Mengandung Banyak Nutrisi, Ini Manfaat Daun Kelor untuk Ibu Menyusui

Bisa jadi ASI booster alami lho, Ma

31 Juli 2020

Mengandung Banyak Nutrisi, Ini Manfaat Daun Kelor Ibu Menyusui
Pixabay/Iskandar63

ASI merupakan sumber nutrisi terbaik bagi bayi yang didapatnya langsung dari payudara mama. Oleh karena itu, penting mengutamakan gizi dan nutrisi yang dikonsumsi mama untuk memenuhi kebutuhan bayi. Namun, sebagian mama mungkin kesulitan menyusui bayi secara eksklusif karena pasokan ASI yang tidak lancar. 

Ada banyak pilihan ASI booster yang bisa dicoba, baik itu secara alami maupun obat-obatan. Salah satunya adalah daun kelor. Berikut ini Popmama.com merangkum serba-serbi manfaat daun kelor untuk ibu menyusui, dilansir dari parenting.firstcry.com:

1. Memenuhi kebutuhan kalsium

1. Memenuhi kebutuhan kalsium
Freepik

Ibu menyusui membutuhkan dosis tambahan kalsium karena tubuh harus memproduksi cukup ASI untuk bayi. Bayi yang menyusui membutuhkan kalsium untuk tumbuh-kembang yang lebih optimal. Kelor dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium tersebut.

Editors' Picks

2. Memberikan energi lebih

2. Memberikan energi lebih
freepik.com/vershinin89

Kelor kaya akan zat besi, yaitu mineral yang sangat penting untuk ibu menyusui. Sejumlah besar zat besi dalam kelor dapat membantu ibu mengatasi kelelahan dan memberikan energi lebih untuk beraktivitas sehari-hari. 

Selain itu, sebagian mama yang habis melahirkan mungkin kehilangan banyak darah selama persalinan. Nah, mengonsumsi kelor dapat membantu untuk mengembalikan darah yang hilang dari tubuh.

3. Menjaga kesehatan rahim

3. Menjaga kesehatan rahim
Freepik/Spukkato

Mengonsumsi daun kelor dapat membantu mengatasi nyeri pasca persalinan. Sifat anti-inflamasi dan antibakterinya dapat membantu menjaga kesehatan rahim setelah melahirkan. Selain itu, kandungan vitamin K-nya juga dapat mengatasi penyumbatan pada darah.

Konsumsi Daun Kelor untuk Ibu Menyusui

Konsumsi Daun Kelor Ibu Menyusui
Pixabay/Svibhandik-559343

Ketika dikonsumsi saat sedang menyusui, Mama harus benar-benar memerhatikan dosisnya. Konsumsilah  secukupnya dalam jumlah aman, sekitar 1.000 mg/kg berat badan. Jika dikonsumsi di atas 3.000 mg/kg dapat berefek buruk.

Jika Mama sudah terbiasa makan daun kelor, maka tubuh sudah bisa beradaptasi. Tetapi apabila Mama baru pertama kali mengonsumsinya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. 

Tips Memilih dan Mengolah Daun Kelor

Tips Memilih Mengolah Daun Kelor
vivianpangkitchen.com

Berikut ini beberapa tips penting yang harus dipertimbangkan jika Mama ingin mengonsumsi daun kelor saat menyusui:

  • Pilih daun kelor yang berwarna hijau dan segar
  • Hindari memilih daun yang layu, tampak pucat, atau berwarna kekunigan
  • Konsumsilah daun kelor dalam jumlah sedang karena konsumsi berlebihan mungkin akan memiliki efek berbahaya pada hati dan ginjal
  • Jangan telalu lama memasak daun kelor karena dapat menghilangkan semua nutrisi pentingnya

Itu dia serba-serbi manfaat daun kelor untuk Ibu menyusui. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan mama, ya.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.