Jangan Salah Beli, 5 Tips Memilih Bra Menyusui yang Pas untuk Mama

Pilih bra menyusui yang tepat agar nyaman saat menyusui si Kecil

12 Januari 2021

Jangan Salah Beli, 5 Tips Memilih Bra Menyusui Pas Mama
Pixabay/Badarsk

Setelah melahirkan, tubuh tidak otomatis kembali ke bentuk semula seperti sebelum hamil. Salah satunya adalah payudara, terutama ketika Mama sedang menyusui si Kecil.

Menggunakan bra lama mungkin akan membuat Mama merasa tidak nyaman. Selain ukurannya tidak pas, bra biasa juga tidak praktis untuk ibu yang sedang menyusui.  Karena itu, pemilihan bra menyusui yang pas sangat penting untuk menunjang kenyamanan.

Berikut Popmama.com rangkum lima tips memilih bra menyusui yang tepat. Apa saja, ya?

1. Membeli sebelum melahirkan

1. Membeli sebelum melahirkan
Freepik

Ukuran payudara perempuan akan terus berubah sepanjang hidupnya, terutama ketika sedang hamil dan menyusui.

Untuk mendapatkan bra menyusui yang pas, sebaiknya Mama meluangkan waktu untuk membeli dan mencobanya saat usia kehamilan delapan bulan. Mengapa? Karena pada saat inilah ukuran payudara sama dengan ukuran payudara saat delapan minggu setelah melahirkan. Delapan minggu setelah melahirkan tubuh mulai mengatur suplai ASI.

Bra yang pas akan membuat Mama merasa nyaman. Tubuh pun akan mendapatkan dukungan yang dibutuhkannya.

Editors' Picks

2. Beli bra dengan ukuran cup yang pas

2. Beli bra ukuran cup pas
Freepik/psodaz

Kesalahan yang paling sering terjadi adalah membeli bra menyusui dengan ukuran cup ekstra. Ini tidak disarankan, Ma. Karena cup yang tidak pas tidak akan memberikan dukungan yang sangat dibutuhkan payudara.

Bra menyusui yang baik memiliki kain elastis di bagian atas cup, ini akan memungkinkan terjadinya gerakan di payudara saat menghasilkan susu.

3. Pilih bra yang memiliki 4-6 kait di belakang

3. Pilih bra memiliki 4-6 kait belakang
Youtube/Anekakoleksipakaian

Saat mencoba bra menyusui, Mama harus memasang pita belakang bra pada kait yang paling longgar. Ini akan memberi ruang bagi Mama untuk mengencangkan pita belakang setelah melahirkan saat tulang rusuk berkontraksi.

Pita belakang memberikan 80 persen dukungan pada bra, jadi ini sangat penting.

4. Pilih bra yang polos

4. Pilih bra polos
Tokopedia/Sawarnashop

Selama delapan minggu pertama setelah melahirkan, payudara akan terasa sedikit tidak terkendali. Mama akan melihat fluktuasi besar dalam ukuran payudara saat tubuh belajar mengatur suplai ASInya.

Bra yang polos disarankan karena dapat mengikuti fluktuasi ukuran payudara seiring perubahan tubuh dan memberi kenyamanan serta dukungan yang sangat dibutuhkan.

Bra yang memiliki bantalan cup dapat membuat Mama merasa tidak nyaman. Selain itu juga akan mengompres serta membatasi fluktuasi payudara saat tubuh belajar mengatur suplai ASI.

5. Pertimbangkan tempat penyimpanan bra

5. Pertimbangkan tempat penyimpanan bra
Pixabay/Pexels

Terakhir, pertimbangkan lemari pakaian atau tempat penyimpanan bra. Ada banyak bra menyusui yang tersedia di pasaran mulai dari bra sehari-hari, bra dengan cup, sampai bra dengan model yang cantik. Nah, jangan sampai Mama tidak memiliki tempat untuk menyimpannya, ya!

Itulah tips memilih bra menyusui yang sebaiknya Mama lakukan. Belilah bra sesuai dengan ukuran, kebutuhan, dan kenyamanan mama. Semua ini akan menunjang kenyamanan saat menyusui si Kecil.

Selamat memilih, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.