Anti Panik! 5 Cara Suami Mengendalikan Mood Swing Istri Saat Hamil

Para suami dilatih kesabarannya nih!

13 September 2019

Anti Panik 5 Cara Suami Mengendalikan Mood Swing Istri Saat Hamil
Pixabay/RobinHiggins

Perubahan suasana hati ibu hamil seringkali tidak stabil karena mudah sekali merasa tersinggung, menangis atau marah-marah. Mood swing yang terjadi selama masa kehamilan membuat para suami kewalahan apalagi dalam menghadapi perubahan suasana hati istrinya.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa faktor yang memengaruhi mood swing saat hamil, seperti sedang merasa lelah, adanya perubahan metabolisme yang terjadi di dalam tubuh hingga mulai stres saat menjalani kehamilan.

Kondisi suasana hati atau emosi yang tidak stabil perlu diatasi karena kalau tidak akan berdampak buruk pada kesehatan janin di dalam perut. 

Jika para suami yang kehabisan ide ketika mengatasi mood swing istri saat sedang hamil, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa caranya. 

Untuk yang penasaran, disimak ya!

1. Ajak pasangan untuk bertukar cerita atau curhat mengenai permasalahan apa saja 

1. Ajak pasangan bertukar cerita atau curhat mengenai permasalahan apa saja 
Freepik/katemangostar

Ibu hamil memang dikenal lebih sensitif, setuju nggak? Apalagi dengan berbagai perubahan hormon yang terjadi selama menjalani masa-masa kehamilan. 

Perlu Papa ketahui bahwa emosi ibu hamil yang tidak tersampaikan selama masa kehamilan dapat memicu tingkat stres. 

Bila ibu hamil sudah stres hingga depresi, maka kondisi perkembangan kandungannya juga akan terganggu.

Hal ini dikarenakan hormon stres bisa mudah diserap oleh janin, sehingga menyebabkan si Kecil mengalami stres juga walau masih berada di dalam perut. 

Untuk mengatasi mood swing saat hamil sebelum mengarah ke depresi, ada baiknya suami ikut berperan seperti membuat sebuah ruang curhat.

Berikan waktu untuk istri untuk bercerita atau curhat mengenai masalah apa saja termasuk keluhan selama masa-masa kehamilan.

Kelebihan duduk dan bercerita bersama pasangan saat mengatasi mood swing yang sedang dialaminya dapat membuat istri menjadi lebih nyaman. Cara seperti ini membuat dirinya tidak perlu malu dan menutupi apapun yang sedang dirasakan. 

Katakan padanya untuk bercerita dengan sejujur-jujurnya dan berjanjilah untuk tidak akan mengintimidasi pasangan, namun memberikan solusi terbaik. 

Baca juga: Ini dia 5 Keuntungan Curhat Bersama Pasangan

Editors' Picks

2. Mencari udara segar bersama di luar rumah

2. Mencari udara segar bersama luar rumah
Freepik

Mood swing saat hamil bisa terjadi sewaktu-waktu dalam kondisi apa saja. Tak jarang perasaan ini bisa terjadi karena ada unek-unek yang terpendam dan tidak bisa disampaikan.

Padahal dengan cara mengeluarkan atau mengutarakannya dapat membuat beban hati bisa sedikit lebih ringan. 

Bila Papa merasa situasi pasangan sedang kurang bagus, maka cobalah ajak untuk mencari udara segar bersama di luar rumah. Mulailah dengan jalan-jalan atau bisa berlibur menikmati udara terbuka.

Selain jalan-jalan ini mengurangi perubahan suasana hati selama masa kehamilan, olahraga ringan ini juga memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh. 

Walau terkesan sederhana dengan mengajak pasangan mencari udara segar, cara ini cukup ampuh untuk menciptakan good mood dan membuat hati kembali bahagia. 

