7 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Air kelapa punya segundang manfaat untuk ibu hamil lho, Ma!

19 Juni 2023

7 Manfaat Air Kelapa Ibu Hamil
Pixabay/Gadini

Pohon kelapa dikenal memiliki segudang manfaat untuk manusia. Salah satu bagian yang banyak dimanfaatkan oleh manusia adalah buahnya.

Air dari buah kelapa juga ternyata bermanfaat, termasuk untuk ibu hamil lho, Ma. Meskipun manfaatnya tidak secara dramatis langsung terasa untuk kesehatan, akan tetapi air dari buah ini tetap patut dicoba karena dapat membantu ibu hamil tetap terhidrasi. 

Air kelapa aman dikonsumsi oleh ibu hamil selama itu steril dan bebas dari bakteri. Nutrisi dari air kelapa ini menyimpan segudang manfaat untuk ibu hamil beserta janinnya. Jadi, Mama tak perlu khawatir untuk mencoba mengonsumsi air kelapa saat sedang hamil.

Nah, kali iniPopmama.com telah merangkum manfaat air kelapa untuk ibu hamilyang dilansir dari berbagai sumber.

Disimak, yuk, Ma!

Manfaat Mengonsumsi Air Kelapa untuk Ibu Hamil

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan dan Heartburn

Air kelapa adalah minuman yang kaya akan serat makanan. Hal ini dapat membantu menjaga sistem pencernaan, meningkatkan pencernaan, mengatur tingkat pH, dan mencegah sembelit.

Dilansir dari MT Auburn Obstetrics & Gynecology, seiring dengan berkembangnya janin, produksi hormon progesteron pun akan meningkat. Produksi hormon yang meningkat ini melemaskan katup lambung sehingga menimbulkan sendawa asam yang tidak nyaman.

Ibu hamil berpotensi mengalami sensasi dada seperti terbakar atau heartburn, sembelit, dan gangguan pencernaan dikarenakan perubahan hormon tersebut. Mengonsumsi air kelapa merupakan pilihan terbaik bagi Mama untuk menetralkan asam lambung yang sedang bergejolak.

2. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Air kelapa mengandung kalium, magnesium, dan mineral lainnya yang bermanfaat untuk membantu membuang racun dan membersihkan saluran kandung kemih. Oleh karenanya, air kelapa dapat membantu mencegah infeksi saluran kandung kemih (ISK) dan pembentukan batu ginjal di saluran urine.

Jika Mama termasuk orang yang rentan terkena ISK, maka mengonsumsi air kelapa adalah pilihan yang tepat. Air kelapa adalah diuretik alami yang mampu meningkatkan frekuensi buang air kecil. Hal inilah yang membuat risiko terkena ISK menurun, karena air kelapa dapat membantu dalam melancarkan buang air kecil.

3. Sebagai Minuman Penambah Energi

Air kelapa merupakan minuman penambah energi alami. Saat hamil, Mama mungkin akan mengalami kondisi badan yang sering capek dan lesu. Keluhan yang dialami oleh Mama ini dapat diatasi dengan mengonsumsi air kelapa.

Air kelapa mengandung gula yang cukup untuk membantu mengembalikan energi yang hilang. Air kelapa seberat 100 gr mengandung 2,1 gram gula, jumlah ini jauh lebih rendah dari minuman energi lainnya.

Oleh karenanya, air kelapa baik dikonsumsi sebagai minuman berenergi selama kehamilan karena kandungan gulanya tidak terlalu tinggi dan membantu menurunkan risiko terkena diabetes gestasional.

4. Membantu Perkembangan Janin

Vitamin dan mineral sangat penting untuk tubuh mama. Nutrisi ini tidak hanya berguna untuk tubuh mama yang sedang mengandung saja lho, melainkan zat nutrisi ini juga memiliki peranan penting dalam perkembangan janin.

Beberapa mineral yang terdapat dalam air kelapa seperti kalsium, kalium, dan magnesium berperan untuk tumbuh kembang yang baik bagi janin. Air kelapa mengandung kalsium yang penting untuk perkembangan tulang dan gigi janin.

Kandungan magnesium yang terdapat di air kelapa juga dapat membantu meningkatkan berat badan bayi saat lahir dan penurunan risiko preeklamsia.

Meskipun begitu, perlu Mama ketahui bahwa kandungan zat bergizi di dalam air kelapa tidak dapat dijadikan sebagai nutrisi utama untuk tumbuh kembang janin. Diperlukan juga sumber nutrisi lainnya yang dapat Mama peroleh dari sayur-sayuran atau buah-buahan lain.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Perempuan saat hamil terkadang rentan mengalami peningkatan tekanan darah. Air kelapa merupakan minuman isotonik yang dipercaya dapat menurunkan dan mengontrol gula darah. Air kelapa memiliki kandungan kalium yang terbukti dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah agar tetap normal.

Salah satu fungsi kalium adalah mengatur aliran darah dan tekanan darah. Namun, Mama tidak bisa menjadikan air kelapa sebagai satu-satunya alternatif pengobatan hipertensi.

