TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Mama, Ini Doa dalam Al Quran untuk Melancarkan ASI

Selain mengonsumsi makanan bergizi, Mama juga bisa berdoa untuk melancarkan produksi ASI

26 April 2021

Mama, Ini Doa dalam Al Quran Melancarkan ASI
Freepik

Setiap ibu menyusui tentu ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Ibu menyusui akan mengonsumsi beragam makanan bergizi agar produksi ASI-nya tetap lancar dan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil. 

Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menganjurkan untuk memberikan ASI eksklusif hingga bayi berusia enam bulan dan dilanjutkan hingga si Kecil berusia dua tahun. 

Mama tentu sudah mengetahui bahwa ASI memiliki banyak manfaat untuk bayi, mulai dari meningkatkan sistem imunitas hingga menunjang tumbuh kembangnya. Namun, perlu Mama ketahui bahwa selain mengonsumsi makanan bergizi, Mama juga bisa berdoa untuk melancarkan produksi ASI. 

Doa untuk melancarkan ASI bahkan tercantum dalam Al Quran. Untuk memudahkan Mama, Popmama.com telah merangkum doa untuk melancarkan ASI yang tercantum dalam Al Quran.

1. Doa agar ASI melimpah

1. Doa agar ASI melimpah
Pixabay/erickromansyah9

Apabila produksi ASI mama mulai menurun, Mama bisa membaca surat Al Baqarah Ayat 60. Dalam kutipan ayat itu, Allah berfirman akan memberikan rezeki yang melimpah seperti saat Allah memberikan air untuk kaum Nabi Musa AS. 

Mama bisa membaca surat Al Baqarah Ayat 60 sambil mengusap payudara dengan lembut untuk memohon peningkatan produksi ASI kepada Allah SWT. 

Dan (ingatlah) saat Musa memohon air untuk kaumnya, lalu Kami berfirman: "Pukul batu itu dengan tongkatmu". Lalu memancar lah dari padanya dua belas mata air. Sungguh tiap-tiap suku telah mengetahui tempat minumnya (masing-masing). Makan dan minum lah rezeki (yang diberikan) Allah, dan jangan lah kamu berkeliaran di muka bumi dengan berbuat kerusakan,” arti dari surat Al Baqarah Ayat 60. 

Editors' Picks

2. Doa agar selalu sehat selama menyusui

2. Doa agar selalu sehat selama menyusui
Freepik

Apabila Mama ingin memohon untuk selalu diberikan kesehatan selama menyusui, maka Mama bisa membaca surat Asy Syu’ara Ayat 78-80. Dalam potongan ayat tersebut, Allah berfirman bahwa setiap ibu menyusui harus bersyukur atas rezeki dan kesehatan yang telah diberikan kepada mereka. 

Seperti Mama ketahui bahwa kesehatan adalah faktor terpenting agar produksi ASI melimpah. Ketika Mama sehat, maka tubuh bisa memproduksi ASI secara baik. Sebaliknya, ketika Mama sakit, maka produksi ASI juga bisa menurun. 

Dialah Allah SWT yang telah menciptakan aku, maka  dialah yang menunjuki aku, dan Dialah Tuhan yang memberiku makan dan minum, dan apabila aku sakit, Dialah yang menyembunyikan aku,” arti dari surat Asy Syu’ara Ayat 78-80. 

3. Doa memohon pertolongan Allah 

3. Doa memohon pertolongan Allah 
Pexels/rodnae-prod

Ketika Mama sudah bingung bagaimana cara meningkatkan produksi ASI, maka Mama bisa membaca surat Ar Rad Ayat 8-9. Dalam surat tersebut, Allah memerintahkan ibu menyusui untuk memohon pertolongan kepada-Nya bila merasa bimbang selama masa menyusui. 

Allah mengetahui apa yang dikandung oleh setiap perempuan dan tahu apa yang kurang dari apa yang terkandung dalam rahim atau lebih. Dan setiap hal yang ditetapkan pada sisi-Nya dengan tingkat tertentu. Dia adalah Yang Mengetahui semua yang gaib dan yang tampak, Dia adalah Yang Maha Besar lagi Maha Tinggi,” arti surat Ar Rad Ayat 8-9.

4. Anjuran menyusui dalam Islam

4. Anjuran menyusui dalam Islam
Freepik/phduet

Sementara itu, anjuran menyusui selama dua tahun juga tercantum dalam surat Al Baqarah Ayat 233. Dalam potongan ayat tersebut, Allah menganjurkan setiap ibu untuk menyusui bayi hingga usia dua tahun. 

"Dan bagi para ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya," bunyi potongan surat Al Baqarah Ayat 233. 

Apabila Mama ingin menyapih si Kecil ketika usianya belum menginjak dua tahun, Mama tidak berdosa selama sudah dimusyawarahkan dengan pasangan dan dokter. 

“Jangan lah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan waris pun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya,”

“Dan jika kamu ingin anakmu disusui oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahui lah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan,” lanjutan surat Al Baqarah Ayat 233.

Selain memohon doa untuk melancarkan ASI, Mama juga tetap harus berusaha agar produksi ASI meningkat dengan mengonsumsi makanan bergizi dan suplemen yang telah direkomendasikan oleh dokter. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk