7 Hal Sederhana yang Penting Dilakukan Saat Mama Hamil Muda

Beberapa hal sederhana yang ternyata penting dilakukan di masa awal kehamilan

7 Desember 2018

7 Hal Sederhana Penting Dilakukan Saat Mama Hamil Muda
Pixabay/katerina_knizakova

Ada sebuah ungkapan umum yang pertama kali dipopulerkan oleh seorang sastrawan asal Brazil bernama Paulo Coelho yang berbunyi, “Hal-hal sederhana dalam hidup memang yang paling luar biasa, hanya orang-orang bijak yang dapat memahaminya.”

Hal tersebut turut berlaku pada kehidupan Mama secara khusus saat Mama menjalani masa kehamilan Mama di tahap awal.

Guna memastikan proses kehamilan berjalan lancar dan sehat, Mama dianjurkan untuk melakukan 7 hal sederhana yang nyatanya penting dilakukan saat Mama hamil muda di bawah ini. 

1. Minum air putih setiap hari

1. Minum air putih setiap hari
Pixabay/byrev

Kita memang sudah memahami betul bahwa minum air putih setiap hari sangat penting dilakukan oleh setiap individu.

Akan tetapi, memerhatikan keadaan Mama yang tengah mengandung si Kecil tercinta, hal sederhana ini menjadi kewajiban utama.

Hal ini menjadi keharusan yang ditegaskan oleh dunia medis secara langsung.

Sebagai contoh, Mama pasti ingat ketika Mama terakhir kali mengonsultasikan pengalaman constructions, dokter turut menyarankan Mama untuk minum air.

Pasalnya, keadaan Mama yang sedang hamil muda membutuhkan jumlah ion dan air yang tepat, di mana dunia medis menetapkan bahwa 8 gelas air putih merupakan jumlah minimal yang harus dikonsumsi oleh Mama.

Yuk, make sure you are hydrated, Ma!

2. Istirahat!

2. Istirahat
Pixabay/pedroserapio

Memasuki masa awal kehamilan, Mama pastilah akan mengalami berbagai macam perubahan fisik.

Salah satunya, Mama tahu-tahu akan cepat merasa lelah dan tidak jarang, tubuh Mama akan merasa lebih relax saat berbaring dan tidur karena rasa kantuk.

Saat hal tersebut terjadi, Mama sangat disarankan untuk tidak melawan rasa lelah dan kantuk tersebut.

Sebaliknya, Mama diharapkan untuk mengalah, meninggalkan aktivitas yang memberatkan dan memilih istirahat di atas tempat tidur yang nyaman.

3. Lakukan hal yang membuat Mama senang

3. Lakukan hal membuat Mama senang
Pixabay/stocksnap

Bukan hanya perubahan fisik saja yang akan Mama alami saat memasuki tahap awal kehamilan.

Sebaliknya, Mama akan turut mengalami berbagai gejolak emosi dan perubahannya yang terjadi berangsur-angsur.

Bisa dibilang, Mama saat ini sedang senang, tetapi beberapa jam kemudian Mama merasa tegang atau sedih yang dimana hal ini disebabkan karena perubahan hormon yang dihasilkan dari kondisi kehamilan Mama.

Untuk itu, Mama sebaiknya memenuhi aktivitas sehari-hari dengan hal-hal yang Mama sukai, seperti beristirahat ketimbang bekerja yang melelahkan, mengidam dengan batasan-batasan yang normal, dan melakukan hobi yang tidak berbahaya seperti menulis jurnal.

Aktivitas tersebut akan menjaga emosi Mama tetap positif.

Editors' Picks

4. Beritahu orang terdekat terlebih dahulu!

4. Beritahu orang terdekat terlebih dahulu
Pixabay/free-photos

Melihat tanda yang mengonfirmasi kehamilan Mama pada alat pendeteksi kehamilan atau mungkin, mendengar sendiri dari dokter mengenai hal itu yang jauh lebih meyakinkan, Mama pasti merasa seperti satu-satunya perempuan yang paling berbahagia di muka bumi ini.