Baca juga: Tika Bravani Lebih Pilih Renang dan Berjemur Saat Menjalani Kehamilan

3. Memerhatikan kualitas tidur ibu hamil agar mencukupi

3. Memerhatikan kualitas tidur ibu hamil agar mencukupi
Freepik.com/Bearfotos

Menurut National Sleep Foundation mengatakan bahwa setidaknya ada 78% perempuan yang mengalami gangguan tidur selama kehamilan. Perlu diketahui bahwa gangguan tidur selama hamil bisa terjadi dan mampu memicu mood swing. 

Untuk para suami yang ingin mengatasi mood swing selama pasangan sedang hamil, ada baiknya untuk memastikan istri memiliki tidur dan beristirahat yang cukup.

Jika tidur malamnya kurang nyenyak, tetap pastikan kalau kualitas tidurnya di siang hari bisa lebih maksimal.

Ibu hamil yang mudah lelah tanpa memikirkan kondisi tubuh hingga kualitas tidurnya berantakan, tanpa disadari dapat membuat emosinya meningkat dan mudah marah-marah.

Sebelum kondisi suasana hatinya mengganggu perkembangan janin di dalam kandungan, lebih baik kontrol kualitas tidur pasangan agar mencukupi.

Dilansir dari Mustela US menjaga kenyamanan kamar turut andil terhadap kualitas tidur ibu hamil. Saat tidur malam disarankan untuk mematikan lampu agar cahaya dapat menghambat sekresi melatonin sebagai zat yang membantu untuk lebih mudah tertidur. 

Setidaknya cara ini bisa membantu ya, Pa. 

Baca juga: Penuh Perjuangan! Kaki Irish Bella Bengkak dan Sulit Tidur Saat Hamil

4. Rutin melakukan latihan pernapasan untuk menciptakan perasaan yang tenang

4. Rutin melakukan latihan pernapasan menciptakan perasaan tenang
Freepik/Tirachardz

Latihan pernapasan mungkin sudah umum didengar karena ini dibutuhkan semua orang, termasuk selama kehamilan.

Perlu diketahui bahwa seiring bertambahnya usia kehamilan, maka rahim akan terus berkembang dan berakibat membuat perut menjadi lebih besar dari sebelumnya. 

Dilansir dari Mom Junction, latihan pernapasan dapat membantu suasana hati ibu hamil menjadi lebih rileks dan bahagia. Jika diperhatikan, latihan pernapasan ini mirip dengan meditasi. 

Jika emosi pasangan sering tak terkontrol, ada baiknya Papa sebagai suami bisa mengingatnya untuk tarik dan hembuskan napas sekaligus menghitung sampai 10 atau 100. Kemudian tarik napas dalam-dalam, lalu hembuskan perlahan sampai hati terasa lebih tenang.

Cara ini bisa diterapkan secara rutin jika ibu hamil emosinya mulai tak terkendali. 

5. Melakukan kegiatan yang menyenangkan berdua agar menciptakan rasa bahagia

5. Melakukan kegiatan menyenangkan berdua agar menciptakan rasa bahagia
Freepik/Freepic.diller

Untuk mengatasi mood swing yang terjadi pada ibu hamil, suami perlu mengetahui kegiatan menyenangkan apa saja yang mampu mengubahnya menjadi lebih bahagia.

Contoh kegiatan yang bisa dilakukan berdua seperti makan malam, liburan atau menghabiskan waktu berdua. 

Jika pasangan hobi menonton film komedi, maka luangkanlah waktu berdua. Nikmatilah film karena ini dapat membantu menstimulasi diri agar pasangan bisa tertawa karena membantunya lebih bahagia. 

Tanpa disadari, kegiatan yang menggembirakan dan dilakukan bersama dapat membuat pasangan terhindar dari stres. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mood swing istri saat menjalani masa-masa kehamilannya. Namun, bila beberapa cara di atas masih kurang berhasil ada baiknya untuk berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan. 

Semangat menemani masa-masa kehamilan istri ya, Pa! 

Baca juga: 

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.