Kehamilan Minggu Ke-8

Inilah perkembangan janin yang terjadi di dalam rahim Mama

3 Januari 2018

Kehamilan Minggu Ke-8
Freepik

Bagaimana Perkembangan Janin Pada Kehamilan Minggu ke-8

Saat kamu menyentuh perut kamu menggunakan jari, kamu membayangkan ada jemari kecil yang menyambut jari kamu. Pada kehamilan minggu ke-8 ini, jari tangan dan kaki janin mulai terbentuk dan sela-sela jari masih berselaput. Kelopak matanya hampir menutupi matanya.

Jika di minggu ke-5, janin memiliki ekor seperti kecebong, pada minggu ini ekornya hampir hilang. Di otaknya, sel saraf terbentuk bercabang dan saling terhubung satu sama lain.

Organ seks pada janin mulai terbentuk namun belum bisa dipastikan jenis kelaminnya sampai beberapa minggu ke depan. Janin terus berkembang, di minggu ke-8 ukurannya sama dengan kacang merah, atau sekitar 2,5 cm.

Bagaimana Kehamilan Minggu ke-8 Mengubah Kehidupan Mama?

Ukuran payudara di minggu ini mulai membesar dan merekah, kamu mungkin perlu mengganti bra yang sudah semakin ketat. Hindari pakai bra dan pakaian dalam lainnya yang terlalu ketat karena kamu bergerak jadi tidak leluasa. Selain itu akan meninggalkan bekas dan memancing rasa gatal.

Hindari menggaruk bagian tubuh yang gatal saat kehamilan agar tidak berbekas noda kecoklatan pada kulit. Bersabarlah.

Editors' Picks

Ini yang Mama Rasakan Saat Kehamilan Minggu ke-8

Kamu semakin sering merasa mudah lelah. Peningkatan hormon progesteron dapat menyebabkan badan lesu. Terkadang muka kamu juga bisa terlihat pucat.

Mual dan muntah juga bisa menghabiskan energi ibu hamil. Hindari makanan yang bisa menimbulkan rasa mual. Kamu bisa memakan buah yang kaya akan kandungan vitamin C, karena rasa asamnya bisa meredam rasa mual.

Pada kehamilan minggu ke-8 ini, kamu mulai sering mengantuk saat beraktivitas. Ini bisa disebabkan karena tidur kamu tidak nyaman di malam hari. Kamu bisa berjalan kaki sekitar 10 menit untuk mengatasi kepenatan saat beraktivitas. Hanya dengan cara ini, kamu bisa melewati satu hari di tempat kerja tanpa tidur siang.

Tips Menjaga Kehamilan Minggu Ke-8

Perhatikan asupan makanan kamu, sudah saatnya lebih bijak dalam memilih makanan. Pilih makanan yang berkualitas dengan proses pengolahan yang benar agar nutrisinya tetap terjaga.

Kalau kamu ingin makan olahan daging, sebaiknya kamu memasaknya sendiri. Kebersihannya lebih terjaga dan tingkat kematangan pun sesuai. Hindari makanan dengan kandungan lemak berlebih.

Lakukan olahraga ringan seperti jalan pagi, yoga dengan gerakan ringan, atau senam kebugaran untuk ibu hamil. Lakukan gerakan secara perlahan di pagi hari untuk membangun mood kamu dan untuk menghilangkan  kelelahan karena adaptasi di awal kehamilan.

Kamu perlu perbanyak membaca informasi seputar kehamilan dan persiapan persalinan. Jangan sampai kamu gagap dalam menjalani proses kehamilan. Semua bisa kamu mulai sejak kehamilan minggu ke-8.