harus membatasi konsumsi makanan dan minuman manis, ya. 

Editors' Picks

2. Menurunkan kadar kolesterol

2. Menurunkan kadar kolesterol
Freepik/rawpixel.com

Pada bulan Ramadan, umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan salat tarawih. Ketika Mama rutin melakukannya, maka secara otomatis tubuh mama akan membakar kalori dari makanan yang disantap saat berbuka puasa. 

Jika tubuh mama aktif bergerak setelah berbuka puasa, maka peredaran darah menjadi lebih lancar dan kadar kolesterol pun bisa turun. Penurunan kadar kolesterol juga dapat mencegah dari penyakit berbahaya seperti penyumbatan pembuluh darah dan gangguan jantung.

3. Menjaga kesehatan jantung

3. Menjaga kesehatan jantung
Pexels/Puwadon Sang-ngern

Telah disinggung sebelumnya bahwa berpuasa bisa menurunkan kadar kolesterol. Apabila kadar kolesterol turun, maka itu memengaruhi kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

Ibu menyusui yang memiliki jantung sehat, maka secara otomatis produksi ASI juga meningkat. Mama pun tak perlu khawatir dengan asupan nutrisi untuk bayi ketika produksi ASI melimpah. 

4. Menetralkan racun

4. Menetralkan racun
Freepik/benzoix

Manfaat puasa selanjutnya adalah menetralkan racun. Saat berpuasa, bisa menjadi kesempatan bagi Mama untuk mengurangi asupan makanan tidak sehat yang masuk ke tubuh. 

Artinya, Mama membatasi jumlah asupan kalori kosong dan lemak jenuh. Tubuh mama pun bisa menghasilkan enzim antioksidan alami yang mampu membersihkan racun atau zat kimia berbahaya dalam tubuh. 

5. Menstabilkan emosi

5. Menstabilkan emosi
Freepik/8photo

Terpenting adalah berpuasa dapat membantu menstabilkan emosi mama. Saat menyusui, terjadi perubahan hormon dalam tubuh mama yang menyebabkan Mama mudah marah atau mengalami mood swing. Dengan berpuasa, Mama melatih diri sendiri untuk menahan amarah demi mendapatkan pahala puasa. 

Itulah sejumlah manfaat puasa bagi ibu menyusui. Sebelum memutuskan untuk berpuasa, Mama tetap harus konsultasi terlebih dahulu ke dokter. Demi kesehatan mama dan bayi, Mama sebaiknya hanya berpuasa jika telah diizinkan oleh dokter, ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.