7 Manfaat Makan Anggur untuk Ibu Hamil Muda

Anggur aman dikonsumsi ibu hamil muda

6 Agustus 2019

7 Manfaat Makan Anggur Ibu Hamil Muda
Pexels/Suzy Hazelwood

Mama mungkin pernah dengar mitos tentang ibu hamil muda tidak boleh mengonsumsi buah anggur. Konon, buah anggur bisa membuat ibu hamil keguguran.

Padahal, belum ada tinjauan medis bisa membuktikan mitos tersebut. Apalagi, kandungan gizi dalam anggur jauh lebih banyak dan memberikan dampak positif bagi perkembangan janin.

Plus, rasa anggur yang sedikit asam dan manis cocok untuk ibu hamil muda yang sering merasa mual.

Apa saja sih manfaat makan anggur untuk ibu hamil muda? Berikut Popmama.com merangkumnya khusus untuk Mama.

1. Mendukung perkembangan otak janin

1.	Mendukung perkembangan otak janin
maddencoindonor.com

Mama tentu tahu asam folat menjadi salah satu nutrisi penting selama awal masa kehamilan. Ternyata, selain dari kacang hijau, anggur juga mengandung asam folat.

Mengonsumsi anggur akan membantu Mama menambah asupan asam folat dalam tubuh, sehingga bisa mengurangi risiko janin mengalami cacat otak. Asam folat juga berperan penting dalam pembentukan tabung otak dan saraf pada janin.

Jadi, Mama tidak hanya mengandalkan vitamin prenatal saja, tetapi juga bisa memperolehnya dari buah-buahan seperti anggur.

2. Berperan dalam pembentukan tulang dan gigi

2.	Berperan dalam pembentukan tulang gigi
Freepik/Dragana_Gordic

Anggur tidak hanya mengandung asam folat, tetapi juga kalsium. Kalsium inilah yang memiliki peranan penting dalam pembentukan tulang dan gigi pada janin.

Lebih lanjut, efek mengonsumsi anggur juga bisa dirasakan ibu hamil. Seiring perubahan bentuk tubuh karena rahim kian membesar, tulang-tulang ibu juga perlu dikuatkan. Salah satunya, dengan rajin makan anggur yang kaya kalsium.

3. Bertugas membentuk sumsum tulang belakang

3.	Bertugas membentuk sumsum tulang belakang
Freepik

Ma, sumsum tulang belakang menjadi organ penting yang harus terbentuk selama masa kehamilan. Anggur bisa mendukung pembentukan sumsum tulang belakang janin agar ia bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, berkat kandungan asam folat dan kalsium.

Jika pembentukan organ ini tidak optimal, kelangsungan hidup janin bisa terganggu. Bahkan, berdampak panjang ketika ia lahir kelak.

Editors' Picks

4. Membentuk sistem saraf pusat

4.	Membentuk sistem saraf pusat
nydailynews.com

Anggur juga dikenal mengandung omega 3 dan DHA. Kedua zat ini berperan besar dalam pembentukan sistem saraf pusat pada janin. Ketika saraf pusat ini terbentuk, risiko janin mengalami cacat pun menurun.

Kandungan omega 3 dan DHA memang bisa Mama peroleh dari makanan lain, seperti salmon, ikan kembung, atau telur omega 3.

Namun, jika Mama sensitif pada makanan dengan bau khas, anggur bisa jadi pilihan untuk memperoleh manfaat serupa dari omega 3 dan DHA.

5. Menghindari keluhan sistem pencernaan

5.	Menghindari keluhan sistem pencernaan
Freepik/freeograph

Sudah jadi rahasia umum kalau ibu hamil itu rentan mengalami sembelit. Untuk mengatasinya secara alami, Mama cukup mengonsumsi buah anggur saja.

Kandungan magnesium dalam anggur sudah terbukti bisa melancarkan sistem pencernaan. Ketika sistem pencernaan lancar, Mama pun bisa terbebas dari keluhan ini dan bisa menyantap makanan apapun tanpa khawatir.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

6.	Meningkatkan kekebalan tubuh
Freepik

Ibu hamil muda biasanya juga mudah terserang penyakit seperti demam, batuk, dan pilek. Hormon kehamilan memang bisa berpengaruh pada kekebalan tubuh Mama.

Maka, Mama perlu menaruh perhatian pada sistem imun. Makan anggur yang kaya vitamin C bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Pada akhirnya, tubuh Mama pun lebih kuat dan bisa menangkal berbagai penyakit agar tidak masuk dalam tubuh.

7. Mengurangi risiko anemia

7.	Mengurangi risiko anemia
reportshealthcare.com

Apakah Mama punya riwayat anemia atau tidak, risiko ibu hamil mengalami anemia memang tergolong tinggi. Kebanyakan keluhan anemia mulai terasa pada saat kehamilan memasuki trimester kedua.

Saat itu, janin sudah berkembang lebih pesat. Sel darah merah tubuh Mama harus bisa mencukupi kebutuhan Mama dan janin.

Mama bisa mengantisipasinya sejak hamil muda dengan rajin makan anggur. Anggur dikenal sebagai buah-buahan yang kaya zat besi, khususnya anggur merah. Dengan memastikan Mama mendapat cukup asupan zat besi, keluhan anemia pun bisa diminimalisir.

Itulah 7 manfaat makan anggur pada ibu hamil muda. Namun, selalu ingat untuk makan secukupnya dan dalam kondisi bersih. Apapun yang dikonsumsi berlebihan tentu akan berdampak pada kesehatan Mama dan janin. Sudah makan anggur hari ini?

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;