5 Daftar Makanan yang Memengaruhi Peluang Hamil Bayi Perempuan

Makan banyak sayur bisa meningkatkan peluang memiliki anak perempuan

1 September 2019

5 Daftar Makanan Memengaruhi Peluang Hamil Bayi Perempuan
Freepik/Freepic.diller

Mama ingin hamil anak perempuan?

Tentu memiliki sang buah hati dalam sebuah keluarga menjadi momen yang sangat membahagiakan, apalagi jika kehadirannya sesuai jenis kelamin yang Mama dan Papa inginkan.

Meski untuk mendapatkan anak perempuan yang sesuai diharapkan adalah kuasa Tuhan dan bukan perkara mudah, namun tidak ada salahnya untuk berusaha.

Tapi adakah cara yang bisa dilakukan agar bisa hamil bayi perempuan?

Caranya yaitu dengan mengonsumsi 5 makanan sebelum terjadinya konsepsi (pembuahan). Berikut ini ulasannya dari Popmama.com :

1. Konsumsi makanan tinggi magnesium seperti kacang-kacangan

1. Konsumsi makanan tinggi magnesium seperti kacang-kacangan
Freepik

Kerap kali calon ibu berharap memiliki anak perempuan. Lantas apa yang harus dilakukannya?

Ya, tentu menu makanannya harus mengandung tinggi magnesium. Nutrisi inilah yang bisa mematangkan sel telur dan membuat tubuh Mama ramah terhadap sperma betina pembawa kromosom X.

Sedangkan makanan yang mengandung banyak magnesium di antaranya sereal, kacang-kacangan dan daging. Semua makanan tersebut sebaiknya dikonsumsi tiga bulan sebelum kehamilan.

Selain itu kacang-kacangan juga memiliki kandungan asam oleat dan asam palmitoleat yang diketahui membuat bagian dalam vagina menjadi lebih asam, sehingga sperma jantan jadi cepat mati.

Akan tetapi, kacang-kacangan biasanya tinggi kalori. Di mana ibu hamil harus membatasi asupannya agar tidak berlebihan dan malah membuat kegemukan.

Editors' Picks

2. Memilih ikan salmon yang mengandung vitamin D dan omega 3

2. Memilih ikan salmon mengandung vitamin D omega 3
Unplash/Caroline Attwood

Siapa yang tidak suka melihat bayi perempuan dengan baju-baju bervariasi dan aksesoris rambut nan lucu. Ya, tentunya boleh saja mengupayakan agar punya anak dengan jenis kelamin tertentu.

Namun ada cara tertentu yang dapat membantu Mama mewujudkan impian memiliki bayi perempuan.

Salmon merupakan sumber protein, omega 3, vitamin D, asam lemak tak jenuh dan rendah kontaminasi. Nutrisi ini membuat lingkungan vagina menjadi asam dan menguntungkan bagi sperma dengan kromosom X untuk bertahan hidup lebih lama.

Konsumsi ikan salmon juga dapat meningkatkan antioksidan dan mengurangi terjadinya peradangan di seluruh tubuh pada ibu hamil.

3. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C

3. Perbanyak konsumsi makanan kaya akan vitamin C
Freepik

Cairan vagina yang keluar sebelum ovulasi cenderung lebih asam dan sperma Y yang tidak menyukai lingkungan asam akan mati sebelum mencapai sel telur. Sedangkan sperma X bisa bertahan di lingkungan asam dan memberinya waktu untuk mencapai sel telur.

Jadi agar Mama bisa memiliki peluang bayi perempuan, yakni mengonsumsi makanan yang memiliki rasa asam serta kaya akan vitamin C. Sebaiknya memilih asupan vitamin C dari makanan alami seperti buah jeruk, jambu merah atau stroberi.

Sementara memilih makanan yang serba asam bisa mengubah tingkat pH tubuh yang akan meningkatkan peluang hamil anak perempuan.

Selain itu Mama juga bisa berkonsultasi kepada dokter kandungan atau ahli gizi untuk memperoleh informasi tambahan mengenai dosis vitamin harian yang dianjurkan selama masa kehamilan.

4. Sayuran berdaun hijau yang kaya mineral dan vitamin

4. Sayuran berdaun hijau kaya mineral vitamin
Unplash/CJ Dayrit

Kemungkinan besar, mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam dan brokoli bisa mendukung agar Mama hamil anak perempuan. 

Di mana tingkat mineral yang tepat di dalam darah bisa memengaruhi kesuburan sel telur, sehingga lebih mudah menerima kromosom lelaki maupun perempuan.

Jadi, mengonsumsi sayuran hijau merupakan cara yang terbaik untuk kelangsungan hidup sperma dengan kromosom X.

Ya, ibu hamil bisa memakan brokoli. Di mana brokoli juga kaya akan vitamin A, C, K dan antioksidan yang baik bagi tubuh.

Sementara untuk memperoleh nutrisi pada brokoli, dianjurkan untuk tidak merebusnya terlalu lama. Lebih baik memasak brokoli dengan cara mengukusnya selama tiga setengah menit saja.

5. Susu yang memiliki kandungan kalsium dan asam laktat

5. Susu memiliki kandungan kalsium asam laktat
Freepik

Ibu hamil yang mengonsumsi makanan dengan tinggi kalsium dan asam laktat lebih memungkinkan untuk mendapatkan anak perempuan. Lalu apa saja makanan yang mengandung kalsium tinggi?

Makanan-makanan tersebut yakni ada pada susu dan produk olahannya seperti keju atau yogurt.

Meminum susu bisa meningkatkan kadar hormon pertumbuhan insuline (I.G.F.) dalam darah. Tingginya hormon inilah yang meningkatkan ovulasi dalam tubuh ibu hamil. Tingkatkan asupan susu setidaknya tiga bulan sebelum konsepsi.

Susu yang memiliki pH sekitar 6,5 dan mengandung asam laktat dapat membantu dalam membuat lingkungan vagina asam, yaitu menguntungkan bagi sperma yang terdapat kromosom X.

Itulah beberapa makanan alami yang bisa dilakukan agar Mama bisa hamil anak perempuan. Sebaiknya Mama juga berkonsultasi dengan dokter ketika hendak melakukan program kehamilan dan menentukan jenis kelamin sang buah hati di dalam kandungan.

Baca juga: 

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.