Tetap diperlukan penanganan profesional untuk turut membantu Mama dalam menurunkan tekanan darah yang tinggi, karena tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat berisiko untuk kesehatan mama dan janin.

6. Menyeimbangkan Berat Badan

Konsumsi air kelapa dapat membantu menjaga berat badan selama hamil. Saat Mama mengalami kenaikan berat badan ketika hamil, air kelapa dapat membantu untuk menghentikan kenaikan yang berlebih.

Hal ini dikarenakan air kelapa dapat membantu mengendalikan rasa lapar. Air kelapa mengandung sedikit kalori dan bebas lemak sehingga aman untuk dikonsumsi oleh Mama, tanpa harus khawatir berat badan mama akan naik.

Namun, agar air kelapa tetap memiliki kandungan kalori yang sedikit, maka tidak disarankan untuk Mama menambahkan gula saat ingin meminumnya. Bila ingin memberi rasa manis, Mama bisa menambahkan madu alami sebagai pengganti gula.

7. Mengurangi Dehidrasi yang disebabkan Morning Sickness

Air kelapa memiliki manfaat untuk mengurangi mual dan muntah (morning sickness) pada ibu hamil. Ibu hamil yang rentan mengalami morning sickness, disarankan untuk mengonsumsi air kelapa murni.

Dalam hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Indian Journal of Public Health Research and Development, air kelapa muda terbukti dapat membantu menjaga kadar pH dalam tubuh. Hal inilah yang membuat air kelapa dapat mengatur keasaman dalam lambung, mengurangi mual, dan meningkatkan metabolisme.

Morning sickness yang terjadi pada Mama mungkin dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi dan meningkatkan kebutuhan elektrolit. Air kelapa menyediakan elektrolit esensial, seperti natrium, kalsium, kalium, dan fosfor, yang mampu mengembalikan energi yang hilang karena mual dan muntah. Minum air kelapa dapat menjadi solusi untuk Mama agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Efek Samping Air Kelapa

Air kelapa umumnya aman dikonsumsi bagi kebanyakan orang. Namun, konsumsi berlebihan dapat menimbulkan beberapa efek samping, seperti:

  1. Air kelapa memiliki efek diuretik alami, yang dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil. Hal ini dapat menyebabkan diare, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.
  2. Air kelapa kaya akan elektrolit seperti kalium dan magnesium. Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh, yang dapat menimbulkan gejala seperti mual, muntah, kelelahan, dan kelemahan otot.
  3. Air kelapa dapat membantu menurunkan tekanan darah. Bagi orang yang sudah mengonsumsi obat penurun tekanan darah, konsumsi air kelapa berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah turun terlalu rendah.
  4. Orang dengan penyakit ginjal kronis atau kadar kalium tinggi dalam darah perlu berhati-hati dalam mengonsumsi air kelapa karena dapat memperburuk kondisi mereka.
  5. Air kelapa mengandung gula alami. Bagi penderita diabetes, konsumsi berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah.

Batas Konsumsi Air Kelapa

Tidak ada batas konsumsi air kelapa yang direkomendasikan secara resmi. Namun, mengkonsumsinya dalam jumlah sedang umumnya aman bagi kebanyakan orang. Batas aman tergantung pada beberapa faktor, seperti:

  • Jika Mama memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti penyakit ginjal, diabetes, atau tekanan darah tinggi, perlu berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan batas konsumsi air kelapa yang aman.
  • Jika Mama memiliki yang aktivitas fisik yang berat, memungkinkan Mama membutuhkan lebih banyak air kelapa untuk rehidrasi dibandingkan dengan orang yang tidak aktif.

Tips Mengonsumsi Air Kelapa

Berikut beberapa tips untuk mengonsumsi air kelapa dengan aman:

  • Jika Mama baru mencoba air kelapa, mulailah dengan minum satu gelas per hari untuk melihat bagaimana reaksi tubuh mama.
  • Jika Mama mengalami efek samping setelah mengonsumsi air kelapa, hentikan konsumsi dan konsultasikan dengan dokter.
  • Sebaiknya minum air kelapa segar daripada yang sudah dikemas atau dibotolkan.
  • Air kelapa sudah mengandung gula alami, jadi hindari menambahkan gula tambahan.
  • Selain air kelapa, pastikan Mama juga minum air putih yang cukup untuk menjaga tubuh terhidrasi.

Nah, itulah beberapa manfaat air kelapa untuk Ibu hamil. Bila Mama tengah mengandung, disarankan untuk mengonsumsi air kepala dengan jumlah yang cukup dan tidak berlebihan ya.

Konsumsi air kelapa tanpa gula dan diimbangi dengan pola makan yang sehat dan benar dapat memberikan manfaat positif bagi Mama dan perkembangan janin. Jadi, Mama tidak perlu ragu ya untuk mengonsumsi si buah hijau ini.

Baca juga:

The Latest