ASI Booster, Apakah Sari Kacang Hijau Kemasan Aman untuk Ibu Menyusui?

Amankah mengonsumsi minuman kemasaan saat menyusui?

17 Februari 2021

ASI Booster, Apakah Sari Kacang Hijau Kemasan Aman Ibu Menyusui
Pixabay/PDPics

Untuk menjaga kesehatan tubuh dan memproduksi ASI yang berkualitas, ibu menyusui harus mengonsumsi makanan kaya nutrisi. Salah satunya adalah kacang hijau. Kacang  hijau kaya akan protein dan mineral yang baik untuk ibu hamil.

Mama dapat mengonsumsi kacang hijau dengan berbagai cara, seperti membuat sari kacang hijau. Sari kacang hijau bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, mencegah diabetes gestasional, dan mendukung pertumbuhan janin.

Saat ini di pasaran dijual sari kacang hijau kemasan. Minuman kemasan tentu lebih praktis dan enak untuk dikonsumsi ya Ma, tetapi apakah aman untuk ibu menyusui?

Berikut Popmama.com rangkum informasi seputar keamanan sari kacang hijau kemasan untuk ibu menyusui.

1. Apa itu sari kacang hijau?

1. Apa itu sari kacang hijau
Pixabay.com/PDPics

Sari kacang hijau adalah minuman yang diperoleh dari ekstrak kacang hijau. Minuman ini kaya protein dan baik untuk ibu menyusui, terutama untuk meningkatkan kualitas ASI.

Sari kacang hijau juga sering disebut susu kacang hijau. Proses pembuatannya pun sama dengan proses pembuatan sari kacang-kacangan lainnya, seperti susu kedelai atau sari kedelai.

Apa saja manfaatnya untuk ibu menyusui?

Editors' Picks

2. Manfaat sari kacang hijau untuk ibu menyusui

2. Manfaat sari kacang hijau ibu menyusui
Freepik/JoaquinCorbalan

Kacang hijau sendiri termasuk kacang-kacangan yang tinggi protein. Mengandung asam amino esensial, asam folat, dan serat yang sangat baik untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh.

Ketika dikonsumsi, sari kacang hijau bukan hanya dapat menyegarkan tubuh dan melepas dahaga saja, Ma. Sesuai kandungannya tersebut, manfaat sari kacang hijau yang baik bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

  • ASI booster

Tinggi kandungan karbohidrat dan protein, kacang hijau dapat meningkatkan produksi ASI. Lemak tak jenuh pada kacang hijau berperan penting dalam mendukung perkembangan otak bayi.

  • Menurunkan kadar kolesterol

Sari kacang hijau bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Kolesterol tinggi menyebabkan penumpukan timbunan lemak di arteri sehingga mengganggu aliran darah ke jantung dan otak. Gangguan ini pada akhirnya yang menyebabkan serangan jantung dan stroke.

  • Mencegah heat stroke

Antioksidan yang ada pada sari kacang hijau dapat membantu mencegah heat stroke. Pasalnya sari kacang hijau dapat berperan untuk menghidrasi tubuh agar tidak mengalami heat stroke saat udara panas.  

  • Menyehatkan sistem pencernaan

Kacang hijau mengandung serat larut yang dapat membantu kerja saluran cerna sehingga Mama terhindar dari sembelit.

  • Mencegah diabetes

Sari kacang hijau juga dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap rendah, Ma. Menurut ahli, serat dan protein yang terkandung dalam kacang hijau membantu memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah. Ini dapat mencegah diabetes atau membantu penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula darah.

  • Antioksidan mencegah pertumbuhan kanker

Kacang hijau mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu menetralkan molekul berbahaya atau radikal bebas.

Menurut penelitian, antioksidan di dalam kacang hijau dapat menetralkan kerusakan sel akibat radikal bebas yang dapat mencegah pertumbuhan kanker pada sel-sel paru-paru dan lambung.

3. Bolehkah ibu menyusui mengonsumsi sari kacang hijau kemasan?

3. Bolehkah ibu menyusui mengonsumsi sari kacang hijau kemasan
Freepik/splitov27
Ilustrasi susu untuk diet

Selain membuatnya sendiri, sari kacang hijau kemasan juga banyak dijual di pasaran. Ini mempermudah terutama bagi Mama yang tidak sempat membuat sari kacang hijau sendiri di rumah.

Namun, apakah sari kacang hijau kemasan baik untuk ibu menyusui? Minuman dalam kemasan umumnya mengandung pemanis buatan. Pemanis buatan boleh dikonsumsi oleh ibu menyusui, tetapi tetap perhatikan bahwa Mama tidak boleh konsumsi pemanis buatan secara berlebihan. Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Meskipun tidak membawa dampak tertentu kepada ASI dan bayi, minuman kemasan cenderung memiliki kadar gula yang tinggi. Oleh sebab itu, minuman jenis ini tidak disarankan untuk dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Konsumsi gula berlebihan juga dapat menyebabkan Mama mengalami kegemukan dan masalah kesehatan lainnya.

4. Jangan dikonsumsi secara berlebihan

4. Jangan dikonsumsi secara berlebihan
Freepik/master1305

Konsumsi sari kacang hijau atau kacang hijau apa pun secara berlebihan dapat menimbulkan efek negatif bagi tubuh. Salah satunya adalah alergi. Alergi kacang hijau mirip dengan alergi kacang-kacangan pada umumnya, yakni ditandai dengan pilek, gatal-gatal, muncul bercak merah pada kulit, hingga masalah pencernaan, seperti diare dan muntah.

Terlalu banyak konsumsi kacang hijau juga dapat menyebabkan penumpukan gas di perut yang memicu kembung. Sebuah penelitian yang dilakukan ilmuwan dari Arizona State University di Phoenix telah membuktikan hal ini. Menurut peneliti, penumpukan gas terjadi karena peningkatan serat makanan.

Kacang hijau juga bisa bereaksi dengan obat-obatan tetentu yang mengakibatkan obat tidak bisa berfungsi maksimal. Bahkan, reaksi kacang hijau dengan obat tertentu dapat memicu diare.

Sari kacang hijau dalam kemasan boleh dikonsumsi oleh ibu menyusui tetapi jangan berlebihan ya, Ma. Karena kandungan gula yang ada pada minuman kemasan dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Apa Mama juga suka mengonsumsi sari kacang hijau?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.