Mudah ditebak, saat perasaan yang menyenangkan itu timbul, Mama pasti langsung berpikir untuk membagikan kebahagiaan tersebut pada orang-orang banyak melalui media sosial, seperti Facebook.

Namun, ingat, sebelum melakukannya, Mama sebaiknya memberitahu kepada orang-orang terdekat terlebih dahulu.

Tentu, Mama tidak ingin mendengar ungkapan sedih dari Papa atau  orangtuamu yang menanyakan, “Kenapa kami baru mengetahui kamu hamil dari orang itu bahkan kami tahu kabar ini dari media sosialmu?”

Hal tersebut bisa saja menciptakan kondisi yang tidak nyaman dalam  beberapa hari atau minggu awal proses kehamilan Mama, yang di mana perubahan emosi pada diri Mama dapat terpengaruh secara negatif.

So, start with something that creates good atmosphere!

5. Mulai mengonsumsi vitamin

5. Mulai mengonsumsi vitamin
Pixabay/pexels

Sekarang, Mama telah mengetahui bahwa segala sesuatu yang Mama lakukan dan konsumsi tidak hanya memengaruhi diri Mama seorang, melain sosok bayi mungil di dalam tubuh yang bertumbuh dan berkembang selama 9 bulan di dalam kandungan.

Itu kenapa, Mama wajib memerhatikan apa-apa saja yang Mama masuki ke dalam mulut untuk disantap.

Selain makanan yang sehat, Mama dianjurkan untuk mulai mengonsumsi berbagai vitamin yang diperlukan berdasarkan hasil konsultasi dengan dokter.

Pasalnya, mengonsumsi vitamin sebagai salah satu tindakan medical care untuk Ibu hamil yang dibutuhkan memiliki banyak manfaat untuk kondisi fisik Mama dalam menjalani masa kehamilan dan si Kecil dalam proses tumbuh kembang di dalam perut.

6. Ambil cuti hamil sekarang juga

6. Ambil cuti hamil sekarang juga
Pixabay/free_photos

Secara khusus, untuk Mama yang bekerja, Mama sangat ditegaskan untuk fokus pada proses kehamilan yang sedang Mama jalani saat ini sebagai prioritas utama.

Hal tersebut dapat diwujudkan melalui keputusan mengambil cuti hamil di masa awal kehamilan.

Pasalnya, memasuki masa awal kehamilan, tubuh Mama sedang melakukan proses pengadaptasian pada segala perubaha fisik dan emosi yang menjadi efek samping yang dihasilkan secara alami dari keadaan tubuh Mama yang sedang hamil.

Hal inilah yang menjadi landasan utama untuk Mama mengambil cuti hamil sekarang juga.

Mama membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri sehingga ke depannya, Mama dapat mengatasi semua perubahan yang akan semakin kompleks.

7. Kenapa tidak membuat asuransi kehamilan?

7. Kenapa tidak membuat asuransi kehamilan
Pixabay/vjohns1580

Terakhir, sebelum Mama memasuki masa kehamilan second trimester dan selanjutnya, Mama sebaiknya melakukan sebuah perencanaan dengan cukup melakukan hal sederhana, yaitu membuat asuransi atau jaminan kehamilan yang terpercaya.

Mama tentu saja mengharapkan diri Mama melalui proses kehamilan yang lancar dan sehat.

Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan segala kemungkinan terburuk dengan jaminan yang akan memberi pertolongan yang dibutuhkan.

Selain itu, beberapa asuransi kehamilan turut menawarkan bantuan saat Mama kelak melakukan proses kelahiran, baik secara normal maupun operasi.

Bahkan, tidak sedikit yang memberikan beberapa keuntungan yang dibutuhkan Ibu hamil.

Sekarang, Mama telah mengetahui bahwa ketujuh hal sederhana di atas nyatanya penting dilakukan saat Mama hamil muda.

Jadi, tunggu apa lagi? Mari lakukan sekarang juga!

Baca juga: Tips Mengatasi Tubuh Sering Lemas Saat Hamil Muda

Topic: