7 Makanan yang Baik untuk Dikonsumsi setelah Melahirkan

Setelah melahirkan, Mama membutuhkan makanan bernutrisi selama proses pemulihan

18 September 2020

7 Makanan Baik Dikonsumsi setelah Melahirkan
Freepik

Setelah proses persalinan dan melahirkan yang melelahkan, tubuh membutuhkan nutrisi yang tepat. Nutrisi ini membantu Mama untuk memulihkan diri.

Tidak hanya itu, makanan yang tepat juga dapat meningkatkan produksi ASI serta mengurangi risiko depresi setelah melahirkan, Ma. Makanan yang tepat akan membuat Mama berenergi dalam mengurus bayi yang baru lahir.

Pada masa menyusui, Mama membutuhkan asupan energi sebanyak 2.300–2.500 kalori per hari. Selain itu, Mama juga harus mencukupi kebutuhan nutrisi, seperti protein, karbohidrat, lemak, serta vitamin dan mineral.

Makanan apa saja yang baik untuk Mama setelah melahirkan? Yuk, simak ulasan Popmama.com berikut ini.

1. Telur

1. Telur
Pexel/Kuchmyki

Sumber protein dan lemak sehat omega-3 yang murah ini mudah diperoleh. Telur juga dapat diolah menjadi beragam makanan sesuai selera mama.

Kandungan nutrisi di dalam telur dapat membantu proses pemulihan tubuh setelah melahirkan, melancarkan produksi ASI, dan menurunkan risiko depresi pascamelahirkan, lho.

2. Kacang-kacangan

2. Kacang-kacangan
Freepik

Kacang-kacangan mengandung banyak protein, vitamin K, vitamin B, zat besi, kalsium, dan zinc. Ini baik untuk dikonsumsi setelah melahirkan karena dapat memberikan tenaga tambahan, melancarkan produksi ASI, serta menunjang proses pemulihan setelah bersalin.

Editors' Picks

3. Daging sapi tanpa lemak

3. Daging sapi tanpa lemak
Freepik/timolina

Daging sapi mengandung protein, vitamin B12, dan zat besi yang baik bagi Mama yang baru melahirkan.

Kandungan protein, vitamin, dan mineral tersebut mampu memberikan energi tambahan dan mencegah terjadinya anemia akibat kekurangan zat besi, Ma.

4. Apel

4. Apel
Pexels/Phiwat Chungcao

Apel mengandung sekitar 100 kalori, 25 gram karbohidrat, 4 gram serat, 19 gram gula, dan antioksidan. Konsumsi apel dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan organ pencernaan, serta menurunkan risiko kerusakan jantung dan pembuluh darah.

5. Sayuran hijau

5. Sayuran hijau
Freepik

Sayuran hijau kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, dan antioksidan.

Keluhan yang sering terjadi setelah melahirkan adalah wasir, sembelit, atau rasa nyeri saat BAB. Serat yang ada pada sayuran akan melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit, Ma. Mama dapat mengonsumsi daun katuk, brokoli, bayam, kol, dan sayur hijau lainnya.

6. Jeruk

6. Jeruk
Pexels/Pixabay

Setelah melahirkan, Mama harus memulihkan tubuh. Pada saat itu, daya tahan tubuh mungkin rendah. Mama membutuhkan asupan vitamin C dalam jumlah lebih banyak selama menyusui, yaitu sekitar 85 mg setiap harinya.

Jeruk merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Selain itu, jeruk juga merupakan antioksidan yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menambah tenaga setelah melahirkan, Ma.

7. Susu dan produk olahannya

7. Susu produk olahannya
Unsplash/Eiliv-Sonas Aceron

Susu dan produk olahannya juga baik dikonsumsi setelah melahirkan, Ma. Kandungan kalsium dan vitamin D yang ada pada susu bermanfaat untuk tulang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

ASI yang kaya akan vitamin D juga akan mendukung tumbuh kembang bayi.

Nah, itu semua makanan yang baik untuk dikonsumsi setelah melahirkan. Pastikan Mama mengonsumsinya agar tubuh kembali pulih dan daya tahan meningkat. Jangan lupa penuhi asupan cairan harian juga ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.